Pada saat ini kebutuhan komputer sangatlah dibutuhkan di berbagai bidang. Jika dahulu komputer hanya digunakan untuk kalangan-kalangan tertentu saja, berbeda di zaman sekarang, diamana komputer sudah dapat digunakan untuk semua orang dengan latar belakang yang berbeda-beda.

Selain komputer, laptop pun juga menjadi suatu barang kebutuhan yang cukup banyak digunakan oleh banyak orang. Laptop yang dulunya hanya digunakan untuk kalangan pebisnis saja, saat ini sering digunakan oleh para anak muda bahkan remaja. Hal ini dikarenakan fungsi jaringan komputer yang tidak hanya untuk keperluan pekerjaan saja, tetapi juga digunakan sebagai media hiburan seperti menonton video, mendengarkan musik, bermain game, dan media yang lainnya.

Namun sama halnya dengan perangkat elektronik lainnya, komputer dan laptop pun juga dapat mengalami kerusakan apabila tidak dirawat dengan baik. Tentunya kita bingung bagian mana komputer yang telah mengalami kerusakan. Maka di perlukan adanya software yang dapat mendeteksi adanya kerusakan pada komputer dan laptop. Berikut adalah contoh softwarenya.

  • AIDA64

Software pertama untuk mendeteksi kerusakan pada komputer atau laptop adalah AIDA64. Software ini jadi salah satu solusi untuk memonitor komputer dan laptop yang kalian miliki. Software ini sangat cocok digunakan untuk perusahaan baik dalam ukuran kecil hingga besar. Karena fitur-fitur yang disediakan oleh software ini bisa dibilang lengkap. Fitur-fitur yang terdapt pada software ini antara lain:

  1. Dapat mendeteksi perangkat keras komputer dan perangkat lunak jaringan
  2. Dapat memberikan laporan melalui email kepada admin
  3. Dapat memberikan informasi lengkap tentang hardware computer
  4. Dapat memonitor komputer dengan jarak yang jauh
  5. Memberikan informasi tentang software dan Sistem Operasi Komputer yang digunakan hingga detail
  6. Memiliki fitur untuk menganalisis hardware yang digunakan pada komputer.
Artike Lainnya  Cara reset Windows Dengan System Restore

Dari fitur-fitur yang ada tersebut, tidak salah jika software ini bisa menjadi salah satu software yang sangat berguna untuk mengecek kerusakan komputer dan laptopmu.

  • Heavy Load

Software yang berikutnya adalah Heavy Load. Software ini memiliki keunggulan untuk menganalisis keadaan serta kemampuan komputer dan laptop. Melalui software ini, kalian dapat memantau perkembangan hardware komputer apakah terjadi kerusakan atau tidak. Software ini mempunyai fitur unggulan seperti.

  1. Bisa digunakan untuk menganalisis kinerja komputer dan laptop
  2. Bisa digunakan untuk melihat jumlah hardisk di dalam komputer dan laptop lengkap dengan rincian aplikasi apa yang banyak memakan memori hardisk.
  3. Bisa digunakan untuk menganalisis kinerja hardware yang berhubungan dengan grafis seperti GPU, VGA, kartu grafis, dan lain-lain.
  4. Bisa digunakan untuk mendeteksi file-file yang tersembunyi di dalam folder
  • Passmark Performance Test

Software yang berikutnya adalah Passmark Performance Test. Software ini juga bisa dijadikan salah satu software yang kalian pakai dalam menganalisis kinerja harddisk, baterai, RAM, hingga komponen-komponen komputer lainnya. Fitur-fitur unggulan yang ada pada software ini antara lain.

  1. Mendukung uji hyper threading
  2. Hasil analisis dapat dijelaskan dengan detail
  3. Dapat digunakan untuk mengekspor hasil analisis dalam bentuk format apapun
  4. Dapat digunakan untuk menampilkan informasi mengenai sistem komputer dan laptop yang digunakan.
  • Sisoft Sandra

Sisoft Sandra atau Sisoftware Sandra ini adalah software berikutnya yang bisa digunakan untuk mengetahui kinerja dari komputer dan laptop. Sotware ini bisa melihat pekembangan perangkat keras komputer hingga ke hal yang detail. Melalui software ini, kalian juga dapat mengetahui hardware mana yang memiliki masalah. Jika ada perangkat lunak komputer yang mengalami masalah, software ini otomatis akan memberikan peringatan. Software ini bisa kaliandapatkan baik dalam versi gratis atau versi berbayar.

  • Stress My PC

Software yang selanjutnya adalah Stress My PC. Software ini bisa dikatakan jauh lebih minimalis jika dibandingkan dengan software-software yang sudah disebutkan tadi. Software ini tetap bisa dipakai dalam menganalisis computer, laptop dan dapat mengetahui apabila terdapat bagian komponen yang menagalami masalah. Bagian komputer dan laptop yang bisa dianalisis oleh software ini antara lain, bagian grafis, CPU, baterai, dan VGA, dan software-software yang lain.

  • The Ultimate Troubleshooter (TUT)

Software yang selanjutnya adalah TUT atau apabila diuraikan adalah The Ultimate Troubleshooter. Software ini juga termasuk lengkap dalam memonitor perkembangan hardware komputer dan laptop. Pada software ini akan ditunjukan kondisinya dengan menggunakan tanda warna. Jika menunjukan warna hijau berarti komponen komputer dan laptop baik, jika menunjukan warna kuning, maka menandakan ada peringatan yang ada pada beberapa komponen komputer yang perlu dilihat. Apabila berwarna merah, biasanya ada hardware komputer dan laptop yang mengalami masalah serius. Untuk dapat menggunakan software ini kalian harus membelinya karena software ini tidak menyediakan versi gratis nya. Kalian bisa mencoba versi trialnya sebanyak 10 kali saja.

Artike Lainnya  Tetep produktif walaupun bekerja dari rumah

Itulah beberapa contoh softwate yang dapat mendeteksi kerusakan pada computer maupun laptop, semoga artikel ini dapat bermanfaat untuk yang membacanya. Terimakasih.