Banyak orang sekarang menggunakan komputer dan perangkat mobile, dan tahukan kalian sistem apa yang ada pada perangkat tersebut, yuk kita bahas mengenai pengertian sistem operasi komputer ini beserta fungsi dan jenisnya, dan tidak lupa kita akan mention sistem operasi perangkat mobile seperti smartphone dan tablet yang biasa kita jumpai.

Begitu juga dengan komputer, banyak orang yang mengira bahwa sistem operasi yang digunakan oleh komputer hanya Windows saja. Padahal masih terdapat sistem operasi yang lainnya selain Windows. Jika berbicara mengenai sistem operasi, apakah kalian tahu apa fungsinya? Lalu seberapa pentingnya kehadiran sistem operasi di dalam sebuah gadget ataupun komputer? Berikut penjelasannya.

A. Pengertian Sistem Operasi

Pengertian Sistem operasi komputer atau yang sering disebut OS adalah sebuah sistem perangkat lunak yang mempunyai tugas untuk mempermudah komunikasi antara perangkat dengan aplikasi yang juga dihubungkan dengan pengguna atau user. Selain itu juga, OS ini sangat berperan penting dalam menjalankan suatu aplikasi agar dapat berjalan dengan baik.

Dengan kata lain, komputer atau gadget baru bisa dijalankan dengan baik jika sudah tertanam sistem operasi. Tanpa adanya sistem operasi tersebut, pengguna akan kesulitan menjalankan sebuah aplikasi. Ketia komputer atau sebuah gadget dinyalakan pertama kali, pada saat itu juga sistem operasi ikut berjalan.

B. Fungsi Sistem Operasi

Sistem operasi tentunya memiliki peran yang sangat berarti untuk komputer dan juga gadget. Selain seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, fungsi dari sistem operasi yang lainnya adalah sebagai berikut.

  • Menjalankan Operasi Dasar Sistem

Salah satu fungsi utama dari adanya sistem operasi. Sistem dasar suatu komputer dan juga gadget merupakan sebuah komponen yang sangat penting dalam kinerjanya, Sebelum masuk pada fungsi-fungsi yang lain, sistem dasar komputer juga harus berjalan terlebih dahulu agar nantinya aplikasi maupun program yang lain bisa berjalan sebagaimana mestinya.

  • Memudahkan Pengguna

Dengan adanya sistem operasi maka pengguna dapat dengan mudah menjalankan program ataupun aplikasi di dalam komputer maupun gadget. Selain itu juga, tampilan pada komputer yang selama ini kita lihat juga merupakan hasil dari sistem operasi. Tampilan interface yang selama ini diperlihatkan juga merupakan hasil terjemahan dari sebuah bahasa pemrograman yang berasal dari CPU. Yang selanjutnya diolah kembali oleh sistem operasi sehingga dapat kita menegerti sampai saat ini.

  • Tempat Menjalankan Program

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya bahwa tanpa adanya sistem operasi, maka suatu program ataupun aplikasi akan sulit untuk dijalankan. Karena sistem operasi bisa diibaratkan seperti wadah yang menopang sebuah aplikasi. Maka dari itu, sistem operasi harus ada di dalam komputer.

  • Mengawasi Jalannya Suatu Program

Mungkin kalian pernah melihat saat ada suatu aplikasi yang error, maka akan muncul pesan peringatan dari komputer, Lalu peringatan tentang adanya virus, peringatan saat akan menghapus suatu file, dan lain-lain. Peringatan-peingatan seperti itu juga merupakan fungsi dari sistem operasi. Sistem operasi sudah didesain sedemikian rupa agar menjadi pengawas jika pengguna melakukan kesalahan. Contohnya saja, ketika kita tidak sengaja menghapus file padahal tidak bermaksud untuk menghapusnya, namun karena sebelumnya sudah ada peringatan terlebih dahulu, maka file tersebut tidak jadi terhapus.

C. JenisĀ  Sistem Operasi

Seperti yang sudah dipaparkan sebelumnya, sistem operasi yang dipakai pada komputer kebanyakan adalah Windows. Padahal jenis-jenis sistem operasi ada banyak macamnya, berikut penjelasannya.

  • Microsoft Windows

Microsoft Windows adalah sebuah sistem operasi yang paling banyak digunakan di dunia saat ini, khususnya pada perangkat komputer. Hingga saat ini, Microsot sudah menciptakan windows yang paling baru yakni Windows 10 sejak tahun 2015. Meskipun kekurangan dan kelebihan pada microsoft windows cukup terlihat, Windows tetap saja menjadi sistem operasi terpopuler karena sistemnya yang mudah digunakan oleh siapapun. Bahkan, orang yang belum mengenal komputer sekalipun juga dapat menggunakannya dengan mudah.

  • Mac OS X

Mac OS adalah sebuah sistem operasi yang dibuat oleh perusahaan bernama Apple. Pada umumnya sistem operasi ini hanya terpasang pada komputer Macintosh saja atau yang biasa disebut Mac. Sampai saat ini, versi terbaru Mac OS ini adalah versi 10 atau yang biasa disebut Mac OS X. Nama kode versi terbarunya adalah Catalina yang rilis sejak bulan Desember 2019. Pengguna dari Mac OS sendiri cukup banyak, meskipun tidak sebanyak pengguna Windows. Salah satu alasan mengapa Mac OS penggunanya lebih sedikit dari Windows adalah dari harganya yang cenderung lebih mahal.

Linux merupakan salah satu sistem operasi yang cukup diminati para programmer. Mengapa bisa begitu? karena Linux termasuk sistem operasi yang open source yang artinya sistem ini mudah didapatkan dan mudah dimodifikasi ulang oleh penggunanya. Selain itu juga, Linux merupakan salah satu jenis sistem operasi jaringan, dan segi sistem keamanan juga aman terjaga. Satu hal lagi kenapa programmer betah menggunakan linux adalah dapat mendukung bahasa pemograman. Maka dari itu, tidak banyak orang yang menggunakan sistem operasi ini jika dibandingkan dengan pengguna Windows atau Mac OS. Meskipun begitu, kekurangaan dan kelebihan linux juga selalu menjadi pertimbangan pengguna.

  • BSD Family

Sistem operasi BSD ini lebih banyak digunakan untuk sistem operasi komputer server dan perangkat enterprise lainya yang membutuhkan tingkat keamanan dan stabilitas yang sangat tinggi. BSD ini kurang populer dikalangan os desktop karena pengemembangannya memang lebih diarahkan sebagai os khusus server, variasn BSD os ini ada beberapa seperti: openBSD, Dragonfly BSD, freeBSD, netBSD dan lainya. jika kalian ingin mencoba antarmuka dari keluarga BSD ini bisa mencobanya dengan FreeBSD yang bisa di download di: https://www.freebsd.org/

  • Android & IOS

Untuk para pengguna smartphone pasti sudah tidak asing lagi dengan sistem operasi Android. Sistem operasi ini adalah konsep dari linux yang lebih dikhususkan kepada smartphone dan komputer tablet. Pada awal kemunculannya Android ini dibuat oleh Android.inc namun Google sudah membeli sistem operasi ini sejak tahun 2005. Pada tahun 2007, sistem operasi Android sudah resmi diluncurkan. Hingga saat ini sistem operasi Android sudah mencapai tingkat 10 atau biasa disebut Android Q. Dan kemudian IOS atau I operating system adalah os mobile yang dibuat oleh Apple, Inc. yang merupakan penciptan perangkat Iphone, sistem ini dibangun secara closed source sama seperti Macos yang digunakan perangkat macbook maupun imac. ios ini sudah hingga versi 12 yang digunakan pada iphone 10 series

Itulah artikel tentang pengertian Sistem Operasi Komputer Beserta Fungsi dan Macam-Macamnya, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi pembaca. Terimakasih.