Cara mengatasi sound tidak bunyi di windows 10 ini memang banyak, mungkin salah satunya dikarenakan windows 10 yang sering update sistem maka mungkin tingkat kompabilitas suara atau sound di windows 10 ini menjadi masalah yang sering di alami oleh pemakai Windows 10. Jadi jika anda mengalami hal tersebut sebaiknya jangan terlalu panik, yakinlah ada yang banyak cara untuk menyelsaikannya. Berikut adalah tiga perbaikan sederhana yang dapat Anda coba. Anda tidak perlu mencoba semuanya.

A. Cek pada speaker settings

  • Klik pada pojok bagian bawah kanan yang bergambar Speaker, pilih playback devices

mengatasi sound tidak bunyi

  • Perhatikan pada icon speaker ada centang hijau. perangkat ini sebagai default speaker anda

mengatasi sound tidak bunyi

  • Jika pada icon speaker belum tercentang hijau, maka klik icon speaker tersebut lalu klik set default.

mengatasi sound tidak bunyi

  • Jika masih belum bisa maka klik pada properties.

mengatasi sound tidak bunyi

  • Buka tab Tingkat Lanjut, dan di bagian Format Default, pilih tingkat sampel dan kedalaman bit yang berbeda, lalu klik Tes. Ulangi proses ini sampai Anda menemukan format yang berfungsi, lalu klik OK. Jika Anda tidak menemukan format yang berfungsi, lanjutkan ke Metode 2 di bawah ini.

mengatasi sound tidak bunyi

B. Uninstall driver audio

Jika driver suara Anda telah dihapus, rusak atau menjadi tidak kompatibel dengan Windows 10, Anda tidak akan dapat mendengar suara dari speaker Anda. (Ini cukup sering terjadi setelah upgrade ke Windows 10 dari versi Windows sebelumnya). Cara termudah untuk memeriksa apakah ini yang terjadi adalah mencopot pemasangan driver audio Anda:

  • Pada keyboard Anda, tekan tombol logo Windows dan X (bersamaan) untuk memanggil menu akses cepat.
  • Klik Device Manager
Artike Lainnya  Cara membuat file PDF di wps office

mengatasi sound tidak bunyi

  • Di Device Manager, buka Sound, video and game controllers,
    klik kanan pada Sound Card Anda, dan klik Uninstall.

mengatasi sound tidak bunyi

  • Jika Anda diminta untuk mengkonfirmasi penginstalannya, centang kotak Delete the driver software untuk perangkat ini dan klik OK.

  • Restart komputer Anda dan periksa apakah masalah sudah teratasi. Jika tidak, lanjutkan ke Metode 3 di bawah ini.

C. Perbarui driver audio

Jika bereksperimen dengan format suara yang berbeda dan mencopot pemasangan driver audio Anda tidak mengembalikan suara Anda di Windows 10, kemungkinan Anda menggunakan driver audio yang salah. Ada dua cara untuk mendapatkan driver audio yang tepat: secara manual atau otomatis.

Pembaruan driver manual – Anda dapat memperbarui driver audio Anda secara manual dengan mengunjungi situs web produsen dan mencari driver yang paling baru untuk kartu suara Anda dan varian Windows 10 Anda.

Pembaruan driver otomatis – Jika Anda tidak memiliki waktu, kesabaran atau keterampilan komputer untuk memperbarui driver audio Anda secara manual, Anda dapat melakukannya, sebaliknya, lakukan secara otomatis dengan Driver Easy. Driver Easy secara otomatis mengenali sistem Anda dan menemukan driver audio yang benar untuk kartu suara dan varian Windows 10 Anda, dan akan mendownload dan menginstalnya dengan benar:

  • Download dan instal Driver Easy.
  • Jalankan Driver Easy dan klik Scan Now. Driver Easy kemudian akan memindai komputer Anda dan mendeteksi driver masalah

  • Klik tombol Update di sebelah driver audio yang ditandai untuk secara otomatis mendownload dan menginstal versi driver yang benar (Anda dapat melakukannya dengan versi Driver Mudah versi GRATIS). Atau klik Update All untuk secara otomatis mendownload dan menginstal versi yang benar dari semua driver yang hilang atau kedaluwarsa pada sistem Anda.
Artike Lainnya  Cara merakit Komputer Gaming yang baik

IMG_256

  • Restart komputer Anda dan periksa untuk melihat apakah Anda sekarang memiliki suara.

Itulah cara cara untuk mengatasi sound atau suara speaker yang tidak bunyi di windows 10. Jangan ragu untuk meninggalkan komentar Anda di bawah ini jika Anda memiliki pertanyaan. Yuk berbagi dan membantu teman, saudara, atau yang lainya yang mempunyai masalah yang sama..