Pemilihan konektor display untuk menghubungkan VGA card atau vga onboard adalah hal yang sepele, pada umumnya anda hanya menyesuaikan antara computer dengan monitor anda. Kebanyakan pasaran standard monitor masih mempertahakan port VGA biarpun ada beberpada monitor terbaru yang sudah menggunakan hdmi dengan refresh rate yang tinggi.

Untuk mempermudah biasanya anda hanya memerlukan converter port display ke VGA. Dalam artikel kali ini akan kita sajikan macam-macam converter display to VGA agar anda tidak salah dalam meilih conveter yang cocok.

Pengertian port VGA kelebihan dan Kelemahanya

Konector VGA adalah konektor yang paling sering digunakan dan paling banyak digunakan untuk kebutuhan komersial. Konektor ini hadir dalam bentuk D-Sub 15 pin dengan kepala berwarna biru dan menghantarkan sinyal analog. Konektor VGA merupakan konektor berumur paling tua yang masih bisa dijumpai di VGA card modern. Konektor ini masih banyak dijumpai di monitor-monitor berharga murah yang ada saat ini.

Sedangkan Resolusi maksimal yang didukung oleh konektor ini bila dipasangkan dengan kabel berkualitas baik adalah : 2048 x 1536 di 85 Hz. Resolusi yang umum digunakan saat ini, 800 x 600 , 1280 x 720 , 1360 x 768, 1600 x 900, hingga 1920 x 1080, konektor yang satu ini memang masih bisa mendukungnya.

Kekurangan jenis konector ini : karena menggunakan sinyal analog, penggunaan konektor yang satu ini umumnya membawa tampilan yang tidak setajam konektor dengan sinyal digital saat digunakan di monitor LCD. Selain itu resolusinya hanya maskimal full HD 1920 x 1080 belum mendukung 4K.

Artike Lainnya  Cara Membuat Bingkai di Microsoft Word

Sinyal analog juga membuat Anda akan kehilangan beberapa fitur yang bisa jadi sudah didukung oleh VGA card Anda ketika menggunakan konektor ini, khususnya fitur yang mengharuskan penggunaan sinyal digital, seperti tampilan 3D, G-Sync/Free Sync, serta AMD VSR/NVIDIA DSR.

Kelebihan dari konektor jenis ini adalah :

Dapat menghantarkan sinyal hingga jarak 40 meter tanpa perlu penguat sinyal dengan catatan kualitas kabel yang digunakan harus tinggi. Hal itu akan sangat bermanfaat bila jarak antara PC dengan monitor, atau biasanya proyektor, cukup jauh. Maka dari itu biasanya pemasangan lcd proyektor menggunakan kabel jensi VGA.

Dan inilah Jenis Display Converter komputer ke monitor yang relatif murah , supaya anda tidak salah memilih jenis converter anda dapat melihat dibawah ini yang pastinya ready di outlet kami.

1. HDMI to VGA converter harga berkisar antara 75K

2. MINI HDMI to VGA converter harga berkisar antara 75K

3.MICRO HDMI to VGA converter harga berkisar antara 75K

4. THUNDERBOLT to VGA converter harga berkisar antara 85K

5. TYPE-C to VGA converter harga berkisar antara 125K

6. DISPLAYPORT to VGA converter harga berkisar antara 75K

7. DVI to VGA converter harga berkisar antara 125K

Sekian dulu artikel tentang Jenis Display Converter komputer ke monitor ini dan semoga post ini bermanfaat apabila anda ingin mencari refensi untuk memilih jenis konveter yang sesuai untuk PC dan Monitor anda. Jika anda bingung dimana anda dapat mendapatkan barang tersebut, toko kami juga menyediakannya.