Restore sistem point berguna untuk memulihkan pengaturan sistem, termasuk semua yang pernah diubah sebelumnya. Ini hampir sama dengan menggunakan fitur backup, tapi restore sistem hanya mengacu pada bagian sistem.

Terkadang proses restore sistem dapat gagal karena banyak faktor, kemudian Windows memberikan semacam LOG yang dapat diketahui dari mana kesalahan itu berasal. Tetapi jika hanya membaca file LOG, terkadang kita tidak mengerti apa yang harus dilakukan.

Kali ini saya akan membantu mengatasi gagal restore sistem windows yang gagal dengan beberapa langkah dibawah ini :

  • Matikan Antivirus

Program antivirus yang berjalan pada pembaruan sistem termasuk melakukan restore sistem. Namun karena program antivirus yang terlalu membatasi, masalah tersebut dapat menjadi salah satu penyebab gagalnya proses restore sistem.

Notifikasi kesalahan yang muncul setelah restore sistem yang gagal terkadang juga disebabkan oleh program antivirus yang mengalami konflik selama proses. Jadi sekarang coba matikan dulu lalu jalankan restore sistem sekali lagi.

  • Menjalankan dari Safe Mode

Nyalakan Windows dalam Safe Mode. Bagi yang belum tahu bagaimana caranya, kita dapat menggunakan fitur bawaan dari Windows menggunakan perintah msconfig. Anda tinggal menekan tombol kombinasi Windows+R, ketik msconfig dan tekan enter. Buka tab Boot dan aktifkan Safe boot and Minimal. Klik Apply dan OK lalu Restart Komputer atau Laptop. Jika Windows telah selesai dimuat, silahkan jalankan restore sistem.

Artike Lainnya  Cara menghilangkan malware browser dengan mudah

Hampir sama seperti biasanya, yang membedakan hanya ketika berjalan di Safe Mode lebih aman dan jarang terjadi konflik dengan program antivirus atau program yang lain. Tetapi jika masih tidak berhasil, silakan coba metode selanjutnya.

  • Perbaiki File Sistem

Perlu diketahui bahwa cara kedua di atas sangat jarang bisa gagal, kecuali ada kerusakan pada file sistem. Dan sekarang yang perlu Anda lakukan adalah mencoba memperbaiki file sistem tersebut.

Jangan khawatir, langkah ini tidak sulit karena Anda dapat melakukannya dengan mudah dari Command Prompt. Jadi sekarang silahkan jalankan Command Prompt sebagai “Run as Administrator” dengan menekan tombol kombinasi Windows+X pada keyboard, akan terbuka menu Power User Tasks pada Windows. Kemudian klik Command Prompt (Admin). Kemudian klik Command Prompt(Admin).

lalu ketikkan perintah di bawah ini.

sfc /scannow

Tunggu hingga prosesnya selesai, mungkin akan memakan waktu sedikit lebih lama setidaknya 15 menit, karena Windows mencoba mencari dan memperbaiki file sistem yang bermasalah atau hilang.

Setelah proses selesai dan berhasil, silakan coba kembalikan sistem sekali lagi melalui Safe Mode, kali ini pasti akan berhasil. Hanya itu yang dapat kita lakukan. Ketika gagal saat sedang menjalankan Restore Sistem, segera lakukan cara di atas, pahami step – by step supaya masalah laptop atau komputer kita segera terselesaikan.

Lakukan cara di atas dari yang paling awal, jika masih gagal, lakukan cara kedua dan seterusnya. Karena masalah gagal restore sistem windows terkadang bisa diselesaikan dengan cara yang mudah.

Itulah cara mengatasi gagal restore sistem windows. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.