Sekarang ini, kebanyakan orang telah beralih ke penyimpanan harddisk eksternal. Flashdisk terkadang tidak cukup untuk menyimpan data penting yang kita miliki. Selain itu harddisk eksternal memiliki penyimpanan yang sedikit lebih besar daripada harddisk.

Selain kapasitasnya yang berlimpah, penggunaan harddisk eksternal untuk bertukar data memiliki keunggulan yang lain, yaitu kecepatan transfer yang cepat. Menggunakan harddisk eksternal adalah pilihan yang tepat, jika Anda sering melakukan transfer file berukuran besar seperti file video atau software.

Namun selain manfaat di atas yang Anda rasakan, mungkin Anda bisa mengalami harddisk eksternal Anda tidak terbaca di PC atau laptop Anda. Tentu Anda akan bingung dikarenakan semua data penting Anda ada di dalamnya dan khawatir dengan file nya masih ada atau sudah hilang.

Untuk dapat memecahkan masalah tersebut, kita harus mendiagnosis satu per satu kemungkinan sumber kerusakan berasal, ditandai dengan cechklist yang umum menjadi penyebab kerusakan.

  1. Sistem file harddisk eksternal gagal atau rusak.
  2. Port USB sudah rusak, hal ini bisa terjadi dikarenakan harddisk terkena benturan keras atau terlalu sering menancapkan/melepaskan port dengan cara yang kasar.
  3. Kurangnya supply daya.
  4. Driver harddisk eksternal error.

Untuk memperbaiki masalah tersebut, mari kita simak langkahnya berikut ini:

  1. Buka Windows exploprer.
  2. Pilih My Computer dan Klik kanan ⮞ Pilih Properties ⮞ lalu pilih Device Manager.
  3. Tampilan Device Manager jadi seperti ini.
Artike Lainnya  Cara cepat restart laptop dengan keyboard

  1. Jika terdapat tanda seru seperti gambar di atas, mungkin saja itu disebabkan dari driver atau port USB yang error. Coba perbaiki dengan mengikuti langkah selanjutnya.
  2. Uninstall driver yang terdapat tanda seru dengan cara pilih driver ⮞ klik kanan ⮞ pilih Uninstall.
  3. Restart komputer atau laptop.

Jika cara di atas tidak berhasil. Anda bisa coba menggunakan cara selanjutnya:

  1. Buka cmd dengan menekan tombol Windows + R di keyboard, ketikkan cmd di kolom Run, kemudian tekan Enter.
  2. Pada Cmd, ketikkan diskmgmt.msc

diskmgmt.msc

kemudian tekan Enter, akan muncul kotak dialog seperti ini.

memperbaiki harddisk tidak terbaca

  1. Jika harddisk Anda terbaca, mungkin saja perlu dilakukan partisi pada harddisk. Caranya klik kanan pada harddisk eksternal ⮞ Partition ⮞ Ikuti wizard.

Jika kerusakan yang terjadi pada harddisk hanya seputar software, masih mungkin untuk bisa diperbaiki. Tapi jika terjadi kerusakan pada hardware, misalnya terjatuh atau terbentur sesuatu yang mengakibatkan harddisk eksternal retak, solusinya dibawa ke teknisi yang dapat menanganinya.

Itulah cara memperbaiki harddisk eksternal yang tidak terbaca pada komputer atau laptop, semoga bermanfaat.