Sebelumnya kamu telah menjelaskan bagaimana cara agar kamera laptop jernih. Sekarang informasi yang akan kamu baca juga tidak kalah penting yaitu cara cek suhu laptop. Seiring penggunaan laptop yang semakin lama, suhunya pun juga akan meningkat.

Apalagi ketika kamu memanfaatkannya untuk menjalankan aplikasi berat seperti edit video atau bermain game. Bisa jadi suhu laptopmu akan meningkat cukup signifikan. Kamu harus mampu mengecek suhu laptop untuk memastikan apakah suhunya masih normal atau terlampau panas.

Sama halnya dengan cara memunculkan emoji di laptop, suhu laptop pun juga bisa kamu cek. Secara umum ada dua cara yang bisa kamu pilih. Kamu bisa mengeceknya dengan aplikasi maupun tanpa bantuan aplikasi apa pun.

Cara Cek Suhu Laptop Tanpa Software

Berikut ini informasi tentang bagaimana cara melihat suhu laptop dengan mudah tanpa aplikasi:

1. Cek Suhu Laptop Melalui BIOS

Sebenarnya untuk mengecek suhu laptop cukup mudah. Kamu tidak perlu mengunduh aplikasi apa pun dan cukup monitor suhu laptopmu melalui BIOS. Akan tetapi, kamu harus tahu bagaimana cara mengakses BIOS.

Untuk mengakses BIOS, setiap laptop memiliki caranya masing-masing. Biasanya tergantung merek laptop atau jenis BIOS yang digunakan.

  • Untuk laptop ASUS: kamu dapat masuk ke BIOS dengan menekan F1, Del, atau ESC selama beberapa kali. Tekan tombol tersebut terus-menerus mulai saat kamu pertama kali menyalakan laptop.
  • Laptop Lenovo: ketika proses booting, jangan lupa langsung menekan F1 terus-menerus. Jika berhasil, otomatis kamu akan masuk ke dalam menu BIOS. Ingat, tekan F1 terus pada saat pertama kali menekan tombol Power sebelum laptop masuk ke menu utama.
  • Laptop HP: tekan tombol Power terlebih dahulu. Sebelum tampilan laptop sampai ke desktop, tekan ESC berulang kali sampai nanti kamu masuk ke Startup Menu. Setelah itu, kamu bisa menekan F10 sehingga otomatis masuk ke tampilan BIOS Setup Utility.
  • Untuk Laptop Acer: tombol yang kamu tekan adalah F12. Tekan tombol tersebut terus-menerus sebelum laptopmu masuk ke menu desktop. Jika berhasil, kamu akan dibawa ke tampilan BIOS.
Artike Lainnya  Cara mengatasi touchpad laptop bergerak Sendiri saat mengetik

Ketika sudah berada di berada di BIOS, informasi suhu laptop bisa kamu dapatkan. Selain itu, informasi lain juga bisa kamu dapatkan melalui BIOS termasuk melakukan beberapa pengaturan sesuai yang kamu inginkan.

Cara Cek Suhu Laptop dengan Software

Hal yang sama ketika kamu ingin tahu cara melihat bit laptop dengan aplikasi, mengecek suhu laptop pun juga bisa memanfaatkan aplikasi tertentu. Apa saja aplikasi untuk mengecek temperatur laptopmu?

1. Cek Suhu Laptop Menggunakan Aplikasi HWMonitor

Cara melihat suhu pada laptop Windows 10 bisa melalui aplikasi bernama HWMonitor. Sebuah aplikasi yang gratis dan simpel untuk mengetahui berapa suhu laptop kamu.

Aplikasi ini bekerja dengan memonitor suhu pada prosesor, motherboard, GPU, dan hardisk. Bukan hanya itu, HWMonitor akan menampilkan informasi tentang berapa watt atau voltase yang digunakan prosesor. Kamu juga bisa mengekspor data di monitor ke bentuk text document.

2. Menggunakan Aplikasi Core Temp

Aplikasi untuk mengecek suhu pada laptop memang sangat banyak. Setiap aplikasi menghadirkan tampilan dan fitur andalannya masing-masing. Aplikasi yang juga bisa kamu manfaatkan yaitu Core Temp.

Core Temp termasuk satu di antara beberapa aplikasi populer. Kamu bisa langsung mendapatkan informasi tentang suhu laptop saat itu juga. Ukuran file yang kecil menjadi alasan lain mengapa kamu perlu menggunakannya.

Di Core Temp, informasi yang kamu dapatkan cukup lengkap. Kamu tinggal mengeceknya pada menu “Temperature Readings”. Nanti kamu bisa memonitor suhu laptop secara lebih detail.

Aplikasi cek suhu laptop ini juga kerap memberikan pembaruan secara berkala. Ini sangat berguna untuk meningkatkan performa aplikasi Core Temp. Dengan begitu, aplikasi ini tetap mampu menjalankan tugasnya untuk memberikan informasi akurat terkait suhu laptop.

Artike Lainnya  Bagaimana Cara Melihat Bit Laptop Windows 10? Yuk Simak Lebih Lanjut!

3. Menggunakan Aplikasi MSI Afterburner

Apakah kamu termasuk salah satu pengguna laptop MSI? Merek yang satu ini sangat terkenal akan kualitasnya. Banyak laptop keluaran MSI yang menjadi pilihan, khususnya para gamer.

Memang dari segi harga, laptop MSI tidak bisa dikatakan murah. Meskipun begitu, biaya yang kamu keluarkan sesuai dengan kualitas laptop tersebut. Selain spesifikasi hardwarenya yang mumpuni, para pengguna juga mendapatkan dukungan software.

Salah satunya aplikasi laptop MSI untuk mengecek temperatur laptop. Cara cek suhu laptop MSI bisa kamu lakukan dengan aplikasi MSI Afterburner. Menggunakan aplikasi tersebut juga sangat mudah.

Ketika membuka MSI Afterburner, kamu akan langsung mendapatkan informasi tentang suhu laptopmu. Informasi tersebut langsung muncul di halaman utama, tepatnya di bagian “Temp”. Aplikasi MSI Afterburner akan memberikan informasi secara detail dan akurat.

4. Cara Cek Suhu Laptop Menggunakan Aplikasi Real Temp

Cara mengecek suhu laptop berikutnya adalah dengan Real Temp. Salah satu aplikasi terbaik dan gratis untuk mengetahui berapa suhu perangkat keras di laptop maupun komputer. Termasuk  perangkat  yang menggunakan prosesor Intel.

Salah satu keunggulan Real Temp yaitu kompatibel dengan berbagai jenis prosesor mulai dari single core sampai Core i9. Kamu juga akan memperoleh informasi tentang suhu prosesor secara real time.

Melalui Real Temp, informasi yang kamu dapatkan nanti mulai dari suhu yang paling rendah sampai paling tinggi sejak menghidupkan laptop. Bahkan kamu bisa mengatur alarm yang akan aktif ketika suhu laptop melebihi batas yang sudah kamu atur.

5. Menggunakan Aplikasi CPU Thermometer

CPU Thermometer merupakan aplikasi untuk mengecek suhu hardware. Sebuah aplikasi yang minimalis serta mudah digunakan. Melalui aplikasi ini, kamu akan langsung mendapatkan informasi tentang suhu laptop kamu pada saat itu.

Artike Lainnya  Cara mengatasi laptop Hank tidak bisa dimatikan

Saking minimalisnya, CPU Thermometer hanya memiliki ukuran 300 kB. Bagi kamu yang ingin tahu cara cek suhu laptop, jawabannya adalah menggunakan CPU Thermometer. Tidak perlu banyak langkah untuk menggunakannya sehingga aplikasi ini sangat cocok untuk siapapun.

6. Menggunakan Aplikasi Speccy

Sama halnya dengan aplikasi sebelumnya, Speccy juga menghadirkan informasi tentang suhu laptopmu saat ini. Dengan tampilan sederhana, rasanya siapapun bisa menggunakan Speccy tanpa mengalami kendala.

Speccy juga mampu memberikan informasi secara akurat. Jadi informasi tentang suhu laptop yang muncul di layar sesuai kondisi laptopmu sekarang. Selain itu, developer Speccy juga rutin memberikan update. Jadi performa aplikasi cek suhu laptop ini tetap terjaga.

7. Menggunakan Aplikasi AMD Ryzen Master

Sesuai namanya, cara cek suhu laptop berikutnya diperuntukkan untuk laptop yang menggunakan prosesor AMD. Aplikasi ini akan membantumu mengetahui suhu laptop sekarang. 

Cara menggunakan AMD Ryzen Master sangat mudah. Tinggal buka aplikasi tersebut dan kamu akan langsung melihat informasi tentang suhu laptop. 

Sudah Bisa Cek Suhu Laptop Anda Sendiri

Seperti itulah informasi bagaimana cara cek suhu laptop. Kesimpulannya, mengecek suhu laptop sama mudahnya dengan cara menampilkan baterai di laptop. Kamu tidak perlu melakukan banyak cara untuk bisa mengetahui suhu laptop saat ini.

Namun untuk cara yang lebih mudah adalah menggunakan bantuan aplikasi meskipun kamu harus mengunduh dan menginstal aplikasi tersebut terlebih dahulu. Selamat mencoba!