Laptop ialah perangkat gawai yang orang-orang anggap sebagai komputer mini. Meskipun gawai ini terbilang lebih mudah digunakan daripada komputer, dia tetap membutuhkan energi untuk menyalakannya. Karena baterai laptop belum tentu tahan lama, Anda harus tahu cara menampilkan baterai di laptop apabila dia hilang.

Penyebab Icon Baterai di Laptop Hilang

Memeriksa berapa daya energi yang masih ada dalam laptop menjadi salah satu hal yang perlu orang perhatikan. Apapun merek laptopnya, pasti ada sebuah ikon atau lambang kecil berbentuk baterai di bagian bawah layar. Inilah tempat di mana Anda bisa melihat seberapa lama gawai Anda masih bisa bekerja.

Lalu bagaimana jika ikon tersebut hilang dan Anda tidak tahu cara menampilkan baterai di laptop Anda kembali? Pertama, mari telusuri dulu apa perihal yang menyebabkan lambang tersebut menghilang dari layar laptop Anda.

1. Kesalahan pada Setting Laptop

Penyebab hilangnya ikon baterai laptop yang satu ini tergolong jarang terjadi bagi kebanyakan pengguna gawai ini. Jikalau ikon baterai mendadak hilang karena kesalahan pengaturan, itu biasanya karena pengguna laptop kurang cermat dalam menentukan pengaturannya.

2. Sistem Gawai yang Terkena Error atau Bug

Inilah penyebab hilangnya ikon baterai yang umum terjadi pada pengguna laptop pada umumnya. Gangguan tersebut sering muncul dalam bentuk versi OS Windows yang tidak sesuai, atau karena sistem laptop mengalami masalah serius.

Apabila sudah begini, maka kinerja Anda akan terganggu sebab Anda tak bisa lagi memonitor pemakaian daya pada gawai Anda. Untungnya, Anda bisa mengikuti berbagai cara memunculkan ikon baterai di laptop paling ampuh yang dapat Anda temukan di internet.

Cara Menampilkan Baterai di Laptop agar Muncul Kembali

Pengaturan sistem di laptop kurang lebih sama saja dengan pengaturan di komputer biasa. Hal ini dapat memudahkan Anda dalam memperbaiki kesalahan maupun kerusakan yang gawai Anda alami. Di bawah ini ialah 5 macam cara menampilkan baterai di laptop yang sudah teruji.

Artike Lainnya  Memperbaiki tanda silang merah di speaker laptop dan komputer

1. Aktifkan Kembali di Pengaturan Perangkat (Device Manager)

Cara menampilkan icon baterai di laptop yang pertama adalah menggunakan menu  pengaturan perangkat atau device manager. Karena salah satu cara melihat bit laptop juga melibatkan penyetelan device manager, Anda bisa pula memunculkan kembali lambang baterainya di pengaturan ini.

Belum tentu semua orang tahu cara menggunakan pengaturan perangkat yang benar. Oleh sebab itu, pahami tata cara penyetelan di device manager berikut ini supaya Anda tak lagi kerepotan dalam mengaturnya:

  • Klik tombol “Start” lalu pilih opsi “Search” (bagi Windows 7 dan 8), atau klik lambang kaca pembesar pada taskbar (bagi Windows 10).
  • Ketikkan kata “Device Manager” pada kolom pencarian.
  • Begitu halaman “Device Manager” tersebut muncul, pilih opsi “Batteries”.
  • Ada dua pilihan, yaitu Microsoft AC Adapter dan Microsoft ACPI, klik tombol mouse kanan pada ACPI dan pilih “Disable”.
  • Klik kanan lagi pada ACPI dan pilih “Enable”, lalu nyalakan ulang laptop agar lambang baterai muncul kembali.

2. Cek Pengaturan Baterai di Windows Settings

Biasanya orang-orang yang menggunakan laptop akan mengunjungi Windows Settings hanya untuk keperluan tertentu saja. Apabila Anda mengetahui cara mengatur tampilan desktop atau cara agar kamera laptop jernih, halaman pengaturan ini boleh jadi tempat tujuan Anda.

Apakah Anda tahu bahwa cara menampilkan baterai di laptop dapat melibatkan penyetelan di Windows Settings? Berikut ini ialah langkah-langkah yang dapat Anda coba sendiri:

  • Klik tombol mouse kanan pada taskbar.
  • Geser ke bawah sampai Anda melihat opsi “Settings”, klik dan tunggu sampai halamannya keluar.
  • Pada halaman “Settings” ini, Anda klik menu “Devices” dan atur indikator baterai laptop ke posisi “On”.
Artike Lainnya  Cara mudah cek versi processor laptop

Sebagai catatan, apabila gawai Anda sedang diisi ulang, cabut dulu kabel charger-nya supaya opsi baterai di “Settings” menjadi tampak. Jika laptop sedang melakukan charging, maka opsi pengaturan ikon baterai tersebut tidak dapat Anda cari.

3. Aktifkan Menu Battery Bar Melalui Taskbar

Taskbar yang berada di bagian bawah layar laptop seringkali tidak mendapat banyak perhatian. Padahal, taskbar menyimpan banyak sekali opsi-opsi pengaturan yang dapat Anda gunakan. Siapa tahu, lewat ‘penggaris hitam’ ini, Anda dapat mengetahui cara memunculkan emoji di laptop via pengaturan taskbar tersebut.

Perhatikan tata cara menampilkan baterai di laptop berikut ini jika Anda ingin menggunakan pengaturan taskbar. Cara ini biasanya dapat Anda lakukan di Windows 7 dan 8:

  • Klik tombol mouse kanan pada taskbar, lalu pilih opsi “Properties” yang ada di bagian paling bawah menu.
  • Pada halaman “Properties”, cari menu yang bertuliskan “Customization” atau “Customize” tergantung jenis OS Windows Anda.
  • Sekarang Anda cari opsi “Turn Systems Icon” dan klik ikon baterai agar posisinya “On”.
  • Jika sudah, nyalakan ulang gawai Anda dan periksa jika lambang baterai laptop sudah muncul kembali.

4. Unduh Aplikasi Pemeriksa Baterai

Bagi Anda yang kurang pandai dalam mengatur sistem laptop, jangan takut sebab ada beberapa aplikasi pemantau baterai yang dapat Anda unduh. Ada aplikasi yang perlu Anda beli dengan uang, namun ada juga aplikasi yang sifatnya gratis. Cara menampilkan baterai di laptop ini sangat mudah dan sederhana bagi semua orang.

Salah satu contohnya adalah BatteryCare, yang dapat memberitahu Anda kapan baterai laptop harus diisi ulang atau charge. Jika diperlukan, Anda dapat menyetel aplikasi BatteryCare agar dia bisa mengirim notifikasi khusus penanda waktu untuk mengisi ulang baterai gawai Anda.

Artike Lainnya  Cara Memperbaiki Fingerprint Laptop yang Error

Adapun contoh aplikasi pemantau baterai selanjutnya yaitu Battery Mon yang punya tampilan mirip grafik. Tampilan grafik ini menunjukkan sebanyak apa pemakaian daya energi yang laptop Anda konsumsi. Dengan begini, Anda bisa mengukur apakah laptop terlalu banyak menggunakan daya dalam beberapa hari terakhir.

5. Update Windows Anda

Cara memunculkan baterai di laptop yang terakhir ialah melakukan update atau memperbarui versi OS Windows Anda. Hal ini bertujuan menambal masalah-masalah yang mungkin terjadi pada sistem gawai Anda. Salah satunya adalah ikon baterai yang tidak tampak di layar laptop Anda.

Karena belum semua orang tahu bagaimana cara melakukan update Windows pada perangkatnya, ikutilah langkah-langkah ini:

  • Pertama klik tombol “Start”, lalu pilih opsi “Settings”.
  • Pada halaman utama “Settings”, klik menu “Update & Security” di bagian bawah.
  • Apabila ada pembaruan sistem yang harus Anda instal, klik tombol “Unduh/Download” yang tersedia di bawahnya.
  • Sekarang restart atau nyalakan ulang laptop Anda dan tunggu sampai update mencapai 100% dan laptop kembali menyala.
  • Jika sudah selesai, coba periksa apakah lambang baterai laptop sudah kembali muncul atau belum.

Sudah Paham Cara Menampilkan Baterai di Laptop Anda?

Dan itulah pembahasan mendalam mengenai macam-macam cara memunculkan icon baterai di laptop jika dia menghilang. Karena laptop yang terlalu panas akan cepat menghabiskan daya energinya, kamu dianjurkan untuk mempelajari cara cek suhu laptop demi keamanan gawai.