Puasa di tahun 2020 ini jatuh pada tanggal 24 April 2020 (1 Ramadhan 1441 H), dan penting untuk diketahui adalah jadwal imsyakiyah atau imsyak di kota semarang khusunya pada bulan Ramadhan atau bulan puasa ini karena sebagai patokan untuk kita melakukan sahur sebelum memulai puasa. karena Baginda Nabi Muhammad ﷺ bersabda untuk melakukan menyantap hidangan sahur : ” Makan sahurlah kalian, karena sesungguhnya dalam sahur itu terkandung berkah” ( H.R Muslim).

Biasanya kebanyakan saat sahur di kota kota besar seperti kota semarang ini mengadakan sahur on the road atau sahur bersama dengan berbagai kalangan dan berbagai komunitas yang ada dan berpartisipasi dalam sahur on the road ini akan tetapi saat menjalani puasa tahun ini kita dihadapkan dengan adanya pandemi virus corona atau covid-19, yang membuat suasananya berbeda dari tahun-tahun sebelumnya, karena Kementrian Agama Indonesia mengeluarkan surat edaran nomor 6 tahun 2020 tentang ibadah puasa bulan ramadhan ini yaitu berisi untuk menjalani ibadah puasa dengan baik dan benar sesuai ketentuan fiqih ibadah puasa, dan adapun untuk himbauan tidak perlu adanya kegiatan sahur on the road ataupun untuk buka puasa bersama.

Untuk jadwal sholat dan imsak di kota semarang pada saat bulan puasa ini silahkan lihat tabel dibawah ini yang sudah disusun oleh pihak jadwalsholat.org yang menerbitkan kalender jadwal sholat dan juga imsak khusus didalam sebuah website.

Artike Lainnya  Panduan membeli dan memilih keyboard komputer

Memaknai ibadah puasa tidak hanya sekedar menahan lapar dan haus akan tetapi banyak makna yang lainnya untuk dapat menjadikan seoarng umat muslim menjadi lebih baik dalam melakukan ibadah maupun untuk melakukan kegiatan sehari hari sesuai tuntunan dan ajaran di dalam islam. Puasa sendiri dalam bahasa arab “syiam” atau “shaum” yang secara bahasa berarti menahan. Puasa ini mempunyai kedudukan yang istimewa sesuai dengan riwayat hadits qudsi ” Setiap amalan anak Adam itu untuk dirinya sendiri, kecuali puasa. karena puasa itu untuk-Ku dan Aku yang akan memberikan ganjaran” .

Dan puasa memiliki bebrapa manfaat seperti untuk membuat seorang umat muslim untuk lebih peka terhadap lingkungan sosial karena dengan menahan makan, makan minum dan merasakan lapar sepanjang hari yang mungkin orang lain di hari biasa tidak seberuntung kita karena bisa makan dan minum dengan cukup. kemudian yang tidak kalah penting adalah sebagai sarana penghapus untuk dosa, karena Baginda Nabi Muhammad ﷺ bersabda “Barang siapa yang Puasa Ramadhan karena iman dan mengharapkan pahala maka diampuni dosa-dosanya yang telah lalu.” . Selain itu ada juga seperti untuk menahan syahwat, karena riwayat Baginda Nabi Muhammad ﷺ menganjurkan para pemuda untuk menikah, dan jika belum mampu menikah maka berpuasalah karena berpuasa itu bisa menahan syahwat.

Itulah beberapa informasi mengenai puasa di bulan ramdhan, jadwal imsak di kota semaran dan sekitarnya yang banyak dicari. semoga puasa di bulan ramadhan tahun depan bisa lebih baik dan sudah hilang pandemi virus covid-19 yang begitu cepat penyebarannya, dan berpuasa di tahun 2020 ini bisa menjadikan kita sebagai seorang umat muslim yang lebih baik kedepannya.

Artike Lainnya  5 Keunggulan Iphone Yang Selalu Diatas Android