Perkembangan hp terjadi cukup cepat dan memiliki berbagai model sampai saat ini. Dari yang awalnya hanya model keypad sekarang sudah berubah menjadi model layar sentuh. Tak heran jika ada keluhan mengenai layar, ini adalah kerusakan dan cara memperbaiki lcd hp yang tertekan.

Model layar sentuh mengandalkan sensitivitas untuk mengoperasikan perangkat elektronik satu ini. Hal ini lah yang terkadang menjadi suatu kendala yang sering dihadapi oleh beberapa pengguna. Jadi tidak salah jika pengguna memahami macam-macam kerusakan dan cara memperbaiki lcd hp yang tertekan.

Macam-Macam Kerusakan Yang Terjadi Pada Lcd

Kerusakan pada layar pun memiliki jenis dan sebutannya masing-masing. Ada yang masih dapat digunakan ada pula yang sampai mengganggu atau bahkan tidak bisa digunakan. Berikut penjelasan singkat tentang macam-macam kerusakannya:

  • Ghost Touching. Kerusakan jenis ini merupakan kerusakan yang termasuk ringan. Seperti namanya ghost touching adalah kerusakan yang menyebabkan layar hp menyentuh atau bergerak sendiri padahal tidak sedang digunakan. Kondisi ini tentu sangat mengganggu karena hp sering tidak sesuai menjalankan perintah yang diinginkan.
  • Dead Pixel. Di layar hp terkadang pengguna menemukan sebuah titik hitam yang membuat sebagian layar tidak terlihat. Titik hitam inilah yang bernama dead pixel, terkadang berukuran kecil namun akan bertambah jika tidak dilakukan perbaikan dengan segera.
  • Layar Tidak Sensitif. Sering kali layar tidak merespon sentuhan jari pengguna atau perlu penekanan dengan kuat saat ingin menggunakannya. Kemungkinan layar hp sudah tidak lagi sensitif dan biasanya disebabkan oleh sebuah benturan atau bahkan tertekan dengan waktu yang cukup lama.
  • Baret. Kerusakan yang selanjutnya adalah baret, baret yang dimaksud adalah baret pada layar bukan pada pelindung layar. Jenis kerusakan ini bisa timbul dikarenakan berbagai faktor seperti jatuh dan kesalahan pengguna saat meletakkan atau menggunakannya.
  • Flickering. Yang terakhir adalah flickering, kerusakan ini berupa munculnya garis berwarna pada layar hp pengguna. Garis yang ditampilkan bisa horizontal maupun vertikal serta dapat menyebabkan mata sakit saat terus-menerus melihat layar.
Artike Lainnya  Cara Memindahkan Foto dari Ponsel ke Laptop dengan Mudah

Cara Mengatasi Lcd Tertekan

Setelah mengetahui kerusakan apa yang dialami pada layar pengguna, selanjutnya adalah beberapa cara memperbaiki lcd hp yang tertekan. Cara di bawah ini dapat dilakukan sendiri apabila kerusakan belum terlampau parah. Berikut caranya:

1. Melakukan Pengecekan Pada Layar

Cara pertama yang bisa dilakukan saat munculnya kerusakan pada layar adalah melakukan pengecekan pada layar. Dari penjelasan diatas sudah memberikan gambaran tentang kerusakan pada layar. Untuk lebih pastinya pengguna juga harus mengingat apa saja kejadian sebelum kerusakan itu muncul.

2. Memeriksa Pelindung Layar

Apabila hp pengguna menggunakan pelindung layar sebagai proteksi tambahan, bisa melakukan pengecekan terlebih dahulu pada bagian ini. Jika kerusakan lcd yang tertekan muncul ketika selesai melakukan pemasangan pelindung layar. Kemungkinan besar itu disebabkan karena pengguna kurang pas memasangnya.

3. Mengkalibrasi Layar

Kalibrasi layar merupakan cara memperbaiki lcd hp yang tertekan selanjutnya. Proses kalibrasi ini bisa dilakukan sendiri dengan bantuan aplikasi ketiga yang bisa didownload melalui app store. Beberapa hp juga memberikan fitur untuk dapat melakukan pengecekan kondisi devicenya.

4. Memperbaiki Ke Tukang Service

Jika semua cara sudah dilakukan namun tidak memberikan hasil yang berarti. Pengguna hanya perlu memperbaiki layar ke tukang service terdekat. Langkah ini menjadi langkah terakhir karena layar hp sudah seharusnya diganti baru.

Tukang service akan memberitahukan kerusakan yang dialami dan spare part apa yang harus dilakukan penggantian. Selain layar bisa juga kabel penghubung antara layar dan mesin atau part lainnya.