Indonesia tak pernah kekurangan anak muda kreatif dan berbakat yang mampu mengharumkan nama bangsa. Salah satunya dalam bidang Ilmu Tekhnologi. Tak peduli berasal dari pelosok Indonesia bagian mana, mereka tetap dapat membanggakan Indonesia dengan kemampuan mereka dalam bidang teknologi. Berikut merupakan tokoh-tokoh muda Indonesia yang memiliki prestasi di kancah internasional dalam bidang teknologi dan digital. Sehingga bisa kita sebut juga dengan pakar-pakar IT muda Indonesia:

1. Onno W Purbo

Onno W Purbo merupakan salah satu pakar IT Indonesia kenamaan yang sudah malang melintang lama. Saat ini Onno W Purbo masih aktif dalam berbagai kegiatan IT dan bahkan beliau masih aktif membagikan ilmunya di kanal youtubenya yang saat ini videonya lebih dari 2000 video tentang informasi teknologi. Dan juga beliau memiliki website beralamat https://lms.onnocenter.or.id/moodle/ berisi materi ilmu IT dan ilmu umum yang dapat diakses siapa saja dan kapan saja. Pada tahun 2020 lalu Onno W Purbo mendapatkan Anugrah bergengsi di tingkat dunia dalam bidang internet yakni dari Postel Award.

Perlu diketahui juga Onno W Purbo merupakan salah satu pencetus Wajanbolic yang digunakan untuk akses internet dan juga sebagai salah satu yang mempopulerkan RTRW Net.

2. Shinto Nugroho

Kiprah perempuan muda satu ini dalam bidang teknologi sudah tidak perlu diragukan lagi. Sejak tahun 2013, Shinto telah menjadi Kepala Kebijakan Publik dan Hubungan Pemerintah di Google Indonesia. Awalnya Shinto adalah seorang staf Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif. Beliau sangat berharap ada banyak perempuan Indonesia yang terlibat dalam perkembangan teknologi.

Artike Lainnya  Perbandingan antara Intel Optane VS HardDisk

Sebagai kepala kebijakan publik Google Indonesia, Shinto cukup memberikan perhatian terhadap perkembangan teknologi di Indonesia. Menurutnya, Indonesia memiliki potensi besar SDM, karena di Google paling banyak merekrut tenaga dari Indonesia. Ia juga menjadi perpanjangan tangan dari pimpinan tertinggi Google dalam penyampai kebijakan.

3. Khoirul Anwar

Nama lengkap beliau adalah Dr. Eng. Khoirul Anwar, S.T., M. Eng. Ia menyelesaikan studi doktornya di Nara Instituite of Science and Technology, di Jepang tahun 2008. Ia sempat disebut sebagai penemu 4G LTE. Tetapi Khoirul Anwar menegaskan bahwa dirinya bukanlah ‘penemu’ 4G. Lebih tepatnya, ia mengerjakan konsep dasar dengan dua Fast Fourier Transform (FFT) berpasangan, yang dipakai dalam 4G uplink. Karena teknik ini, ia mendapat penghargaan dari IEEE Radio and Wireless Symposium (RWS) tahun 2006 di California.

Khiorul Anwar pernah menjadi asisten profesor di Nara Institute of Science and Technology, serta Japan Advanced Institute of Science and Technology. Saat ini ia masih aktif menjadi direktur, center of Advanced Wireless Technologies (AdWiTech) di Universitas Telkom.

4. Ryan Gondokusumo

Sosok muda yang satu ini adalah founder dari Sribu.com, sebuah website yang bertujuan memberikan layanan bagi perusahaan dalam mencari desain untuk branding, serta memberikan kesempatan bagi desainer untuk memberikan hasil karya terbaiknya. Selain Sribu.com, Ryan juga membuat sebuah startup lainnya, hasil dari riset dan inspirasi dari startup crowdsourcing di Jepang, yakni SribuLancer. Sribulancer merupakan website untuk mempertemukan antara perusahaan dengan para freelancer.

Meskipun ia tidak memiliki basis pendidikan bisnis sama sekali, ia berusaha untuk memudahkan orang-orang yang mencari pekerjaan, yang berhubungan dengan desain, pengembangan web, data entry, akuntansi hingga penulisan. Hingga saat ini, sudah ada hingga ratusan ribu lapangan pekerjaan melalui website SribuLancer. Peminatnya pun tak hanya orang-orang Indonesia, tetapi juga orang-orang dari luar negeri. Sungguh anak bangsa yang sangat membanggakan.

Artike Lainnya  ANTIVIRUS WINDOWS 10 TERBAIK UNTUK PENGGUNA BARU

5. Jim Geovedi

Pria kelahiran Lampung ini dikenal karena kemampuannya dalam melakukan hacking terhadap sebuah sistem. Kemampuan hacking Jim digunakan untuk mengetahui kelemahan suatu sistem agar tidak dibobol oleh orang yang tidak bertanggung jawab. Pada tahun 2001, Jim mendirikan perusahaan bernama C2PRO Consulting yang bergerak dalam bidang konsultan TI untuk lembaga pemerintahan. Selain itu, ia juga pernah mendirikan perusahaan konsultasi keamanan jaringan yang bernama TI Bellua Asia Pasific pada tahun 2004. Di tahun yang sama, namanya semakin berkibar karena kiprahnya membantu Komisi Pemilihan Umum dalam upaya menemukan pelaku peretas website KPU yang menjebol pusat data penghitungan suara.

Pria yang tahun ini berusia 38 tahun ini juga pernah menjadi pembicara tentang isu keamanan satelit yang pada akhirnya ia mampu mengubah arah sampai menggeser satelit negara China yang saat itu menjadi negara uji coba. Saat ini Jim tinggal di London dan masih aktif dalam bidang keamanan satelit, keamanan perbankan dan penegakan hukum. Dan yang lebih menariknya lagi dibalik sosoknya yang terkenal sebagai ahli IT itu ternyata ia hanya lulusan SMA.

6. Muhaimin Iqbal

Sosok yang satu ini merupakan Founder IGrow Resources Indonesia. Terbentuk sejak tahun 2014, hingga saat ini telah membantu petani memanfaatkan lahan untuk menghasilkan bahan makanan organik berkualitas tinggi dan hasil yang berkelanjutan dengan menggunakan perangkat lunak agricultural management berbasis komputasi awan. Melalui iGrow, petani, pemilik

lahan serta komponen pendukung lainnya dapat dipertemukan untuk menciptakan bahan pangan organik. Dalam aplikasi ini, investor dapat berinvestasi melalui berbagai paket yang telah disediakan, dengan nilai paket investasi yang bervariasi. Sejak dirilis, iGrow kini telah memiliki 1.247 hektar lahan, 10.682.001 pohon yang ditanam, 23.965 member serta 2.300 petani. Dari statistik sebanyak itu, terdapat 351.840 kg CO2 yang terserap. Hal ini tentu saja berdampak baik bagi lingkungan. Melalui iGrow, para investor dapat memilih benih, menyaksikan progres tanaman, hingga memantau saat panen tiba melalui satu buah website.

Artike Lainnya  perintah dasar terminal linux [Linux Series: #4, II]

Ya itulah dia pakar pakar IT Indonesia yang cukup menginspirasi. Dapat kita petik pointnya bahwa orang Indonesia juga punya sangat banyak kesempatan untuk menjadi orang-orang besar baik dibidang IT maupun di bidang-bidang lainnya. Semoga kedepannya Indonesia bisa melahirkan lagi para pakar IT lebih banyak lagi. Demikianlah, semoga bermanfaat, terima kasih.