Pengenalan OS Linux

Pada kesempatan kali ini kita akan akan melakukan pembahasan OS Linux secara rutin. dalam kesempatan kali ini kita akan membahasa mengenai OS Linux, OS linux sendiri merupakan salah satu sistem operasi yang cukup populer di dunia terutama dalam masalah sistem operasi khusus untuk server di seluruh dunia. OS linux sendiri dikenal karena dengan sifatnya yang Open Source/GNU, yakni suatu lisensi mengharuskan siapapun yang mendistribusikan kernel linux harus membuat kode sumber (dan semua modifikasi atas itu) tersedia bagi pengguna dengan kriteria yang sama. Nah untuk pada Series perdana kali ini kita akan membahas hal-hal dasar dan pengenalan OS Linux, dimulai dari sejarah, penamaan, hingga versi-versi linux dan cara penggunaannya dalam real study case. kita nanti kemungkinan juga akan mendemokan bagaimana membuat server linux dan juga cara tata kelolanya. jadi silahkan simak terus Artikel Series ini.

 

Sejarah OS Linux

Pada awalnya Linux dikembangkan oleh Linus Torvalds pada tanggal 25 Agustus 1991 dan diumumkan di sebuah News Group comp.os.minix . Linus saat itu merupakan salah satu mahasiswa Ilmu Komputer di Universitas Helsinki, Finlandia. Linus mulai untuk membuat versi non-komersial pengganti MINIX sewaktu ia belajar di Universitas Helsinki, Hasil kerjaannya itu yang kemudian akan menjadi kernel Linux. Minix sendiri sebuah sistem bertipe Unix yang ditujukan untuk penggunaan akademis dirilis oleh Andrew S. Tanenbaum pada tahun 1987. Kode sumber MINIX 1.0 tercantum dalam bukunya Operating Systems: Design and Implementation. Walaupun dapat secara mudah didapatkan, modifikasi dan pendistribusian ulang tidak diperbolehkan pada saat itu. Hak cipta dari kode sumbernya termasuk ke dalam hak cipta dari bukunya yang dipublikasikan oleh Prentice Hall. Sebagai tambahan, disain versi 16-bit dari MINIX kemudian tidak secara baik diadaptasikan kepada versi 32-bit dari arsitektur Intel 386 yang murah dan populer yang digunakan secara luas di komputer pribadi.

Pengembangan demi pengembangan terus dilakukan oleh Linus Torvalds bersama kawannya yang tertarik dengan Linux, ini karena Linux sendiri merupakan project yang open source. Dalam perkembangan hingga sekarang Linux sudah terdapat Distribusi Linux atau yang lebih dikenal dengan Distro Linux. Oh ya dalam perkembangannya hingga saat ini Linux sudah tidak lagi menjadi suatu operating system yang resmi akan tetapi menjadi sebuah Kernel(inti) Sistem Operasi GNU, maka dari itu terdapat berbagai jenis varian Linux yang ada dari dikembangkan oleh perorangan atau kelompok kecil hingga dibuat dan dikembangkan oleh yayasan perusaahan dunia seperti Redhat yang sukarela mengembangkan distro fedora atau Canonical dengan mengembangkan distro Ubuntu.

Artike Lainnya  Cara menambahkan bahasa arab di windows 10

Seperti sistem operasi lainya Linux memiliki logo yang cukup ikonik yakni pinguin yang sedang duduk bernama TUX, nama tux sendiri kepanjangan dari Linus Unix, Logo Tux dimulai saat Linus Torvalds sedang berjalan-jalan di taman Perth. Saat sedang berjalan Linus Torvalds di patok oleh seekor Pinguin dan demam selama berhari-hari. Linus berpikir bahwa karakter pinguin cocok untuk menjadi logo dari sistem operasi barunya itu. Maka diadakan sebuah kompetisi untuk mendesain Logo Linux yang baru, dan kompetisi itu dimenangkan oleh Larry Ewing yang berhasil menggambarkan seekor pinguin yang sedang duduk.

Tux logo linux

TUX Logo Linux

Perkembangan OS Linux

Dalam perkembangan Linux ini cukuplah pesat, banyak developer dari seluruh dunia berlomba lomba membuat Distro Linux yang sesuai perkembangan jaman dan sesuai kebutuhan secara tepat, para pengembang bisa berasal dari kalangan perorangan, komunitas hingga kelas perusahaan besar untuk keperluannya mereka. dan juga beberapa dari Super Computer yang ada didunia menggunakan sistem operasi Linux. dalam Distro Linux terdapat beragai macam kategori mulai dari penggunaan desktop harian, keamanan, server, multimedia, dan gaming.

Jika kalian ingin melihat perkembangan distro linux diseluruh dunia yang sudah banyak pengguna silahkan menuju link distrowatch.com , disana terdapat berbagai jenis informasi mengenai distro linux dari yang paling banyak diunduh atau os yang sedang terkenal dalam seminggu terakhir. karena linux bersifa open source maka tidak ada namanya pendanaan promosi untuk menggunakan linux akan tetapi dalam mempromosikan linux dengan cara online melalui webminar gratis, kulgram, dan juga group/ milist group dari berbagai belahan dunia ada juga yang melalui group facebook, website forum dan juga pembetukan komunitas masing masing kota/ negara. ini akan lebih cepat karena para linux user yang langsung mempromosikannya secara mulut ke mulut.

Distro Linux

Karena saat ini linux sudah hanya menjadi “kernel os” maka dalam perkembangannya banyak yang membuat distro, berikut ini beberapa contoh mengenenai linux dari berbagai jenis distro. ini merupakan beberapa versi distro yang sudah sangat terkenal saja.

Artike Lainnya  berbagai Jenis dan fungsi printer

Distro Security

1. Kali Linux

ya anda tidak salah baca, katena mungkin sebagian orang indonesia mengenal kali merupakan Sungai. Kali Linux merupakan salah satu distro linux bidang security yang begitu terkenal diseluruh dunia. dan juga digunakan oleh para IT Security Profesional dalam melakukan perkerjaanya. Kali Linux sendiri dikembangkan oleh Offsensive Security yang berbasis di Amerika Serikat. Ini merupakan proyek lanjutan dari OS sebelumnya yang bernama Backtrack Linux.

kali linux

2. DracOS

DracOS adalah salah satu distro linux di bidang security yang dibuat oleh para anggota komunitas DracOs dan juga Indonesia Backtrack Team. IBT adalah salah satu komunitas pakar keaman yang terkenal diindonesia. pada saat pengembangan distro Backtrak terhenti dan digantikan oleh Kali Linux maka para anggota komunitas tersebut melakukan pengembangan distro LFS dengan tujuan untuk membantu para IT Security profesional dalam pekerjaanya. saat ini pengembangan DracOS masih terus berlanjut. kalian bisa mengunjungi websitenya di www.dracos-linux.org

DracOS

Distro Daily User

1. Ubuntu

Ubuntu merupakan salah satu distro linux yang paling terkenal didunia, dalam perkembanganya ubuntu terlah bertranformasi dari linux distro biasa menjadi distro linux easy to use paling populer yang setiap perilisan versi baru ubuntu akan diadakan Realese Party dari berbagai komunitas pengguna linux diseluruh dunia. pada tahun 2010 kebawah ubuntu pernah membagikan CD Installer secara gratis dan dikirimkan ke berbagai belahan dunia untuk digunakan, akan tetapi sekarang kita dapat mengunduhnya secara mudah diinternet. distro linux ini sangat cocok digunakan untuk para pemula yang ingin mencoba linux tanpa takut merasa kesusahan. karena banyak juga artikel maupun komunitas yang mendedikasikan waktunya untuk membantu sesama pengguna distro ubuntu ini.

distro linux ubuntu

source: fossbyte.com

2. Linux Mint

Linux mint merupakan salah satu distro yang cukup banyak penggunanya, komunitasnya juga tersebar diseluruh dunia, artikel tentang distro linux ini juga sangatlah banyak. di indonesia linux mint sering digunkan dalam sehari hari karena kemudahan dalam pengoperasianya, ringan dan tentu saja tampilan linux mint yang bagus dan elegan.

linux mint

 

Distro Server

1. Redhat

Ini adalah distro linux yang banyak digunakan dalam server kelas enterprise diseluruh dunia. berbeda dari distro yang lain distro ini tidak bisa didapatkan secara gratis, akan tetapi kalian bisa membelinya kepada pengembang redhat dengan harga yang tidak murah, distro ini banyak jenis harga karena dalam model pembelianya dihitung dengan 1 core processor 1 lisensi redhat. jadi bisa saja harga linux redhat ini hingga 1 miliar lebih. harga ini tentu sebanding dengan performa dan fitur yang ditawarkan oleh redhat maka dari itu banyak perusahaan kelas dunia yang menggunakan redhat ini sebagai os server mereka. distro ini juga memiliki distro turunan yakni Fedora yang dikususkan untuk daily use, dan CentOS sebagai versi “gratis” dari os server redhat.

redhat linux

source: phoronix.net

2. Debian

Artike Lainnya  Cara mengatasi sound tidak bunyi di windows 10

Distro Debian adalah salah satu distro server/desktop yang terkenal didunia ini. di indonesia sendiri distro debian dimasukan dalam materi pelajaran SMK terutama jurusan TKJ. distro debian mempunyai banyak turunan os yang juga terkenal seperti Ubuntu, akan tetapi dalam prakteknya debian juga sering digunakan untuk menjadi server karena distro ini tidaklah berbayar seperti redhat yang harganya sangatlah tinggi. walaupun didapatkan secara mudah dan gratis karena opensource distro debian sangatlah powerfull untuk dijadikan sebagai server baik skala kecil hingga besar.

linux debian

 

Distro Multimedia

1. Ubuntu Studio

ini salah satu distro linux multimedia yang terkenal karena kelengkapannya software untuk multimedia, ubuntu studio ini merupakan versi ubuntu yang telah dimodifikasi untuk keperluan multimedia sehingga tidak perlu susah panyah untuk install aplikasi satu-satu dan juga driver-driver untuk berbagai perangkat multimedia yang telah tersedia. Ini berisi daftar perangkat lunak audio untuk mengedit dan pemutaran ardour, audacious, mixxx dan banyak lagi yang menakjubkan. Desain grafis dan pemodelan juga disertakan dengan aplikasi seperti GIMP, Inkscape dan Blender, disertakan dengan plugin seperti dcraw untuk membantu file RAW kamera dan wacom. PiTiVi Kino, serta Cinepaint untuk penciptaan video. dengan kelengkapan fitur tersebut maka dari itu linux ubuntu studio begitu popular oleh kalangan profesional multimedia.

ubuntu studio

Distro Gaming

1. Steam OS

Nah jika kalian para gamers pasti tau apa itu Steam. steam adalah suatu platform digital untuk para game developer untuk menjual game buatan mereka yang dibawah naungan steam, dan steam sendiri mendukung sistem operasi Windows dan Linux. nah maka dari itu distro SteamOS hadir untuk memudahkan para gamer dalam memaikan game favorit mereka.

distro steam os

Nah itu dia teman-teman mengenai artikel series pertama ini, series Pengenalan dasar OS Linux pada kali ini cukup sampai pada pengenalan contoh distro, untuk artikel series kedua nanti akan sedikit lebih membongkar secara lebih banyak lagi mengenai linux.