Pada kesempatan yang lalu, kita telah membahas mengenai perintah dasar terminal linux yang umum digunakan dalam terminal linux. akan tetapi pada yang lalu baru sebagian dan akan kita sambung lagi pada kesempatan kali ini. kita akan melanjutkan perintah dasar terminal linux, karena dalam lingkungan sistem operasi linux ini terminal atau perintah berbasis CLI ( Command Line Interface) masih dominan digunakan untuk mengatur dan melakukan konfigurasi dalam sistem operasi yang berbasis Linux ini.

Baca Juga:
Pengenalan dasar os linux part #1
Direktori dan hak akses linux part #2
jenis desktop environment pada linux part #3

Dalam pembahasan kali ini menjadi Series #4 part II. karena mungkin dalam series yang kemarin cukup panjang dan jika dijadikan satu tentu akan menjadi sangatlah panjang. langsung saja kita simak:

 

echo

Perintah echo adalah salah satu perintah yang paling mendasar dan sering digunakan di Linux. Perintah echo mencetak string yang akan di proses sebagai argumen ke output standar, perintah ini banyak kegunaan dan kombinasinya, untuk contoh: echo “selamat datang” >> wellcome.txt , berarti ini perintah untuk menuliskan selamat datang ke dalam file wellcome.txt

 

 

adduser

ini adalah perintah untuk menambahkan pengguna baru, dalam contoh penggunaan adduser excellent , ini berarti kita telah membuat sebuah pengguna baru dengan nama excellent.

 

Artike Lainnya  Inilah penyebab windows sering startup repair di laptop

 

top

ini adalah suatu perintah untuk melihat task secara keseluruhan didalam terminal. untuk mengguanakan perintah ini kita cukup mengetikan top didalam terminal.

wget

ini adalah suatu perintah untuk menguduh sebuah file yang ada dalam suatu link dalam terminal. untuk peritah wget ini kalian harus menginstallnya dahulu dengan perintah: sudo apt install wget , setelah selesai install kalian jika ingin menggunakannya tinggal mengetikan wget [link url.ekstensi file] .

 

 

exit

perintah ini digunakan untuk keluar dari terminal, atau menutupnya. untuk menggunakannya tinggal mengetikan perintah exit

 

 

touch

perintah touch ini biasanya digunakan untuk membuat suatu file baru, bisa file txt atau lainya, untuk menggunakaanya kalian cukup mengetikan perintah: touch [nama file.ekstensi file] , contoh: touch welcome.txt . ini berarti kita memnbuat file teks dengan nama welcome, untuk mengedit isi file text bisa menggunakan nano, pico, vim, leafpad, mousepad, gedit dan lainya.

 

 

zip

perintah zip ini berfungsi untuk membuat sebuah file berformat .zip, untuk menggunakan perintah ini yang paling sederhana adalah: zip [nama file zip] [nama file yang akan dibuat zip] . untuk contoh: zip wellcome.zip wellcome.txt , ini berarti kita membuat sebuah file zip bernama wellcome yang berisi file wellcome.txt

 

 

unzip

perintah unzip ini digunakan untuk melakukan ekstrak file zip. untuk menggunakan perintah ini cukuplah mudah, ketikan dalam terminal: unzip [nama file.zip], contoh: unzip wellcome.zip. ini berarti kita akan meng-ekstrak file zip bernama wellcome.

 

 

grep

perintah ini digunakan untuk menampilkan baris yang mengandung kata yang sama sesuai dengan pattern, contohnya seperti: grep -i hallo wellcome.txt . ini berarti terminal akan menampilkan kata hallo didalam sebuah file wellcome.txt

 

Artike Lainnya  Aplikasi Edit Video Terbaik di Android
scp

Menyalin file dari host lain yang terhubung dalam satu jaringan. Contohnya: scp [file] [user]@[ip address]:[folder tujuan] untuk contoh: scp wellcome.txt exc@192.168.1.1:/home/exc/Documents, ini berarti kita menyalin file bernama wellcome.txt dari ip 192.168.1.1 ke dalam folder documents

 

 

mount

Melampirkan sebuah filesystem kedalam satu folder besar. Sehingga tidak perlu melakukan akses langsung ke filesystem. Sebagai contoh menggunakan sudo mount /dev/sda2 /mnt |. Perintah ini akan membuat isi partisi /dev/sda2 bisa diakses melalui /mnt.

 

unmount

Mengunlock perintah mount, contohnya | $ umount /mnt | digunakan untuk memutuskan perintah mount pada folder /mnt.

 

 

cat

Melihat isi dari sebuah file, bisa juga untuk menggabungkan isi dari dua buah file, untuk contoh: cat selamatdatang.txt, ini akan menampilkan isi dari selamatdatang.txt, untuk menggabungkan isi maka perintahnya: cat [file] [file]. contoh: cat wellcome.txt selamatdatang.txt, maka ini akan menampilkan atau menggabungkan isi dari kedua file tersebut.

 

 

tar

perintah Ini merupakan program untuk pengarsipan atau untuk mengumpulkan beberapa file menjadi satu file, dengan ekstensi “namafile.tar”. Perintah ini juga menggunakan kombinasi seperti opsi “c” untuk membuat arsip, “f” untuk menentukan nama file, opsi “v” untuk operasi verbose untuk menampilkan proses. penggunaanya: tar [opsi] [file/folder]. contoh tar cvf wellcome.tar wellcome.txt, ini berarti kita membuat file tar bernama wellcome.tar yang didalamnya ada file wellcome.txt, atau tar cvf documents.tar Documents , yang berarti kita akan membuat file documents.tar yang berasal dari folder Documents

 

 

sed

perintah ini digunakan untuk memanipulasi teks atau memfilter teks pada sebuah file dan menggantinya dengan teks yang baru, dalam penggunaanya sed cukup banyak kombinasinya, untuk perintha dasar sederhana sed: sed s/teks_sumber/teks_pengganti/flag‘  [nama_file], contoh: sed ‘s/hallo/selamatdatang/’ wellcome.txt, artinya kita mengganti kata hallo menjadi kata selamatdatang dalam file wellcome.txt.

Artike Lainnya  Membaca Format penulisan kode routerboard mikrotik

 

date

perintah ini digunakan untuk menampilkann tanggal, untuk menggunakannya kalian cukup mengetikan: date didalam terminal.

 

 

awk

perintah ini mempunyai kegunaan untuk mem-parsing atau mengurai sebuah file. Hampir mirip dengan “grep”, namun bedanya grep digunakan ketika kita akan mem-filter sebuah isi direktori dengan sebuah ketentuan. awk paling sering digunakan untuk me-scan dan memproses sebuah pola. Pencarian pada sebuah file yang cocok dengan pola yang dibuat lalu menyaring pencarian tersebut kedalam sebuah file baru, untuk contoh saya memili file bernama gajian.txt yang berisi seperti berikut:

budi memiliki Gaji = 3150
anto memiliki Gaji = 3060
anton memiliki Gaji = 9000
budiawan memiliki Gaji = 7650
budianto memiliki Gaji = 6300

kemudian kita akan mencoba menampilkan angkanya saja, maka perintahnya adalah: awk ‘{print $5}’ gajian.txt. pada fungsi print $5 adalah perintah untuk menampilkan angka yang kebetulan berada didalam baris ke 5. untuk perintah awk sendiri sangat banyak fungsi dan kombinasinya, silakan ketikan awk –help untuk selengkapnya.

passwd

perintah ini dapat digunakan untuk mengganti password user, untuk penggunaanya cukup mengetikan: passwd maka perintah tesebut akan mengganti password pada akun yang login pada saat itu juga, sedangkan untuk perintah: sudo passwd excellent maka akan mengganti password akun pengguna excellent.

 

Perintah-perintah diatas hanyalah sebagian dari perintah bash terminal linux yang sangatlah komples, jika kalian ingin benar benar memahaminya silahkan untuk meng-eksplore satu per satu dari perintah perintah tersebut, dan untuk series #4 dalam tema perintah dasar terminal linux ini selesai. akan dilanjut dengan series #5 dengan topik pembahasan yang baru tentunya.