Chatting atau berkirim pesan tidak hanya bisa kamu lakukan menggunakan ponsel saja, namun juga laptop. Namun sayangnya masih ada beberapa pengguna yang merasa bingung dengan cara memunculkan emoji di laptop. Padahal emoji ini sudah menjadi bagian terpenting untuk setiap pesan yang kamu kirimkan ke teman.

Sama halnya saat kamu chat teman di ponsel. Berkomunikasi memakai perangkat laptop juga bisa jadi pelengkap dengan berbagai jenis emoji. 

Hanya saja kamu harus memahami bagaimana cara pakai emoji di laptop yang baik dan benar. Sehingga kumpulan stiker lucu dan unik yang terbiasa kamu gunakan akan tersedia secara lengkap.

Berbicara tentang cara memunculkan emoji di laptop, tahukah kamu jika langkah-langkah yang harus dilakukan ternyata sangatlah mudah? Bahkan kamu tidak perlu meluangkan banyak waktu untuk mencobanya. Tidak percaya? Langsung saja baca penjelasan ini kemudian praktikkan setelah menyelesaikannya.

Apa Itu Emoji Laptop?

Sebelum langsung masuk ke pembahasan cara menampilkan emoji di laptop, sebaiknya kamu kenalan dulu dengan apa itu emoji. Meski sudah sering menggunakannya, tapi dapat dipastikan kamu belum pernah mengetahui pengertiannya.

Jadi, pengertian emoji sendiri merupakan istilah untuk karakter gambar atau emoticon yang biasa digunakan dalam pesan elektronik. 

Istilah emoji berasal dari bahasa Jepang. Bahkan kamu pasti sering bukan menemukan beberapa karakter yang menggambarkan tentang seorang pengusaha yang membungkuk dan menggunakan masker?

Jika iya, itu merupakan bentuk karakter dari orang-orang di Jepang yang diubah oleh sistem komputer menjadi karakter online. Pada awalnya emoji ini hanya tersedia di negara Sakura karena memang asal muasalnya dari sana.

Namun lambat laun, permintaan emoji sangatlah besar sehingga pencipta memasukkan unicode untuk memungkinkan karakter ini bisa digunakan oleh orang-orang di seluruh dunia. 

Artike Lainnya  Cara Memperbaiki Fingerprint Laptop yang Error

Manfaat Menggunakan Emoji Laptop

Sedikit informasi tadi bisa membuat kamu lebih mengenal tentang apa itu emoji. Sementara itu, meskipun hanya sebuah karakter, ternyata ada manfaat yang bisa kamu peroleh jika menerapkannya pada pesan yang hendak dikirimkan pada seseorang. 

Untuk itu, sebelum beralih ke cara memunculkan emoji di laptop, mari berkenalan dengan manfaatnya terlebih dahulu.

1. Menghidupkan Suasana

Seringkali tanpa sadar kamu pasti terlibat dengan komunikasi formal yang menegangkan. Agar tidak canggung, sebenarnya kamu bisa menggunakan emoji untuk menghidupkan suasana agar lebih santai dan mengurangi rasa cemas. 

Bahkan pada penelitian yang pernah dilakukan di Universitas Missouri mendapatkan hasil bahwa emoji senyum sangat perlu digunakan pada surat lamaran kerja. Pasalnya, penerima surat lamaran tersebut akan merasa lebih tertarik dengan si pelamar yang memakai emoji.

Bisa dikatakan bahwa peluang untuk bisa diterima bekerja di perusahaan akan lebih besar apabila kamu dapat menghidupkan teks yang ditulis sebagai lamaran. Oleh sebabnya, kamu sangat butuh informasi mengenai cara memunculkan emoji di laptop supaya memudahkan dalam proses edit kalimat yang dibutuhkan.

2. Memberikan Kepopuleran untuk Seseorang

Manfaat kedua adalah dapat memberikan kepopuleran untuk seseorang. Kebanyakan orang yang memilih menggunakan emoji akan memengaruhi tingkat popularitasnya di sosial media. Namun emoji yang dipilih harus memiliki kesan positif sehingga dapat menjadi happy virus untuk orang lain.

3. Membungkus Rapi Kritik

Mendapatkan chat buruk dari seseorang memang sangat menyebalkan. Apalagi jika kalimat yang dilontarkan cukup pedas. Untuk itulah peran emoji dibutuhkan. Kamu bisa memanfaatkannya untuk melemparkan kritikan kepada penerima pesan tanpa terlihat jelas tengah menyindirnya.

4. Mengekspresikan Wajah Asli

Emoji yang terdiri dari berbagai karakter ternyata juga mampu mengekspresikan wajah asli manusia. Contohnya saja seperti ini kamu saat ini tengah kesal pada doi. Untuk memberitahukan doi akan kekesalan itu, kamu bisa memakai emoji marah pada teks pesan. Dengan begitu doi akan peka dan memahami perasaan kamu.

Artike Lainnya  Melihat Lisensi original Windows di laptop dan pc

Cara Memunculkan Emoji di Laptop 

Setelah mengetahui pengertian dan manfaat karakter kartun yang selalu kamu andalkan saat berkirim pesan, maka inilah saatnya kamu mengetahui cara melihat emoji di laptop. Berikut penjelasan lengkapnya.

1. Cara Memunculkan Emoji di Laptop di Windows 8.1

Cara yang pertama ini diperuntukkan bagi para pengguna laptop Windows 8.1. Sebelum mengikuti semua langkahnya, pastikan kamu mengetahui cara menampilkan baterai di laptop agar tidak ada kendala kehabisan baterai saat prosesnya dimulai. Berikut langkah-langkahnya.

  • Sebelumnya pastikan terlebih dahulu laptop kamu dalam keadaan aktif atau on.
  • Kemudian klik bagian kanan bawah taskbar dan pilih tulisan “Taskbar”.
  • Klik “Touch Keyboard”.
  • Lalu tekan tombol emoji yang berada di bagian kiri tombol spasi.
  • Klik setiap kategori pada bagian bawah keyboard.
  • Tekan tombol (<) atau (>) yang letaknya di sebelah kiri keyboard untuk mencari emoji dengan kategori yang sama.

2. Cara Memunculkan Emoji di Laptop di Windows 7

Bagi kamu yang masih menggunakan laptop model lawas dengan OS atau Windows 7, maka bisa mengikuti langkah-langkah ini. 

Sebelumnya, silakan lihat cara cek suhu laptop agar kamu mengetahui apakah perangkat dalam kondisi panas atau tidak. Pasalnya kamu akan merasa kurang nyaman jika mesin laptop dalam kondisi yang kurang stabil.

  • Aktifkan laptop kamu dan kunjungi situs Get Emoji melalui Browser atau Chrome.
  • Pilih emoji yang kamu inginkan. 
  • Klik tombol copy kemudian paste di pesan yang hendak kamu kirim.
  • Pastikan pilih emoji yang warnanya hitam putih saja karena Windows 7 hanya mendukung jenis emoji ini saja.

3. Cara Memunculkan Emoji di laptop di Windows 10

Laptop terbaru jaman sekarang lebih banyak menggunakan Windows 10. Selain harus mengetahui langkah untuk menampilkan emoji, kamu juga wajib tahu tentang cara agar kamera laptop jernih. Tujuannya supaya foto yang hendak kamu berikan ke seseorang bisa berkualitas baik. 

  • Langkah pertama silakan aktifkan laptop kamu.
  • Klik kanan pada bagian kanan taskbar.
  • Apabila sudah muncul beberapa pilihan, pilih tulisan “Touch Keyboard Button”.
  • Setelah muncul ikon keyboard, klik pada bagian kiri.
  • Pilih ikon emoji dan silakan pilih karakter sesuai dengan keinginan kamu.
Artike Lainnya  memperbaiki RAM yang tidak bisa terbaca di komputer

Ketiga cara mengetik emoji di laptop bisa kamu coba saat ini juga. Semakin banyak koleksi emoji yang kamu miliki maka akan semakin baik. Dengan begitu setiap pesan yang kamu kirim pada teman atau seseorang bisa lebih berwarna dan terbuka. 

Sebelumnya kamu harus tahu bahwa emoji yang kamu gunakan itu akan disimpan di data laptop. Maka dari itu, agar kamu bisa memiliki berbagai jenis karakter yang lucu dan imut, jangan lupa untuk mempelajari cara melihat bit laptop

Sehingga nantinya kamu mengetahui seberapa longgar penyimpanan laptop untuk menampung koleksi karakter.

Sudah Bisa Cara Memunculkan Emoji di Laptop?

Demikianlah penjelasan lengkap tentang cara memunculkan emoji di laptop. Dengan adanya langkah-langkah sederhana yang disampaikan, diharapkan kamu bisa mengikuti prosesnya sampai akhir. 

Jadi bagaimana, apakah kamu sudah bisa memunculkan emoji di perangkat laptop untuk koleksi bertukar pesan dengan seseorang?