Mungkin ada banyak orang yang sering mengoperasikan kamera ponsel untuk dokumentasi traveling. Fitur auto pada kamera ponsel memang sangat memanjakan dan mencukupi ketika dalam kondisi yang diharuskan dalam memotret cepat.

Ada baiknya mengetahui dan menggunakan fitur bawaan kamera ponsel untuk memaksimalkan kemampuan dalam menguasai kamera ponsel Kamu. Beragam situasi dapat diabadikan dengan hasil yang menawan jika bisa memahami fitur-fitur kamera ponsel .

Kebanyakan kamera ponsel telah dilengkapi berbagai macam fungsi dan fitur, seperti fokus otomatis, zoom digital, optikal zoom, dan fitur lainnya. Beberapa fitur kamera pada ponsel memiliki kemampuan untuk bekerja sebagai kamera digital dan mampu untuk merekam video.

Resolusi kamera merupakan karakteristik paling penting yang banyak diperhatikan, diukur dalam satuan MP (megapixel) pada lensa jenis fokus otomatis dan pencahayaan singkat (flash). Untuk menghasilkan kualitas gambar atau foto yang lebih baik, maka harus didukung pula dengan ukuran Megapixel yang lebih tinggi.

Gambar yang dihasilkan dari kamera HP kebanyakan disimpan dalam bentuk format file JPEG, tetapi untuk jenis ponsel cerdas atau smartphone kelas atas, kamera ini mempunyai fitur untuk menyimpan file dalam bentuk lain, contohnya pada sistem operasi Android Lollipop versi 5.0 atau lebih tinggi.

Jika beberapa fitur yang disebutkan di bawah ini tidak muncul dalam aplikasi kamera bawaan kamera, cobalah menggunakan aplikasi pihak ketiga yang biasanya meiliki fitur lengkap untuk mengoptimalkan ketersediaan hardware pada ponsel.

  • Grid

Grid memudahkan kita untuk menempatkan objek di dalam frame foto kita. Ketika kita mengaktifkan grid maka akan muncul 2 garis horizontal yang sejajar dan 2 garis vertical yang sejajar, kemudian membagi layar menjadi 9 bagian. Menggunakan fitur ini akan memungkinkan anda untuk lebih mudah menggunakan aturan sepertiga dalam frame, meluruskan foto agar tidak miring, serta banyak hal lainnya lagi yang bisa anda lakukan.

  • Fokus Tetap (fixed-focus)

Fokus Tetap atau fixed-focus adalah fitur fokus dasar pada kamera ponsel yang diatur pada jarak tertentu oleh pengguna dan tidak dapat disesuaikan.

Artike Lainnya  Menghubungkan smartphone ke wifi tanpa ketik password

Kamera dengan fokus tetap membatasi kualitas dan jarak pemotretan yang minimum. Kamera jenis ini biasanya menggunakan lensa yang kecil, sehingga tidak memperhatikan jarak pengambilan foto terhadap kamera.

  • Fokus Otomatis (auto-focus)

Fokus otomatis atau auto-focus adalah fitur digital yang terdapat pada kamera ponsel, memungkinkan untuk memperjelas foto atau gambar secara otomatis.

Auto-focus dapat meningkatkan kualitas foto lebih baik dari kamera dengan tipe fixed-focus dan memungkinkan untuk mengambil gambar pada jarak yang lebih dekat (makro). Kamera Ponsel jenis ini menggunakan pasif auto-focus disesuaikan kontras dan kondisi pencahayaan disekitarnya.

  • Makro (Macro)

Makro atau Macro adalah istilah yang digunakan untuk pengambilan gambar jarak dekat terhadap kamera ponsel. Mode makro memungkinkan pengambilan gambar atau foto dari jarak yang sangat pendek, misalnya foto close-up, dimana jenis ini biasanya dilengkapi dengan fitur fokus otomatis (auto-focus).

  • Aspect ratio

Aspect ratio adalah perbandingan antara panjang dan lebar foto. Jika foto tersebut persegi, dalam artian panjang dan lebarnya berukuran sama, maka foto tersebut memiliki aspect ratio 1:1. Aspect ratio ini menjadi ciri khas dari Instagram sebelum mendukung format landscape dan portrait. Biasanya kamera ponsel memiliki aspect ratio 4:3, 3:2 dan 16:9. Penggunaan aspect ratio ini memberikan keleluasaan pada anda untuk mencoba menghias frame foto dengan keterbatasan berupa perbandingan panjang dan lebar foto.

  • Timer

Kebanyakan orang memakai fitur timer adalah ketika mereka memotret diri sendiri baik memakai tongsis atau meletakkanya pada media datar. Timer pada kamera ponsel biasanya memiliki rentang waktu 2 detik, 5 detik dan 10 detik. Jika anda sedang berada dalam kondisi cahaya rendah ketika menghadapi objek pemotretan yang cenderung diam, gunakanlah timer 2 detik untuk memotretnya.

Kenapa memakai timer? Karena memakai timer akan mengurangi goncangan kecil pada ponsel anda. Ketika anda tidak memakai timer, semisal menggunakan tombol shoot pada kamera ponsel anda, biasanya terjadi goncangan kecil ketika anda menyentuh atau bahkan menekan tombol tersebut.

Artike Lainnya  Tips Melindungi Mata Dari Bahaya Sinar Layar HP

Goncangan kecil pada ponsel ketika sedang memotret pada kondisi cahaya rendah akan membuat gambar menjadi kabur, karena kecepatan rana kamera ponsel lebih lambat dari kemampuan anda dalam menjaga kamera ponsel dalam kondisi diam.

  • Digital Zoom

Digitial Zoom adalah fitur umum yang terdapat pada kamera ponsel, digunakan untuk membuat subjek tampak lebih dekat terhadap kamera. Kamera pada ponsel biasanya memiliki fitur zoom, tetapi yang paling sering yaitu digital zoom.

Digital zoom memiliki fungsi:

Cropping adalah fungsi untuk memotong gambar sehingga tampak lebih besar di layar SmartPhone, namun kualitas yang dihasilkan lebih kecil dari resolusi foto maksimal.

Optical Zoom adalah fitur yang banyak terdapat pada kamera Smartphone yang membuat gambar tampak lebih dekat daripada yang sebenarnya, menghasilkan efek pembesaran memakai satu set lensa optik – optical zoom.

  • HDR

Beberapa ponsel sudah menyediakan fitur HDR dalam aplikasi kamera bawaan. HDR membuat foto kita akan lebih tampak seimbang antara daerah yang gelap dan terang. Kemampuan mata kamera masih kalah jauh dengan mata manusia, sehingga untuk mendapatkan gambar yang terang dari ujung ke ujung frame, maka gunakanlah fitur HDR pada kamera ponsel anda.

  • Panorama

Jika anda sedang travelling di alam, gunakanlah fitur panorama pada kamera ponsel anda. Walaupun dengan fitur panorama pada aplikasi bawaan membuat penurunan resolusi, anda dapat menggunakan aplikasi pihak ketiga untuk mendapatkan foto panorama dengan resolusi tinggi. Konsep foto yang super lebar tersebut akan memudahkan anda untuk menikmati kembali saat sudah kembali ke rumah.

  • Brightness/Contrast

Fitur ini seperti pada media digital lain (TV, DVD Player, dll). Pertambahan Brightness akan mengakibatkan kecerahan foto bertambah, jika di kurangi maka sebaliknya akan mengakibatkan kecerahan berkurang cenderung gelap. Fitur Contrast berguna untuk menambahkan/mengurangi level pencahayaan pada objek foto, menambahkan Contrast akan mengakibatkan level pencahayan semakin kuat, sebaliknya jika dikurangi maka akan mengakibatkan level pencahayaan melemah. Brigthness mengatur level warna hitam, sedangkan Contrast mengatur level warna putih. Ini bisa dipraktekkan dengan mengatur Brightness atau Contrast pada foto yang sudah diambil di aplikasi edit foto, terlihat penambahan Contrast berefek pada warna putih, sedangkan Brightness berefek pada warna hitam.

Artike Lainnya  Jenis jenis Versi perkembangan Bluetooth

Demikian pembahasan mengenai pengenalan fitur kamera pada Smartphone. Tidak semua Smartphone memiliki fitur-fitur yang disebutkan diatas dan juga penamaan serta pengelompokan fitur bisa berbeda.