Pernahkah kalian menyalakan laptop terus mengalami windows startup repair ? Jangan panik dulu, karena laptop kalian sedang memperbaiki dirinya sendiri sebelum untuk menyala dengan normal kembali. Biasanya pada proses ini membutuh waktu beberapa menit saja jika kalian sabar menunggunya. Berikut adalah penjelasan tentang stratup repair pada windows laptop kalian.

Start up repair merupakan salah satu fitur dari windows yang memungkinkan kalian untuk memperbaiki sistem windows yang rusak. File yang rusak ini akan menyebabkan windows tidak dapat booting dengan normal. Startup repair merupakan sistem yang dimiliki oleh windows yang mana merupakan system recovery tool untuk memperbaiki masalah penyebab kegagalan loading (gagal booting). Startup repair bisa memperbaiki masalah pada sekitar file sistem yang rusak atau hilang. Sedangkan startup repair tidak bisa memperbaiki masalah pada hardware dan personal data lainnya. Startup repair hanya akan menemukan kerusakan dalam windows kalian dan memperbaikinya secara otomatis. Pada prosesnya, laptop kalian akan mengalami restart beberapa kali.

windows sering startup repair

windows sering startup repair

Penyebab dari Laptop Startup Repair antara lain adalah :

  • Terdapat File Windows Yang Rusak

Saat instalasi windows pada laptop, akan menghasilkan ratusan bahkan ribuan file yang ada dalam laptop. Sebagai pengguna, tidak semua bisa menghafal dan mengidentifikasi pada setiap file yang ada di instalasi windows. Hal umum yang terjadi, instalasi windows berada di local disk C. Windows sendiri memiliki banyak versi, mulai dari windows xp, windows 7, windows vista, windows 8, hingga yang terbaru adalah windows 10. Pada setiap jenis windows memiliki karakter tertentu. Maka dari itu, penggunaan atau perawatan windows memiliki trik tertentu pada setiap serinya.

Artike Lainnya  Cara Membuat Folder Baru Windows

Apabila salah satu file pada windows rusak, maka secara otomatis windows akan memperbaiki diri dengan memunculkan startup repair saat kalian menyalakan laptop. Pada saat inilah startup windows akan mendeteksi filenya sendiri dan memperbaikinya.

  • Laptop Sering Mati Mendadak

Penyebab yang kedua ini masih memiliki hubungan dengan penyebab pertama. Pada umumnya laptop yang mati mendadak akan merusak file tertentu dalam windows. Bisa saja terjadi laptop tiba-tiba berada dalam safe mode karena hal ini. Tetapi jika parah, laptop akan masuk dalam startup repair. Yang perlu kalian lakukan hanya menunggu hingga laptop kalian normal kembali. Untuk mengatasi hal ini, seringlah periksa kondisi baterai laptop. Jangan mencharge laptop saat baterai kurang dari 10%. Itulah salah satu dari kebiasaan yang meenyebabkan laptop cepat rusak. Ada baiknya kalian mulai mencharge laptop ketika baterai kurang lebih 20%. Ini adalah salah satu cara untuk menghindari laptop mati mendadak karena kehabisan baterai. Apabila tidak memungkinkan untuk mencharge laptop, sebaiknya matikan laptop kalian sesuai dengan aturannya. Ini juga adalah salah satu cara untuk merawat laptop dan menjaga umur baterai laptop dengan baik.

  • Merubah Kesalahan Pada Beberapa File Windows

Penyebab dari startup repair windows sebagian besar adalah karena adanya file yang rusak. Kerusakan file ini bisa disebabkan lebih dari satu. Salah satunya adalah kalian tidak sengaja memindah file windows ke folder yang lain. Hal ini bisa terjadi saat kalian membuka instalasi windows yang berada di sistem C dan merubah tempatnya. Selain merubah tempat, kalian juga menghapus file dan menduplikatnya sehingga menyebabkan windows tidak berfungsi dengan normal.

Itulah beberapa hal penyebab windows sering startup repair, merawat laptop dengan baik salah satu caranya adalah menjaga file-file asli instalasi windowsnya sejak awal. Kalian juga bisa menginstal ulang kembali windows pada laptop.

Artike Lainnya  Aplikasi Pembuat Logo terbaik di PC dan Android