Riwayat penjelajahan pada browser adalah kumpulan data tentang situs web yang pernah kamu kunjungi. Meskipun ini bisa membantu kamu mengakses kembali situs yang kamu kunjungi sebelumnya, tetapi kadang-kadang kamu mungkin ingin menghapus riwayat penjelajahan untuk menjaga privasi kamu. Dalam artikel ini, kami akan memberikan panduan langkah demi langkah tentang cara menghapus riwayat penjelajahan pada beberapa browser populer seperti Google Chrome, Mozilla Firefox, Microsoft Edge, dan Opera Browser, baik di desktop maupun di smartphone.

Google Chrome

Sejarah browser Google Chrome dimulai pada tahun 2008 ketika Google meluncurkan browser desktop yang berfokus pada kecepatan dan keamanan. Chrome menggabungkan teknologi rendering baru yang disebut “Blink,” menggantikan WebKit. Pada tahun 2012, Chrome diluncurkan untuk perangkat Android, membawa pengalaman penjelajahan yang serupa dengan desktop ke smartphone.

Pada tahun-tahun berikutnya, Chrome terus mengalami pembaruan dan peningkatan fitur, termasuk antarmuka yang lebih bersih, integrasi dengan akun Google, dan peringatan keamanan. Pada 2012, aplikasi Google Chrome hadir di iOS dan Android, memungkinkan pengguna menjelajah internet secara cepat dan aman di perangkat mobile. Sejak awal hingga perilisan aplikasi smartphone, Chrome telah menjadi salah satu browser paling populer dan canggih di dunia.

Desktop:

1. Buka Google Chrome.

2. Klik pada ikon tiga titik di pojok kanan atas untuk membuka menu.

3. Arahkan kursor ke opsi “History” dan pilih “History” lagi.

4. kamu akan melihat daftar situs yang pernah kamu kunjungi. Klik “Clear browsing data” di sebelah kiri.

5. Pilih rentang waktu untuk menghapus riwayat (misalnya, ‘Last hour’, ‘Last 24 hours’, ‘Last 7 days’, ‘Last 4 weeks’, atau ‘All time’).

Artike Lainnya  Cara menghilangkan malware browser dengan mudah

6. Centang kotak “Browsing history” dan pilih item lain yang ingin kamu hapus.

7. Klik “Clear data”.

Smartphone:

1. Buka aplikasi Google Chrome.

2. Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan atas dan pilih “History”.

3. Pilih “Clear browsing data”.

4. Pilih rentang waktu dan item yang ingin dihapus.

5. Ketuk “Clear data”.

Mozilla Firefox

Sejarah browser Mozilla Firefox dimulai pada tahun 2004 saat Mozilla Foundation merilis Firefox 1.0. Browser ini ditujukan untuk memberikan alternatif yang lebih cepat, aman, dan terbuka daripada Internet Explorer yang dominan pada saat itu. Fitur-fitur seperti tab browsing, pop-up blocker, dan dukungan ekstensi membantu Firefox mendapatkan popularitas.

Pada tahun 2011, Firefox merilis versi 4.0 yang memiliki antarmuka yang lebih modern dan kinerja yang ditingkatkan. Mozilla juga fokus pada privasi dan keamanan pengguna dengan mengenalkan fitur “Do Not Track.”

Pada 2017, Firefox meluncurkan versi 57 yang dikenal sebagai “Firefox Quantum.” Ini menampilkan mesin rendering yang lebih cepat dan perubahan signifikan pada antarmuka pengguna.

Pada 2020, Mozilla merilis “Firefox Daylight,” penyegaran besar pada antarmuka dan performa Firefox di desktop dan diikuti oleh perilisan aplikasi Firefox di platform mobile.

Dengan perilisan aplikasi Firefox di iOS dan Android, pengguna dapat mengakses pengalaman penjelajahan internet yang cepat, aman, dan privasi di perangkat seluler mereka, melengkapi perjalanan Mozilla Firefox sebagai salah satu browser terdepan di dunia dengan fokus pada kecepatan, privasi, dan inovasi.

Desktop:

1. Buka Mozilla Firefox.

2. Klik ikon tiga garis di pojok kanan atas untuk membuka menu.

3. Pilih “Library” dan kemudian pilih “History”.

4. Pilih “Clear Recent History”.

5. Pilih rentang waktu dan item yang ingin dihapus.

Artike Lainnya  5 game android terbaik 2020

6. Klik “Clear Now”.

Smartphone:

1. Buka aplikasi Mozilla Firefox.

2. Ketuk ikon tiga garis di pojok kanan bawah dan pilih “Settings”.

3. Gulir ke bawah dan pilih “Clear Private Data”.

4. Pilih item yang ingin dihapus.

5. Ketuk “Clear Data”.

Microsoft Edge

Sejarah browser Microsoft Edge dimulai pada tahun 2015 ketika Microsoft mengumumkan perhentian pengembangan Internet Explorer dan memperkenalkan Edge sebagai penggantinya dalam sistem operasi Windows 10. Edge menawarkan antarmuka yang bersih dan fitur integrasi dengan layanan Microsoft.

Pada awalnya, Edge menggunakan mesin rendering EdgeHTML yang dikembangkan khusus. Namun, pada tahun 2019, Microsoft mengumumkan rencana untuk beralih ke mesin rendering Chromium, yang juga digunakan oleh Google Chrome. Hal ini diharapkan akan meningkatkan kinerja, kompatibilitas, dan pengalaman pengguna.

Pada tahun 2020, Microsoft meluncurkan Edge berbasis Chromium, yang memberikan pengalaman yang lebih seragam dengan Chrome dalam hal kompatibilitas dan ekstensi.

Perilisan Edge di platform seluler dimulai pada tahun 2020 dengan peluncuran aplikasi Edge untuk iOS dan Android. Ini memungkinkan pengguna untuk mengakses pengalaman penjelajahan yang terintegrasi dengan akun Microsoft di perangkat mobile mereka.

Dengan demikian, Microsoft Edge telah mengalami perjalanan yang signifikan dari pengembangan awalnya sebagai pengganti Internet Explorer hingga menjadi browser dengan basis Chromium yang hadir di berbagai platform, termasuk smartphone, dengan fokus pada integrasi dengan layanan Microsoft dan pengalaman penjelajahan yang lebih baik.

Desktop:

1. Buka Microsoft Edge.

2. Klik ikon tiga titik di pojok kanan atas untuk membuka menu.

3. Pilih “History” dan kemudian “History” lagi.

4. Klik “Clear history”.

5. Pilih rentang waktu dan item yang ingin dihapus.

6. Klik “Clear”.

Smartphone:

1. Buka aplikasi Microsoft Edge.

2. Ketuk ikon tiga titik di pojok kanan bawah dan pilih “History”.

Artike Lainnya  Memperbaiki Google Chrome tidak bisa dibuka

3. Pilih “Clear history”.

4. Pilih item yang ingin dihapus.

5. Ketuk “Clear”.

Opera Browser

Sejarah browser Opera dimulai pada tahun 1995 ketika Opera Software didirikan. Browser Opera awalnya dikembangkan untuk platform komputer pribadi dan ponsel. Browser ini dikenal karena inovasinya seperti tab browsing, pop-up blocker, dan fitur-fitur kecil lainnya yang mempengaruhi perkembangan browser modern.

Pada tahun 2013, Opera mengumumkan bahwa mereka akan beralih ke mesin rendering Chromium, yang juga digunakan oleh Google Chrome. Ini membawa peningkatan dalam kompatibilitas dan kinerja.

Pada 2016, Opera merilis “Opera Neon,” percobaan browser konsep dengan antarmuka futuristik.

Pada tahun 2019, Opera meluncurkan “Opera GX,” browser yang dirancang khusus untuk para gamer dengan fitur-fitur seperti pengaturan suhu CPU dan penggunaan memori.

Perkembangan Opera di dunia mobile dimulai pada 2010 dengan peluncuran Opera Mini dan Opera Mobile untuk perangkat seluler. Opera Mini khususnya terkenal karena kemampuannya untuk mengkompresi data secara signifikan, menghemat kuota internet.

Desktop:

1. Buka Opera Browser.

2. Klik ikon Opera di pojok kiri atas.

3. Pilih “History” dan kemudian “Clear browsing data”.

4. Pilih rentang waktu dan item yang ingin dihapus.

5. Klik “Clear data”.

Smartphone:

1. Buka aplikasi Opera Browser.

2. Ketuk ikon Opera di pojok kanan bawah.

3. Pilih “Settings” > “Privacy” > “Clear browsing data”.

4. Pilih item yang ingin dihapus.

5. Ketuk “Clear browsing data”.

Menghapus riwayat penjelajahan secara berkala adalah langkah penting untuk menjaga privasi kamu. Setiap browser memiliki tata cara yang serupa untuk menghapus riwayat penjelajahan, meskipun letaknya bisa berbeda. Dengan mengikuti panduan di atas, kamu dapat dengan mudah mengelola riwayat penjelajahan kamu di berbagai browser pada desktop maupun smartphone.