Mengecek kesehatan batrai di laptop cukuplah penting dilakukan untuk tetap menjaga performa laptop yang kita gunakan. Baterai, perangkat penyimpanan daya, sangat praktis menggunakanya ketimbang harus mencolokan charger ke listrik secara terus menerus ketika kita mau menggunakan laptop. Sudah sewajarnya baterai laptop atau baterai apapun jika sudah digunakan dalam jangka waktu lama akan mengalami penurunan daya. kebanyakan orang tidak menyadarinya ketika tiba tiba baterai mereka ngedrop padahal baru saja di charge full, sangat mengganggu aktifitas pekerjaan kita apalagi jika kita sedang diluar dan tidak ada tempat pengisian baterai. Seandainya hal seperti itu sudah diketahui sebelumnya, pastilah kita sudah lebih siap dan mengantisipasinya. Berikut saya akan kasih tahu cara cara mengecek kesehatan baterai.

  • Menggunakan CMD

Cara pertama yang saya berikan cukup mudah tidak perlu menginstal aplikasi lagi, microsoft windows telah menyediakan fitur ini tinggal teman teman mengikuti langkah langkahnya saja.

  1. Pertama buka CMD, cari di kolom pencarian start ketikan cmd atau menggunakan tombol kombinasi windows + R masuk ke Run ketikan CMD.
  2. Setelah masuk ketikan “powercfg /batteryreport” terus enter
  3. Setelah itu ditampilkan letak file pengecekan baterai kita
  4. Tinggal kita cari file tersebut masuk ke File Explorer dan buka filenya, contoh hasilnya seperti ini
  5. mengecek kesehatan batrai laptop

Itu dia contoh hasilnya, jika DESIGN CAPACITY dengan FULL CHARGE CAPACITY nilainya tidak sama berarti baterai sudah mulai mengalami penurunan kapasitas. atau bisa juga dengan cara membagi nilai FULL CHARGE CAPACITY dengan DESIGN CAPACITY terus dikali dengan 100. Dari contoh yang diatas hasilnya adalah 100%, semakin rendah persentasenya maka semakin menurun kapasitas baterainya.

  • Menggunakan Batteryinfoview

Cara yang satu ini perlu install terlebih dulu bisa didownload di web resminya, cara install nya cukup mudah. Setelah teman teman membukanya tampilanya kurang lebih seperti ini

mengecek kesehatan batrai laptop

Tools ini akan memberikan informasi lengkap mengenai baterai, mempunyai 2 menu yang sangat penting yaitu show battery information dan show battery log. atau dengan cara klik F7 untuk show battery information kemudian F8 untuk show battery log. Persentase kesehatan dari baterai ada pada baris Battery Health.

  • Menggunakan BatteryCare

Hampir sama seperti sebelumnya kita perlu menginstall aplikasi, bisa didapatkan di situs resmi aplikasi tersebut.

mengecek kesehatan batrai laptop

ini contoh hasil penginstalan aplikasi battery care, tersedia juga versi portable. cukup lengkap informasi yang ditampilkan. Untuk mengecek kerusakan baterai pada kolom Detailed Information akan ditampilkan Wear Level berapa persen baterai sudah mengalami kerusakan.

Itu dia tiga cara yang bisa teman teman lakukan untuk mengecek kesehatan batrai laptop dengan software yang ada. Segera cek kondisi baterai teman teman secepatnya agar dapat ditangani sebelum mengalami kerusakan secara tiba tiba, yang bisa mengakibatkan terganggunya pekerjaan. Excellent Computer menyediakan juga berbagi baterai laptop dari semua merek, Untuk alamat lengkap Excellent computer Semarang dan Salatiga bisa dilihat di google maps. jangan lupa follow semua akun media sosial Excellent Computer dan subscribe akun Youtube nya OK.