Hai sobat online. Basic Input Ouput System atau lebih dikenal dengan istilah BIOS, Bagi sobat pengguna komputer sudah tidak asing lagi dengan istilah ini, namun belum begitu paham dengan pengertiannya, BIOS merupakan salah satu perangkat lunak pada komputer yang memiliki fungsi dan peranan cukup besar dalam proses berjalannya sistem computer. tanpa kehadiran BIOS, maka komputer dapat dipastikan tidak akan beroperasi dengan baik atau bahkan tidak dapat beroperasi sama sekali. Perangkat lunak ini memiliki fungsi dan peranan yang cukup besar pada pengoperasian sistem computer, meskipun memiliki peranan yang signifikan , bios ini jarang dikenali oleh kalangan pengguna computer, Perangkat ini biasanya hanya digunakan saat komputer mengalami masalah, sehingga perlu adanya perbaikan dengan melakukan instal ulang sistem operasi. Untuk pembahasan kali ini kami akan mengulas mengenai BIOS yang dimana dalam hal ini meliputi pengertian dan fungsinya, oke! Tidak perlu panjang kali lebar , mari ikuti ulasan berikut ini:

Pengertian Bios

BIOS adalah singkatan dari Basic Input Output System. merupakan suatu software (ditulis dalam bahasa assembly) yang mengatur fungsi dasar dari perangkat keras (hardware) computer. BIOS tertanam dalam sebuah chip memory (ROM ataupun Flash Memory berbahan Comlpimentari Metal Oxide Semiconductor (CMOS) yang terdapat pada motherboard. program ini memiliki peran sebagai pengatur fungsi – fungsi dari perangkat keras komputer sehingga bisa dibilang program BIOS merupakan program dasar yang terdapat pada sistem computer.

Fungsi BIOS

  • Menjalankan perintah POST (Power On Self Test)

Salah satu yang harus sobat lakukan sebelum menginstall sistem operasi pada komputermu adalah dengan melakukan pengecekan beberapa perangkat yang ada pada computer. Hal ini perlu dilakukan untuk memastikan tingkat compatibelitas sistem operasi yang ingin dipasang dengan spesifikasi perangkat computer.

  • Mengatur Konfigurasi Dasar pada Perangkat Komputer

BIOS mengatur konfigurasi terhadap perangkat lain berdasarkan fungsinya masing-masing. Cara kerja BIOS dalam konfigurasi perangkat komputer ini adalah dengan memberikan informasi dasar yang dibutuhkan untuk bisa beroperasi. Beberapa konfigurasi yang dapat sobat atur diantaranya tanggal, kinerja, konfigurasi proses atau urutan booting, konfigurasi media penyimpanan, seta kestabilan computer.

  • Mengenali Semua Hardware

Fungsi selanjutnya adalah dapat Mengenali semua hardware / perangkat keras yang terpasang pada PC / Komputer. Dan BIOS juga akan membantu sobat untuk mengetahui status koneksi antara komponen peripheral dengan mainboard.

Artike Lainnya  Mengenal jenis kabel HDMI beserta fungsinya