Di era modern ini, laptop dan PC sudah menjadi teman kita sehari-hari. Apalagi jika Anda sudah familiar dengan GUI sistem OS seperti Windows. Windows yang sehari-hari kita gunakan lancar tanpa ada masalah, ketika di saat yang tidak terduga tiba-tiba Windows mengalami masalah yang tidak kita ketahui penyebabnya. Pastinya akan merepotkan jika teman kerja kita satu ini sudah ngambek.

Biasanya saya akan selalu mencari fitur recovery agar teman kita ini tidak ngambek lagi, namun jika Anda tidak yakin dengan penyebab masalah dan cara mengatasinya, simak beberapa tips dibawah ini yang bisa Anda coba :

  • System restore point

Sebenarnya System Restore Point ini sudah ada pada Windows sejak adanya Windows XP. Restore Point ini bekerja dengan cara mengembalikan isi hardisk pada kondisi tertentu sama seperti proses backup, sehingga sistem akan mengembalikan isi hardisk seperti semula dan data sebelumnya akan hilang.

Fitur ini perlu diaktifkan terlebih dahulu karena tidak aktif secara otomatis, berikut ini cara mengaktifkannya :

a. Cari Windows Explorer dari Start Menu

b. Cukup klik tombol mouse 2 pada ikon PC ini dan kemudian cari tab Properties

c. Arahkan kursor Anda untuk mencari Advance System Settings dan kemudian cari System Protection.

Jika Windows 10 Anda ngambek lagi karena salah install program atau software yang membawa virus dan malware. mungkin System Restore Point ini bisa membantu.

  • Reset Laptop atau PC Anda

Jika Anda tidak ingin data yang baru saja dikirim oleh Bos Anda juga hilang? Reset this PC bisa jadi pilihan yang tepat! Anda bisa mengakses fitur Reset this PC di Windows 10 dengan cukup mudah, caranya berikut ini :

  1. Buka dan cari menu settings dengan logo gear (biasanya dibawah picture)
  2. Cari tab Update & Security lalu arahkan kursor ke menu Recovery

Akan muncul dua pilihan perbaikan, yaitu Keep my Files dan Remove Everything. Kemudian sesuaikan dengan kebutuhan Anda.

  • Go back to an earlier build

Jika ingin bernostalgia dengan Windows lama tapi tetap ingin menyimpan data penting yang sebelumnya? Go back to an earlier build dapat membantu.

Artike Lainnya  Keunggulan dan Kekurangan Topologi Peer to Peer

Tanpa install ulang windows, kamu tidak perlu repot untuk mendownload sistem OS lama hingga kamu menunggu hingga akhir bulan, fitur “Go back to an early build” ini bisa mengembalikan kondisi Windows 10 seperti sebelum update OS Windows. Fitur ini bekerja sama seperti restore sistem, hanya saja file yang ditambahkan setelah update akan hilang setelah menggunakan fitur ini.

Itulah bagaimana cara Memperbaiki Windows 10 . Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.