Pernahkah anda mengalami masalah ketika mengunggah sebuah file ke platform social media atau yang lainnya ? salah satu penyebabnya mungkin karena file yang di unggah tidak memenuhi syarat atau kriteria. Hal ini pernah saya alami ketika ingin mengupload sebuah file video pada social media whatsapp, ketika itu muncul sebuah notif peringatan bahwa ekstensi video yang akan saya upload tidak sesuai dengan format yang ada di aplkasi. Ketika saya cari tau ternyata whatsapp hanya support untuk format video mp4 saja, sedangkan video yang akan saya upload formatnya adalah “WebM”, untuk lebih jelasnya lihat gambar dibawah.

cara merubah format file

Nah pada artikel ini saya akan membahas cara merubah format sebuah file dengan menggunakan software Format Factory di PC. Bagi yang belum tahu apa itu Format Factory, adalah sebuah software untuk mengubah sebuah format atau ekstensi file. Tidak hanya format video saja namun bisa merubah format audio, picture, document, rom device, dan utilities.

Berikut adalah cara merubah format file di format factory :

  • Pindahkan file yang bermasalah ke komputer
  • Masuk ke aplikasi format factory, pada bagian ini anda akan melihat berbagai jenis file yang bisa diubah ekstensinya
  • Pilih menu video dengan icon mp4, karena kita akan mengubah formatnya menjadi mp4

cara merubah format file

 

  • Cari file yang tadi sudah dipindah ke computer, dengan cara klik Add file atau tambah file dan pastikan file sudah terbaca. Kemudian klik OK jika sudah.
Artike Lainnya  Cara cek versi build microsoft windows

cara merubah format file

  • Klik start untuk memulai proses encode dan tunggu hingga proses selesai

(gambar : proses encode)

  • Jika sudah selesai maka file akan ada di folder output, anda bisa cek di bagian pojok bawah aplikasi untuk mengetahui letaknya. Umumnya jika pengaturan default pada aplikasi maka folder output ada di system C pada folder video.

  • Tahap terakhir adalah tinggal memindahkan file output ke HP anda kembali, dan silahkan coba upload ulang video yang sudah di ubah formatnya tadi.

Pada tahap ini sudah selesai proses nya, anda bisa lakukan langkah yang sama untuk mengubah format file lainnya. Itulah cara merubah format file dengan menggunakan aplikasi format factory di PC, semoga artikel ini dapat bermanfaat bagi anda. Terimakasih.