Tahun 2021 perkembangan ponsel dengan berbagai fiturnya sangat berkembang begitu cepat. Inovasi produk agar terlihat terkesan menarik dan garang terus diluncurkan para perusahaan ponsel guna menarik hati para konsumen supaya membeli produk tersebut. Fitur yang saat ini mulai dipakai di setiap ponsel yaitu fitur NFC atau kepanjangan dari Near-field Communication. Dipatenkan oleh Charles Walton pada tahun 1983 mulai terus dikembangkan sampai sempurna hingga tahun 2020.

Jika Anda pernah tahu fitur Inframerah yang ada di ponsel generasi 2000an prinsip kerjanya hampir sama hanya NFC lebih memiliki keunggulan, NFC bekerja berdasarkan gelombang radio bisa menjadi pengirim atau penerima informasi dan terhubung secara nirkabel. NFC mulai dipakai karena perubahan pola transaksi di pasar yang semula memakai uang fisik mulai berganti dengan uang elektronik yang dirasa lebiih mudah, simple dan efisien. Selain itu ,lalu apa saja yang bisa dilakukan NFC pada ponsel Smartphone kita saat ini?

  • Reader/Writer

Pertama NFC mempunyai fungsi sebagai Reader/Writer, Reader atau Pembaca dilakukan NFC disaat kita mau mengetahui jumlah saldo yang ada di E-money/ E-toll sehingga informasi bisa langsung didapatkan pada ponsel saat itu juga. Writer atau Penulis dipakai NFC saat akan bertransaksi atau melakukan topup, kartu yang ditempelkan pada alat yang ada dikasir langsung memberikan informasi saldo dan kasir bisa menuliskan nominal yang akan di top up pada komputernya.

  • Card Emulation

Bertransaksi menggunakan E-money baik pembayaran atau topup secara digital dan akumulasi saldo bisa tersimpan pada kartu atau ponsel kita, bagi bagi saldo antar teman juga bisa dilakukan yang penting semua ponselnya sudah tersedia fitur NFC seperti ini merupakan fungsi NFC sebagai Card Emulation.

  • Peer to peer

Terakhir NFC bisa sebagai transfer file dari ponsel kamu ke ponsel teman dengan menempelkan kedua ponsel kita. File yang bisa dikirim berupa nomer telpon, gambar dan dokumen saja mengingat kecepatan transfernya tidak secepat bluetooth dan untuk saat ini juga pengguna masih jarang memakai Peer to peer ini karena seringnya langsung dikirim memakai sosial media.

Artike Lainnya  Perkembangan generasi Processor Intel