Salah satu upaya untuk melindugi laptop dari pembajakan adalah dengan hadirnya fitur yang ditanamkan pada beberapa laptop saat ini yaitu teknologi fingerprint, fitur ini sangat membantu pengguna untuk mengunci dan melindungi laptop. Dengan fingerprint juga pengguna dapat mengakses laptop dengan mudah tanpa perlu mengingat suatu password. Hanya dengan menempelkan jari, semuanya dapat diakses dengan mudah.

Akan tetapi sensor fingerprint bisa terjadi tiba-tiba error dan tidak merespon untuk diakses, hal ini dikarena kondisi fingerprint dan kondisi jari kita.

Jika terjadi tiba-tiba fingerprint error, tidak perlu panik. Coba lakukan beberapa perawatan sederhana di bawah ini untuk mengembalikan fungsi sensor fingerprint Anda.

  • Cek Sensor Fingerprint

Jika fingerprint bermasalah, langkah pertama yang harus dilakukan adalah mengecek kebersihan sensornya. Karena bagian yang sensitif, sensor harus bersih dari kotoran dan masalah lain seperti debu dan minyak. Yang membuat sensor fingerprint tidak berfungsi karena oli atau debu yang menempel dan menghalangi kerja sensor. Oleh karena itu bersihkan sensor menggunakan minyak kayu putih dan tisu atau kain lembut. Caranya cukup mudah, teteskan sekitar 2 hingga 3 tetes minyak kayu putih pada kain atau tisu, lalu usapkan pada sensor hingga benar-benar bersih. Lakukan ini secara teratur untuk menjaga sensor dalam kondisi baik.

  • Jari Harus Bersih

Sensor fingerprint tidak merespon karena jari pengguna tidak bersih. Adanya keringat atau kotoran kecil yang menempel dapat mengganggu respon dari fingerprint. Oleh karena itu, sebelum menggunakan fitur ini, sebaiknya bersihkan dulu jari Anda dengan tisu kering. Pastikan jari Anda bebas dari apa pun yang dapat menghalangi sensor.

  • Restart Laptop

Jika langkah pertama dan kedua belum membuahkan hasil, maka mau tidak mau perangkat laptop harus direstart. Dengan melakukan restart akan membuat laptop secara otomatis memperbaiki kerusakan atau kehilangan data kecil. Demikian juga fingerprint merupakan kesalahan sementara karena ada kerusakan kecil yang terjadi.

  • Hapus Data Fingerprint

Langkah selanjutnya adalah menghapus data aplikasi fingerprint pada laptop. Jika sudah terhapus dan laptop kembali normal, Anda bisa mengaktifkan kembali sensor tersebut dengan mendownload aplikasi yang sama atau sejenis versi terbaru.

  • Upgrade Versi Aplikasi

Bisa jadi yang membuat sistem sensor fingerprint Anda error adalah aplikasi yang sudah tidak support lagi. Oleh karena itu lakukan upgrade atau upgrade ke versi terbaru. Aplikasi yang kadaluwarsa tentu tidak akan ditanggapi oleh laptop dan juga bisa dianggap sebagai malware.

  • Kembali ke pengaturan pabrik

Pengaturan pabrik adalah pengaturan yang diterapkan pada pengaturan produk saat pertama kali dirilis ke pasar. Kembalikan pengaturan laptop Anda ke pengaturan awal dengan cara factory reset windows. Fingerprint tidak dapat di akses, bisa karena terlalu banyak aplikasi atau kelebihan beban yang mempengaruhi kinerja pada laptop.

  • Dibawa ke Cervice Center

Ini adalah langkah terakhir jika semua cara di atas tidak menemukan jalan keluar. Bawa ke service center resmi, jangan ke service pinggir jalan yang tidak dikenal. Bukannya bagus, bisa jadi jika ditangani oleh tenaga yang tidak profesional justru akan membuat perangkat semakin rusak.

Artike Lainnya  Mengenal tipe Konektor penyimpanan SSD

Kelebihan dari service center resmi adalah petugas yang sudah mengetahui seluk beluk produk sehingga lebih mudah dalam penanganannya. Dan juga biasanya service center memiliki fasilitas penunjang yang lebih memadai.

Itulah cara-cara sederhana yang bisa Anda lakukan saat sensor fingerprint laptop Anda mengalami Error, semoga bermanfaat.