Siapa yang tidak kenal Android? Mungkin sebagian besar masyarakat telah menggunakannya. Android merupakan sistem operasi mobile berbasis Linux yang dikembangkan oleh Google dan dirilis Perdana pada 23 September 2008. Android digunakan untuk perangkat touchscreen seperti smartphone dan tablet. Nah, pada artikel ini, saya akan menjelaskan tentang urutan tingkatan Android dari awal hingga yang terbaru.

Sistem operasi ini sangat populer di masyarakat hingga saat ini. Sejak tahun 2008, Android terus melakukan pembaharuan mulai dari penambahan fitur baru, peningkatan kinerja sistem operasi, dan perbaikan bug/error. Hingga sampai saat ini, Android telah merilis beberapa versi. Untuk informasi lebih lanjut mengenai urutan tingkatan Android, mari simak penjelasan dibawah ini.

  • Android 1.0 : Astro (Alpha) & Android 1.1: Bender (Beta)

Android 1.0 Astro dan Android 1.1 Bender mungkin masih terdengar asing bagi Anda. Pasalnya, versi Android ini memang tidak dirilis secara publik untuk kepentingan komersil sehingga tidak dikenali oleh banyak pengguna. Platform Android yang menggunakan kernel Linux versi 2.6, diperkenalkan untuk pertama kalinya pada September 2008. HTC Dream merupakan produk smartphone pertama Android yang mulai dijual pada 22 Oktober 2008.

  • Android 1.5: Cupcake

Mulai dari versi ini, Android menggunakan nama makanan manis untuk setiap versi yang diluncurkan.

Android 1.5 Cupcake sendiri dirilis pada tanggal 30 April 2009 dengan berbagai fitur di sebuah perangkat smartphone untuk menggantikan featured phone kala itu.

  • Android 1.6 : Donut

Versi Donut ini dirilis pada bulan September 2009, di versi ini Google mulai memperbaiki masalah/bug yang membuat Android ini lebih sempurna ditambah lagi dengan fitur nafigasi turn-by-turn

  • Android 2.0 – 2.1: Eclair

Pada 26 Oktober 2009, Android merilis versi terbaru yaitu Android Eclair berbasis Linux kernel 2.6.29. Android Eclair sendiri memiliki beberapa versi yaitu 2.0, 2.0.1, 2.1. Versi Android ini dapat mengatur aplikasi di beberapa layar, membuat front-screen sesuai keinginan dan membuat wallpaper yang bergerak (animasi).

  •  Android 2.2: Froyo (Frozen Yoghurt)
Artike Lainnya  PC dan Kursi Gaming termewah: Acer Predator Thronos

Mulai versi ini Android tampaknya sudah mulai dikenal luas oleh berbagai brand smartphone. Android 2.2 Frozen Yoghurt alias Froyo ini dirilis pertama kali pada tanggal 20 Mei 2010. Walaupun sudah mulai dipergunakan pada  eberapa brand, namun tetap saja Android masih kalah bersaing dengan Symbian yang mendominasi pasar featured phone. Android 2.2 Froyo memberikan peningkatan pada kecepatan kerja, fitur USB tethering, WiFi hotspot, serta fitur keamanan.

  • Android 2.3 : Gingerbread

Bulan Desember 2010 seiring dirilisnya versi Gingerbread, Android kedatangan salah satu merk Platform raksasa Smartphone yakni Samsung yang meluncurkan Samsung Nexus. Di android versi 2.3 ini Google menambahkan fitur baru yaituNFC, internet Calling, Download Manager

  • Android 3.0 & 3.2: Honeycomb

Untuk para pengguna smartphone mungkin akan agak asing dengan versi Android yang satu ini. Android 3.0 & 3.2 Honeycomb yang menggunakan ikon lebah ini memang diperuntukkan penggunaannya khusus untuk perangkat tablet. Tentu perilisan Android 3.0 & 3.2 Honeycomb pada 10 Mei 2011 ini untuk mendukung Samsung yang mulai merilis perangkat tablet, Samsung Galaxy Tab Series untuk menyaingi Apple iPad.

  • Android 4.0: Ice Cream Sandwich

Android Ice Cream Sandwich yang berbasis Linux kernel 3.0.1, dirilis pada 16 Desember 2011. Terdapat berbagai pembaharuan baru di Android Ice Cream Sandwich yang tidak dimiliki oleh versi sebelumnya serta memiliki desain dan animasi yang lebih halus, sederhana dan canggih.

  • Android 4.1 & 4.3: Jelly Bean

Peningkatan signifikan terasa saat menggunakan Android 4.1 & 4.3 Jelly Bean. Sistem operasi ini sendiri pertama kali dirilis pada Juni 2012 dengan membawa sejumlah peningkatan terutama di sektor pengolahan grafis. Dengan begini, tentu Android 4.1 & 4.3 Jelly Bean bisa memberikan peningkatan fungsi pada user interface dan teknologi Vsync yang digunakannya.

  • Android 4.4: KitKat

Android Kitkat dirilis pada 31 Oktober 2013 Android KitKat memiliki beberapa fitur atau pembaharuan baru guna menyokong peningkatan kinerja sistem. Nexus Google 5 merupakan perangkat pertama yang menggunakan Android 4.4 Kitkat.

  • Android 5.0 & 5.1: Lollipop
Artike Lainnya  Jenis dan brand processor di seluruh dunia yang ada dipasaran

Mulai beberapa versi ke belakang, Android dan Google pun mulai secara rutin memperbarui sistem operasi mereka dalam selang waktu setahun. Termasuk Android 5.0 & 5.1 Lollipop yang dirilis dan diresmikan pada Juni 2014. Bisa dibilang Android 5.0 & 5.1 Lollipop menjadi pionir dibuatnya smartphone flagship dengan spesifikasi cukup mumpuni. Versi Android ini sudah mendukung arsitektur 64-bit yang sudah memungkinan penggunaan RAM di atas 3GB. Salah satunya ASUS Zenfone 2 yang sudah mengusung RAM 4GB saat itu

  •  Andrid 6.0: Marshmallow

Android Mashmallow dirilis pada 19 Agustus 2015 dengan 2 versi yaitu 6.0, 6.0.1. Android ini sebenarnya sudah diperkenalkan sejak Mei 2015 dengan nama Android M. Android Marshmallow sendiri berfokus  pada peningkatan user-experience secara keseluruhan, memperkenalkan arsitektur baru seperti pembatasan daya latar belakang, fingerprint sensor, bantuan kontekstual, kemampuan migrasi data dan aplikasi ke kartu microSD serta menggunakannya sebagai penyimpanan utama, dan yang lainnya.

  • Android 7.0: Nougat

Android “Nougat” (kode nama N dalam pengembangan) adalah rilis 7.0 besar dari sistem operasi Android. Ini pertama kali dirilis sebagai pratinjau pengembang pada tanggal 9 Maret 2016, dengan gambar pabrik untuk perangkat Nexus saat ini, serta dengan “Program Beta Beta” baru yang memungkinkan perangkat yang didukung ditingkatkan versinya ke versi Android Nougat melalui over-the -air update. Rilis terakhir adalah pada tanggal 22 Agustus 2016. Pratinjau akhir pembuatannya dirilis pada tanggal 18 Juli 2016, dengan nomor bangunan NPD90G.

  • Android 7.1 Nougat

Pada tanggal 19 Oktober 2016, Google merilis Android 7.1.1 sebagai pratinjau pengembang untuk Nexus 5X, Nexus 6P dan Pixel C. Pratinjau kedua mulai tersedia pada 22 November 2016, sebelum versi final diluncurkan ke publik pada bulan Desember. 5, 2016.

  • Android 8.0 & 8.1: Oreo

Android 8.0 & 8.1 Oreo menjadi sistem operasi Android paling terbaru yang banyak digunakan saat ini. Sistem operasi ini dirilis secara stabil mulai Agustus 2017 sudah mengalami pembaruan lewat versi Android 8.1 Oreo. Android 8.0 & 8.1 Oreo menjadi versi Android kedua yang menggunakan makanan manis dari nama brand terkenal setelah Android 4.4 KitKat. Sistem operasi ini menawarkan pengalaman multitasking yang makin mumpuni dibanding versi sebelumnya. Selain itu ada juga Project Treble yang memungkinkan pengguna mendapat pembaruan lebih cepat.

  • Android 9.0: Pie
Artike Lainnya  Hydrofoiler XE-1 Sepeda canggih multifungsi

Kemudian ada Android 9.0 Pie yang secara resmi diperkenalkan pada Agustus 2018. Sistem operasi Android ini memberi banyak ubahan, terutama untuk HP dengan desain baru. Misal Android 9.0 Pie memberikan navigasi berupa gesture yang menggantikan tombol fisik Home, Back, dan Recent Apps. Fitur lainnya yang cukup berguna adalah sistem notifikasi, pengatur kecerahan, hingga sistem screenshoot terbaru yang lebih memudahkan

  • Android 10

Android 10 adalah versi utama kesepuluh dari sistem operasi Android. Ini pertama kali diumumkan oleh Google pada 13 Maret 2019, dan beta pertama dirilis pada hari yang sama (dengan nama “Android Q” pada saat itu). Beta kedua dirilis pada 3 April 2019. Beta ketiga dirilis pada konferensi Google I/O pada 7 Mei 2019. Kemudian, pada 5 Juni, Google merilis beta keempat, dengan API final dan SDK (API Level) 29).

Pada 10 Juli 2019, Google merilis Beta 5 dengan API 29 SDK terakhir serta optimasi terbaru dan perbaikan bug. Ini adalah kandidat rilis untuk pengujian. Pada tanggal 7 Agustus 2019, Google merilis Beta 6, yang merupakan beta terakhir sebelum pengumuman Android Q. Pada 22 Agustus 2019, Google mengumumkan bahwa versi rilis resmi akan disebut hanya Android 10 yang tak lagi memakai konvensi penggunaan julukan nama dan huruf dessert/makanan pencuci mulut untuk umum. Android 10 sebelumnya akan dikenal sebagai “Queen Cake”. Secara internal, Android 10 dikenal sebagai Quince Tart. Versi stabil Android 10 dirilis pada 3 September 2019.

Seperti pada seri smartphone Google, yakni Google Pixel, Google Pixel XL, Google Pixel 2, Google Pixel 2 XL, Google Pixel 3, Google Pixel 3 XL, dan Google Pixel 3 Lite. Salah satu fitur Android Q Beta adalah Dark Mode alias mode gelap yang diklaim mampu meningkatkan peform baterai.

Baiklah, sekian pembahasan mengenai sejarah dan urutan versi Android yang telah dijelaskan diatas. Semoga bermanfaat!