Cara melihat bit laptop sebenarnya tidak begitu sulit. Namun banyak yang melupakan fakta ini saat akan membeli sebuah perangkat. Padahal hal ini cukup penting mengingat tidak semua aplikasi bisa cocok dengan pilihan bit yang tersedia. 

Dengan cara mengetahui laptop berapa bit, setidaknya Anda akan mendapat sedikit pandangan mengenai performa laptop yang akan Anda beli. Hal ini juga sangat penting bagi beberapa profesi seperti penimbang harga barang pada transaksi penjualan dan juga pegadaian.

Sebenarnya untuk melakukan pengecekan bit pada Windows 10, Anda bisa melihat pada dusbook, buku panduan, serta situs resmi dari laptop tersebut. Namun tidak menutup kemungkinan ada kondisi yang mengharuskan Anda untuk tahu cara mengetahui laptop 32 bit atau 64 bit tanpa petunjuk yang tersedia.

Dari permasalah tersebut sebenarnya ada beberapa cara yang bisa Anda coba, seperti beberapa cara melihat bit perangkat komputer Anda. Dari sini, Anda akan jadi tahu bagaimana cara melihat bit laptop dengan lebih mudah.

Apa itu Bit pada Laptop?

Sebelum berlanjut pada bagaimana cara cek bit laptop Windows 10, ada baiknya Anda mengenal apa yang dimaksud dengan bit pada laptop. Dengan begitu Anda bisa lebih memahami kegiatan dan manfaat apa yang bisa Anda dapatkan dengan info bit laptop tersebut.

Secara konsep, komputasi bit atau digit biner merupakan elemen terkecil dari penyimpanan komputer yang dapat diproses dan disimpan oleh komputer tersebut. Bit sendiri adalah satu digit dalam bilangan biner yang hanya berisi 0 dan 1. 

Secara fisik, bit adalah transistor dan kapasitor dalam sel RAM yang bekerja mirip dengan saklar lampu on/off. Bit sendiri berada dalam memori melalui penggunaan kapasitor, yang menahan muatan listrik. Muatan ini menentukan status setiap bit yang akan menentukan nilai bit komputer atau laptop.

Meskipun perangkat memiliki kemungkinan untuk dapat menguji dan memanipulasi data pada tingkat bit, namun sebagian besar sistem memproses dan menyimpan data dalam byte. Sedangkan 1 byte sama dengan 8 bit yang menjadi satu kesatuan unit. 

Setiap bit dalam satu byte diberi nilai tertentu yang mewakili sebuah karakter. Dengan kata lain, nilai byte menunjukkan karakter apa yang ingin diasosiasikan dengan byte tersebut. 

Nilai tersebut ditetapkan untuk setiap bit dalam pola kanan-ke-kiri, dimulai dengan 1 lalu meningkatkan nilainya dengan menggandakannya untuk setiap bit.

Setiap byte sendiri dapat menyimpan satu karakter alfanumerik, satu digit desimal atau angka desimal dari 0 hingga 256. Hal ini membuat segala pengukuran file, database, drive penyimpanan, dan memori (RAM) ditetapkan dalam satuan byte

Singkatnya, komputer bekerja dengan satuan terkecil bit yang telah mengalami berbagai proses untuk penerjemahan yang lebih dimengerti penggunanya. Angka bit pada laptop mempengaruhi performa perangkat tersebut, inilah alasan kenapa cara melihat bit laptop harus Anda kuasai sebelum membeli laptop.

Penetapan Bit Laptop Windows

Sejauh ini Windows memiliki 2 jenis bit laptop, antara lain adalah 32 bit dan 64 bit. Karena memiliki pemrosesan yang berbeda, pastinya laptop 32 bit dan 64 bit memiliki performa yang berbeda. Untuk itu, cara mengetahui laptop 32 bit atau 64 bit harus Anda kuasai sebelum memilih laptop terbaik untuk Anda.

Ada berbagai perbedaan seperti kapasitas RAM pada masing-masing bit, kemampuan pemrosesan data, kompatibilitas software. dan masih banyak lagi. Hal ini juga membuat beberapa fitur akan berjalan berbeda antara keduanya. 

Artike Lainnya  Cara install semua driver laptop dengan mudah

Ada berbagai fitur yang pastinya juga berpengaruh pada bit laptop. Misalnya cara menampilkan baterai di laptop, cara cek suhu laptop, hingga cara memunculkan emoji di laptop juga sangat berbeda. 

Selain software, bit juga dapat mempengaruhi hardware tambahan yang melekat pada laptop. Hal ini terjadi karena treatment dan perawatannya juga sedikit berbeda. Misalnya pada proses upgrade laptop, karena kapasitas 32 bit lebih rendah, pastinya batas yang dimiliki lebih rendah pula.

Contoh lain adalah perawatan hardware seperti keyboard, trackpad, maupun kamera juga berbeda. Pasalnya ada beberapa treatment yang berbeda, seperti pemasangan fleksibel pada keyboard dan trackpad, hingga perawatan dengan berbagai cara agar kamera laptop tetap jernih juga berbeda.

Perbedaan Mencolok dari Laptop 32 Bit dan 64 Bit

Ada beberapa perbedaan mencolok pada kedua jenis versi laptop ini, alhasil penentuan berada dari kebutuhan laptop yang Anda inginkan. Berikut beberapa perbedaan yang bisa Anda jadikan referensi:

  • Kapasitas penggunaan RAM laptop 64 bit lebih tinggi dari 32 bit.
  • Performa laptop 64 pastinya lebih unggul.
  • Pemrosesan data menggunakan teknologi lebih mutakhir untuk laptop 64 bit.
  • Kompatibilitas pada aplikasi baru pastinya lebih baik menggunakan laptop 64 bit.

Cara Melihat Bit Laptop Windows

Pada dasarnya ada beberapa cara cek bit laptop Windows 10. Caranya pun tidak perlu waktu lama bahkan keluar banyak biaya. Berikut beberapa cara yang bisa Anda coba untuk mengecek bit laptop.

1. Cara Melihat Bit Laptop Melalui About Windows 10

Untuk yang pertama, bisa dibilang adalah cara paling mudah yang bisa Anda lakukan. Caranya adalah memanfaatkan fitur About yang tersedia pada setiap laptop dengan sistem operasi Windows 10. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Klik tombol Windows + R untuk mengeluarkan perintah cepat pada laptop Anda. Pada kolom perintah, Anda bisa memasukkan kode “Winver” lalu klik tombol enter dan pilih tombol “OK” pada pop up yang muncul.
  • Setelah itu, Anda bisa klik tombol Windows atau membuka menu Windows di kiri bawah atau area taskbar.
  • Lalu klik pengaturan dan cari menu System, di dalamnya ada fitur About atau Tentang, buka dan lihat spesifikasinya.
  • Pada tipe sistem, akan muncul keterangan OS Anda menggunakan Windows versi 32 bit atau 64 bit. 

Tidak hanya menampilkan tipe sistem saja, namun cara mengetahui laptop berapa bit ini juga menunjukkan berbagai informasi lain seperti processor, RAM, brand serta edisi Windows pada laptop. Bahkan pada fitur ini juga menyertakan status aktivasi Windows, lengkap dengan nomor seri OEM-nya.

2. Cara Melihat Bit Laptop Menggunakan DXDIAG

Cara kedua yang bisa Anda lakukan adalah pengecekan melalui fitur DXDIAG (DirectX Diagnostic tool). Hampir sama dengan fitur About namun cara ini banyak diklaim dan digunakan para ahli komputer. Apalagi langkah yang harus Anda lalui juga tidak terlalu sulit.

  • Langkah pertama yang harus Anda lakukan adalah membuka perintah cepat dengan menekan tombol “Windows + R”, lalu memasukkan kode perintah DXDIAG pada kolom perintah.
  • Setelah klik “OK”, komputer akan melakukan prosesnya, dan akan muncul verifikasi pada jendela control user akun. Pada langkah ini, Anda bisa lanjut dengan klik tombol “Yes”.
  • Tunggu beberapa saat hingga DXDiag muncul. Ada 4 tab pada tools ini. Untuk cara mengetahui bit laptop dengan fitur ini, Anda bisa membuka tab System dan melihat versi Operation System yang Anda gunakan.
Artike Lainnya  Cara Memindahkan Foto dari Ponsel ke Laptop dengan Mudah

DXDIAG merupakan tools atau fitur yang memuat informasi lebih lengkap daripada fitur About. Tak heran jika cara ini banyak digunakan oleh pakar komputer diluar sana.

3. Cara Melihat Bit Laptop Melalui System information

Pada Windows 10 ada sebuah fitur dengan nama System information. Fitur ini pada dasarnya adalah aplikasi bawaan sistem. Fungsinya sendiri adalah menyampaikan informasi lengkap laptop kepada penggunanya. Berikut langkah yang bisa Anda coba:

  • Klik tombol “Windows”, lalu Anda bisa memasukkan System information pada fitur “search” aplikasi.
  • Cari aplikasi serupa dan klik dua kali untuk membuka aplikasi. 
  • Tunggu hingga jendela sistem informasi muncul.
  • Secara kelengkapan data dan status, aplikasi ini memunculkan lebih lengkap data laptop dibandingkan dua cara sebelumnya.
  • Untuk mengetahui versi sistem operasi yang Anda gunakan, Anda bisa mencari keterangan System type pada menu System summary.

4. Cara Melihat Bit Laptop Menggunakan Command Prompt

Command Prompt atau akrab disebut CMD, adalah salah satu alat yang bisa digunakan untuk mengatur berbagai macam perintah pada perangkat Anda. Bahkan dengan memasukkan berbagai code perintah, Anda bisa melakukan berbagai aktivitas seperti melihat bit laptop.

Untuk melihat bit laptop dengan CMD, Anda bisa menggunakan cara ini:

  • Buka Windows lalu masukkan kata kunci pencarian Command Prompt ataupun CMD pada kolom pencarian aplikasi.
  • Setelah aplikasi ketemu, klik kanan lalu cari opsi “Run as Administrator” atau “Buka sebagai Admin”.
  • Setelah itu, Anda bisa memasukkan kode perintah “Systeminfo” lalu klik tombol Enter untuk mengeksekusi perintah tersebut.
  • Tunggu beberapa saat hingga informasi laptop muncul pada aplikasi tersebut.
  • Periksa bagian System Type dan Anda bisa tahu versi OS dan bit yang laptop Anda miliki.

5. Cara Melihat Bit Laptop Melalui System Properties

Langkah selanjutnya yang bisa Anda ambil untuk melakukan pengecekan bit pada laptop adalah dengan memanfaatkan aplikasi bawaan System Properties pada laptop. Cara ini cukup ampuh untuk melakukan penelusuran laptop, terutama sebagai cara mengetahui laptop 32 bit atau 64 bit.

Tidak hanya melihat bit komputer saja, pada dasarnya aplikasi ini menyuguhkan berbagai informasi mengenai perangkat laptop Anda. Di dalamnya ada beberapa tab yang bisa Anda pilih mulai dari computer name, hardware, advances, remote, dan System protection

Berikut ini beberapa langkah mudah yang bisa Anda coba untuk mengakses System Properties:

  • Buka file explorer pada laptop Anda lalu cari menu This PC. Klik kanan lalu cari opsi “Properties“.
  • Tunggu beberapa saat dan akan muncul jendela sistem kontrol panel. Pada sistem ini Anda bisa mengetahui bit yang digunakan laptop tersebut.

Pada dasarnya jendela yang dibuka sama dengan yang ditampilkan pada cara pertama, karena memang menampilkan jendela yang sama. Jadi, Anda bisa melihat informasi yang sama mengenai bit melalui keterangan pada System type yang tertera.

6. Cara Melihat Bit Laptop Menggunakan Aplikasi CPU-Z

Aplikasi CPU-Z adalah aplikasi external yang memiliki fungsi untuk menampilkan diagnosis perangkat Anda secara menyeluruh dan terperinci. Namun untuk mengakses aplikasi pihak ketiga ini, Anda harus melakukan instalasi terpisah. Anda bisa mencari web resmi CPU-Z dan mengunduh aplikasi ini secara gratis.

Untuk langkah yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Langkah pertama pastinya Anda harus mendownload aplikasi CPU-Z untuk melakukan instalasi pada laptop tersebut.
  • Melakukan instalasi seperti biasa dan buka aplikasi yang sudah terinstal.
  • Pada tampilan dashboard, Anda bisa mencari menu atau tab “About”, untuk menunjukkan diagnosa keseluruhan dari informasi laptop.
  • Untuk mengetahui versi Windows Anda 64 atau 32 bit, Anda bisa mencari informasi pada keterangan yang tertera di “Windows Version”.
  • Di sana akan tertera dengan jelas versi OS laptop Anda berapa bit.
Artike Lainnya  Cara mengatasi sound tidak bunyi di windows 10

7. Cara Melihat Bit Laptop Melalui Windows Registry Editor

Pada dasarnya, Windows Registry Editor adalah sebuah tools bawaan Windows yang fungsinya adalah sebagai tempat mengatur program khusus yang tidak bisa dilakukan program lain. Contohnya adalah pembaruan hingga hapus driver mouse, keyboard, dan beberapa perangkat lain.

Kegiatan ini sering disebut dengan registry hack maupun registry tweak. Cara ini sering dilakukan oleh para ahli komputer hingga tukang servis untuk melihat dan mengatasi masalah. Karena memiliki risiko yang cukup tinggi, Anda perlu mengikuti setiap instruksi yang ada atau meminta dampingan tenaga ahli.

  • Buka menu Start dan masukkan keyword aplikasi “Registry Editor”.
  • Pada tampilan jendela Registry, Anda bisa mencari menu “HKEY_LOCAL_MACHINE” lalu pilih sub menu “HARDWARE”.
  • Setelah membukanya, Anda bisa mencari opsi “DESCRIPTION” untuk mencari pilihan “System”.
  • Pada tampilan tersebut, Anda bisa mencari fitur “CentralProcessor” untuk memilih opsi “0” untuk membuka informasi laptop.
  • Segala informasi laptop akan tersaji, dan salah satunya bit laptop pada bagian “Identifier”.

8. Cara Melihat Bit Laptop Melalui SecureAble

Dalam dunia teknisi, pemeriksaan bit juga cukup penting. Bahkan untuk mengecek hal ini terkadang teknisi menginstal aplikasi yang mereka kuasai. Selain CPU-Z, ada aplikasi pihak ketiga lain yang bisa Anda gunakan untuk cek bit laptop, salah satunya adalah SecureAble. 

Aplikasi ini cukup populer, mengingat kapasitas memori yang digunakan cukup kecil karena aplikasi ini bersifat portable yang bisa Anda gunakan tanpa instalasi. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan untuk cek bit laptop:

  • Download dan buka aplikasi SecureAble.
  • Tunggu hingga aplikasi selesai diproses kemudian informasi laptop dan keamanan akan muncul.
  • Tampilannya cukup simpel karena hanya menampilkan informasi maximum bit length, status hardware D.D.P, dan juga Hardware Virtualization.
  • Untuk tahu aplikasi lebih lanjut, Anda bisa buka membuka fitur About.

9. Cara Melihat Bit Laptop Melalui Windows Explorer

Cara berikutnya tidak terlalu menggunakan teknik dan langkah yang rumit. Anda hanya perlu membuka Windows Explorer dan melakukan pengamatan singkat. Karena pada Local Disc yang Anda instal OS (biasanya Local Disc C), perbedaan bit bisa Anda amati. Berikut langkah yang bisa Anda lakukan:

  • Buka Windows Explorer atau klik tombol “Windows+E”.
  • Buka Local Disc yang ada logo Windowsnya (kebanyakan di Local Disc C).
  • Amati folder-folder yang ada. Jika ada folder dengan nama “Program File (x86)” bisa dipastikan laptop tersebut 64 bit.
  • Atau jika setelah Anda buka terdapat dua folder program file, berarti laptop tersebut menggunakan Windows versi 64 bit.

Kini Anda Sudah Bisa Melihat Bit Laptop Sendiri!

Secara garis besar, bit laptop merupakan versi OS dari Windows terbaru dan yang lama. Ada berbagai keuntungan dan kerugian dalam menggunakan masing-masing versi, untuk itu Anda harus lebih bijak dalam memilih laptop nanti. Beberapa cara melihat bit laptop ini bisa Anda gunakan untuk melakukan pengecekan sebelum membeli. Pastikan Anda sudah menyesuaikan kebutuhan Anda dengan versi OS yang terinstal pada laptop tersebut!