Saat pandemi, sebagian besar pekerjaan dilakukan secara daring dengan video conference. Namun tidak jarang sering terganggu dengan kamera laptop yang tiba-tiba kotor dan membuat blur. Dengan begitu perlu mencari cara agar kamera laptop jernih saat digunakan. Berikut ini beberapa caranya.

Penyebab Kamera Laptop Kurang Jernih

Sebelum ke penjelasan mengenai cara membuat kamera laptop jernih, terdapat beberapa penyebab dari kamera yang kurang jernih. Berikut lebih jelasnya penyebab kamera kurang jernih, yaitu:

1. Terkena Virus

Penyebab yang pertama yaitu dikarenakan laptop Anda terkena virus. Salah satu ancaman untuk sistem di laptop, PC, dan smartphone adalah serangan virus atau malware. Sehingga Anda perlu rajin membersihkannya dan mengecek secara berkala apakah laptop sudah aman dari virus.

Untuk menghilangkan virus tersebut bisa menggunakan aplikasi yang dapat diunduh di browser resminya. Misalnya seperti Smadav yang banyak orang memakainya. Namun agar fitur di dalamnya dapat Anda gunakan maksimal, harus membeli versi pro-nya. 

2. Pengaturan Kamera yang Salah

Untuk penyebab selanjutnya yaitu dari pengaturan kamera laptop yang tidak tepat. Tentunya hal tersebut bisa memengaruhi hasil video dan foto. Anda bisa mulai explore menu Setting pada kamera laptop dan maksimalkan atau aktifkan bagian penting. Misalnya resolusi dan brightness-nya perlu ditingkatkan atau diubah. 

3. Kamera Laptop Rusak

Berikutnya yaitu kamera laptop Anda sudah rusak. Kerusakan pada kamera laptop ini bisa dari beberapa hal seperti menutup laptop terlalu keras. Kemudian saat membawa laptop tiba-tiba terjatuh dan mengenai bagian atas layar. Dengan begitu Anda harus bisa berhati-hati menjaga laptop supaya tidak terjadi hal tersebut.

Cara Agar Kamera Laptop Jernih saat Zoom atau Google Meet

Supaya Anda tidak panik ketika meeting kerja menggunakan aplikasi panggilan video Zoom atau Google Meet tetapi kamera tidak jernih, berikut solusinya:

Artike Lainnya  Tips memilih Harddisk internal laptop yang baik

1. Pilih Ruangan dengan Pencahayaan yang Baik

Cara agar kamera laptop jernih yang pertama yaitu memilih ruangan dengan pencahayaan yang baik. 

Kamera pada laptop maupun smartphone yang tidak dibekali LED Flash tentunya memiliki hasil foto dan video kurang bagus. Hal tersebut karena lensa kamera kekurangan cahaya yang masuk sehingga hasil tidak maksimal.

Untuk itu, ketika Anda sedang meeting menggunakan aplikasi video conference menggunakan laptop, maka harus pintar dalam memilih tempat. Ketika Anda di dalam ruangan, utamakan Anda duduk di area dekat jendela sehingga cahaya matahari sebagai penerangan. 

Kemudian, jika Anda di dalam ruangan, usahakan menggunakan lampu yang terang. Jika pada depan layar masih terlihat kurang terang, bisa menambahkan lampu belajar kecil di atas meja. 

2. Membersihkan Kamera Laptop

Untuk cara supaya kamera laptop jernih selanjutnya dengan membersihkan kamera laptop. Terkadang banyak orang lupa dengan kebersihan laptop terutama pada bagian kamera. Apalagi ketika memiliki laptop yang jarang digunakan dalam beberapa hari terakhir. 

Dengan begitu, sebelum Anda ingin menggunakan laptop untuk Zoom atau Google Meet, perhatikan dulu kebersihan kameranya. Jika terlihat kotor bisa langsung membersihkannya menggunakan kain halus. Sebisa mungkin jangan menggunakan jari untuk membersihkannya karena akan kurang maksimal bersihnya.

Kemudian jika kamera laptop Anda sudah dibersihkan tapi masih terlihat kurang jelas, kemungkinan kotor bagian dalamnya. Biasanya bukan debu melainkan embun di bagian dalam kamera. Munculnya embun tersebut bisa jadi karena suhu udara yang lembab.

3. Gunakan Kamera Eksternal

Berikutnya yaitu dengan menggunakan kamera eksternal. Jika kamera laptop Anda sudah dibersihkan dan pencahayaan yang cukup tapi masih kurang jernih, mungkin masalahnya ada pada kamera itu sendiri. Kondisi kamera laptop tersebut memang tergantung dari cara pemakaian dan perawatannya. 

Artike Lainnya  Terjadinya komputer restart masal di lab komputer

Bisa saja saat menutup laptop terlalu keras sehingga membuat kamera rusak. Untuk memperbaikinya juga membutuhkan waktu, maka dari itu memakai kamera eksternal seperti webcam adalah solusinya. 

Caranya tinggal pasang atau jepitkan di bagian atas layar laptop dan letaknya pada bagian tengah agar sejajar nantinya. Sudah banyak sekarang yang menjual kamera eksternal dengan harga terjangkau sehingga tidak perlu khawatir lagi.

Untuk menggunakan kamera eksternal pastinya lumayan menguras baterai dan harus selalu mengeceknya. Cara menampilkan baterai di laptop dengan klik kanan -> pilih Toolbars -> BatteryBar.

4. Pemilihan Background yang Tepat

Cara agar kamera laptop jernih saat Zoom yaitu memilih background yang tepat. Selain pencahayaan yang cukup tentunya memerlukan penyesuaian tambahan lagi seperti background. Meskipun cuma penambahan, hal tersebut akan memberikan efek lebih baik agar hasilnya terlihat jernih.

Untuk pemilihan backgroundnya cukup gambar yang standar saja seperti dinding warna polosan atau rak-rak buku. Kemudian juga tampilan saat meeting akan terlihat lebih rapi dan elegan. Lalu orang yang melihat dan berinteraksi dengan Anda tidak bosan dan senang. 

Jika ingin mengganti background juga mudah. Sekarang ini setiap aplikasi video conference sudah memiliki fitur edit dan tambah background sesuai keinginan. Dengan begitu, Anda hanya perlu mempersiapkan background mana yang ingin dipakai.

Lalu untuk memperindah background agar lebih menarik bisa menambahkan emoji. Cara memunculkan emoji di laptop yaitu klik Windows + titik koma (;).

5. Gunakan Kamera Smartphone

Solusi yang bisa Anda terapkan yaitu dengan menggunakan kamera smartphone.  Cara ini sebagai alternatif jika Anda tidak ingin mengeluarkan biaya untuk membeli webcam. Anda pasti tahu bahwa kamera smartphone sekarang ini sudah jernih dan hasilnya bagus walaupun harganya tidak begitu mahal.

Artike Lainnya  Apa yang menyebabkan laptop Hibernating?

Maka dari itu, sangat cocok sebagai pengganti sementara kamera laptop jika terjadi kendala. Cara agar kamera laptop jernih satu ini untuk menerapkannya juga sangat mudah. Anda bisa mengunduh aplikasi penghubung kamera smartphone ke laptop. Kemudian letakan smartphone pada angle yang tepat. 

6. Gunakan Aplikasi Kamera

Salah satu cara agar kamera laptop jernih saat Google Meet atau Zoom yaitu menggunakan aplikasi kamera. Setiap laptop pastinya sudah memiliki kamera bawaan dari Windows sehingga Anda tinggal memakainya. Namun biasanya tidak ada fitur peningkatan kualitas untuk memperjelas hasilnya sehingga rasanya kurang.

Untuk mengatasi hal tersebut, Anda bisa mengunduh aplikasi kamera tambahan di laptop. Untuk rekomendasi aplikasi kamera tambahan yang bisa Anda gunakan seperti Manycam dan Youcam. Dalam aplikasi tersebut terdapat fitur untuk menguatkan efek sehingga bisa memaksimalkan tampilan atau hasil video dan foto. 

7. Update Driver Kamera

Bisa jadi kamera laptop Anda kurang jernih karena driver masih versi lama. Cara agar kamera laptop jernih ini yaitu dengan meng-update driver kamera ke versi terbaru. Setiap software yang ada nantinya memerlukan pembaruan terutama kamera karena untuk menyesuaikan sistem dengan kinerja terkini.

Saat ingin melakukan update terutama manual biasanya harus melihat bit pada laptop agar sesuai. Cara melihat bit laptop sangat mudah yaitu klik Control Panel -> System and Security -> System. 

Sudah Tau Cara Agar Kamera Laptop Jernih?

Dengan demikian, terdapat beberapa cara menjernihkan kamera laptop seperti penjelasan di atas. Namun kondisi laptop harus tetap dijaga terutama kondisi baterai dan temperaturnya agar kamera bisa bekerja dengan rentang waktu lama. Cara cek suhu laptop sangat mudah dengan bantuan aplikasi gratis.