Windows Registry adalah database hirarkis yang berisi semua konfigurasi dan pengaturan yang digunakan oleh semua aplikasi dan layanan yang ada di windows.

Registri memiliki dua konsep dasar yang harus diperhatikan: Key (Kunci) dan Value (Nilai). Key Registry adalah objek yang pada dasarnya folder, dan dalam antarmuka terlihat seperti folder. Value agak mirip dengan file di folder, dan berisi pengaturan sebenarnya.

Ketika Kita membuka Registry Editor untuk pertama kalinya, Kita akan melihat tampilan pohon di panel sebelah kiri yang berisi semua kunci, dengan nilai di sisi kanan.

registri aplikasi windows

Root yang Kita lihat di sisi kiri sangat penting. Masing-masing memiliki kumpulan informasi yang berbeda, jadi tergantung pada apa yang Kita coba lakukan, Kita harus tahu bagian mana yang akan dilihat.

Hal menarik yang kebanyakan orang tidak tahu adalah bahwa tiga dari lima item di tingkat root sebenarnya tidak ada … mereka hanya tertaut ke item di bawah di salah satu kunci lain.

HKEY_CLASSES_ROOT

Windows menggunakan bagian ini untuk mengelola asosiasi jenis file, dan biasanya disingkat HKCR ketika dirujuk dalam dokumentasi. Kunci ini sebenarnya hanyalah tautan ke HKLM \ Software \ Classes.

Kita juga dapat menggunakan bagian ini jika Kita ingin mengubah menu konteks untuk jenis file tertentu.

HKEY_CURRENT_USER

Menyimpan pengaturan pengguna untuk pengguna yang saat ini login, dan biasanya disingkat HKCU Ini sebenarnya hanyalah tautan ke HKEY_USERS \. Sub-kunci terpenting di sini adalah HKCU \ Software, yang berisi pengaturan tingkat-pengguna untuk sebagian besar perangkat lunak Kita.

HKEY_LOCAL_MACHINE

Semua pengaturan di seluruh sistem disimpan di sini, dan biasanya disingkat menjadi HKLM. Sebagian besar Kita akan menggunakan tombol HKLM \ Software untuk memeriksa pengaturan mesin.

Artike Lainnya  Cara Memulihkan Lupa Password Pada Laptop

HKEY_USERS

Menyimpan semua pengaturan untuk semua pengguna pada sistem. Kita biasanya akan menggunakan HKCU, tetapi jika Kita perlu memeriksa pengaturan untuk pengguna lain di komputer Kita, Kita dapat menggunakan yang ini.

HKEY_CURRENT_CONFIG

Menyimpan semua informasi tentang konfigurasi perangkat keras saat ini. Yang ini tidak sering digunakan, dan ini hanya tautan ke HKLM \ SYSTEM \ CurrentControlSet \ Hardware Profiles \ Current.

Membuat Kunci dan Nilai Baru

Mengklik kanan pada key apa saja di sisi kiri jendela akan memberi Kita serangkaian opsi, yang sebagian besar cukup mudah dan mudah dimengerti.

Kita dapat membuat Kunci baru, yang akan muncul sebagai folder di sisi kiri, atau nilai baru, yang akan muncul di sisi kanan. Nilai-nilai itu bisa sedikit membingungkan, tetapi sebenarnya hanya ada beberapa nilai yang digunakan secara teratur.

  • Nilai String (REG_SZ) – Ini berisi apa saja yang cocok dengan string biasa.
  • Nilai Biner (REG_BINARY) – Nilai ini berisi data biner arbitrer.
  • Nilai DWORD (32-bit) (REG_DWORD) – Ini hampir selalu digunakan untuk nilai bilangan bulat reguler, apakah hanya 0 atau 1, atau angka dari 0 hingga 4.294.967.295.
  • QWORD (64-bit) Value (REG_QWORD) – Ini tidak sering digunakan, tetapi pada dasarnya ini adalah nilai integer 64-bit.
  • Nilai Multi-String (REG_MULTI_SZ) – Nilai-nilai ini cukup tidak umum, tetapi pada dasarnya berfungsi seperti jendela notepad. Kita dapat mengetik informasi tekstual multi-baris ke dalam bidang seperti ini.
  • Nilai String yang Dapat Diperluas (REG_EXPAND_SZ) – Variabel-variabel ini memiliki string yang dapat berisi variabel lingkungan dan sering digunakan untuk jalur sistem. Jadi string mungkin% SystemDrive% \ Windows dan akan memperluas ke C: \ Windows. Ini berarti bahwa ketika Kita menemukan nilai dalam Registry yang diatur ke jenis ini, Kita dapat mengubah atau memasukkan variabel lingkungan dan mereka akan “diperluas” sebelum string digunakan.
Artike Lainnya  Cara meningkatkan performa komputer untuk bermain game

Fakta Menyenangkan: DWORD adalah kependekan dari “Double Word,” karena “Word” adalah istilah untuk unit data yang digunakan oleh prosesor, dan ketika Windows dibuat yaitu 16 bit. Jadi “word” adalah 16 bit, dan “Double Word” adalah 32 bit. Sementara prosesor modern semuanya 64-bit, Registry masih menggunakan format lama untuk kompatibilitas.

Menu Favorit

Salah satu fitur yang benar-benar berguna yang sepertinya tidak diperhatikan adalah menu Favorit, yang sangat bagus ketika Kita ingin memeriksa lokasi registri secara teratur. Kita dapat mengekspor daftar favorit dan menggunakannya lagi tanpa harus menelusuri ke tombol dan menambahkannya ke menu favorit. Jadi kita bisa pindah dengan cepat ke pintasan yang kita buat.

Mengekspor File Registry

Kita dapat mengekspor kunci registri dan semua nilai yang terdapat di bawahnya dengan mengklik kanan pada kunci dan memilih Ekspor. Ini sangat penting jika Kita akan membuat perubahan pada sistem Kita.

registri aplikasi windows

Setelah Kita mendapatkan file registri yang diekspor, Kita dapat mengklik dua kali untuk memasukkan informasi kembali ke registri, atau Kita dapat memilih Edit untuk melihat isi di Notepad.

Format file registri cukup sederhana – nama nilai di sebelah kiri, dan nilai aktual di sebelah kanan.

Menetapkan Izin

Beberapa kunci registri tidak mengizinkan Kita melakukan perubahan secara default. Ini umumnya karena Kita tidak memiliki izin untuk kunci tersebut, tetapi Kita dapat menyesuaikan skema izin jika Kita ingin dengan mengklik kanan kunci dan memilih Izin, lalu menyesuaikannya dari sana.

registri aplikasi windows

Memuat Sarang Registry

Kita dapat menggunakan fitur File -> Load Hive untuk memuat registri dari sistem offline. Mungkin Kita mengatasi masalah komputer lain, dan ingin melihat apa yang terjadi di registri untuk sistem yang tidak boot. Jadi Kita mem-boot sistem dari disk penyelamat, atau mungkin live CD Linux, lalu salin file registri ke thumb drive Kita.

Artike Lainnya  3 cara mudah melihat tipe laptop di windows

Sekarang Kita dapat membukanya di komputer lain dan melihat-lihat dengan menggunakan opsi Load Hive.

Di mana file registri ini disimpan?

Kita dapat menemukan sebagian besar dari mereka di folder Windows \ System32 \ Config.

Lihat file SAM, SECURITY, SOFTWARE, dan SYSTEM? Mereka sesuai dengan kunci yang sama di bawah folder HKEY_LOCAL_MACHINE.

registri aplikasi windows

Data untuk cabang HKEY_CURRENT_USER disimpan di folder pengguna Kita, dalam file tersembunyi bernama NTUSER.DAT.