Hallo guys, seperti pembahasan yang ada pada sebelumnya, Saat ini, system operasi tidak hanya digunakan pada computer, akan tetap juga pada perangkat elektronik lainnya seperti smartphone, Tanpa sistem operasi sebuah komputer, ponsel atau konsol game tidak dapat berjalan. Sistem operasi mobile (atau mobile OS) adalah sistem operasi untuk ponsel, tablet, smartwatch, atau perangkat mobile lainnya.

Seperti saat ini Android adalah sistem operasi smartphone yang bisa dikatakan sangat mendominasi di perangkat mobile, saingan terdekatnya adalah OS apple. Dan perlu kita ketahui sebelum adanya android juga telah ada banyak system operasi mobile yang telah di ciptakan dan sangat popular pada masanya, oke langsung saja berikut adalah macam macam system operasi pada smartphone:

  • ANDROID

Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh seperti telepon pintar dan komputer tablet. Pertamakali dirilis pada September 2008 dengan nama Astro, dan smartphone pertama berbasis android adalah HTC Dream yang dirilis pada Oktober 2008. Saat ini Google merupakan salah satu perusahaan yang masih terus mengembangkan sistem operasi Android dan meluncurkan update-update terbaru hingga versi Android 10.

  • iOS

iOS adalah sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan dan didistribusikan oleh Apple Inc. Sistem operasi ini pertama diluncurkan tahun 2007 untuk iPhone dan iPod Touch, dan telah dikembangkan untuk mendukung perangkat Apple lainnya seperti iPad dan Apple TV. Tak diragukan lagi kecanggihan dan fiturnya yg ditawarkan, Secara keseluruhan sangat user-friendly dan merupakan salah satu sistem operasi mobile terbaik di dunia yang saat ini sudah mencapai versi iOS 15

  • WINDOWS PHONE

Windows Phone adalah keluarga sistem operasi perangkat bergerak yang dikembangkan oleh Microsoft. Windows Phone sempat menjadi sistem operasi mobile yang terkenal pada masanya, Tidak seperti Windows Mobile, sistem operasi mobile ini ditujukan untuk pasar konsumen daripada pasar perusahaan. Untuk sistem operasi ini sudah dihentikan pengembanganya 8 Oktober 2017.

  • BLACKBERY OS

BlackBerry OS adalah milik Sistem Operasi Mobile, yang dikembangkan oleh Research In Motion untuk perusahaan BlackBerry garis smartphone perangkat genggam. Blackberry OS berbeda dari sistem operasi lain. Ciri khas nya yaitu memiliki trackball untuk pindah menu dan keyboard qwerty. Seperti halnya Apple, Blackberry OS merupakan sistem operasi yang eksklusif khusus untuk smartphone Blackberry saja. Produsen atau merk smartphone lain dilarang menggunakan sistem operasi Blackberry ini.

  • SYMBIAN OS

Symbian adalah sebuah sistem operasi dan platform software yang didesain untuk ponsel pintar dan saat ini diawasi oleh Nokia. Kelebihan dari sistem operasi Symbian sendiri adalah performanya yang tidak membutuhkan RAM dan juga memori dengan ukuran besar. Hal tersebut juga karena sistem operasi ini masih belum memiliki fitur yang banyak seperti Android dan iOS. untuk sistem operasi symbian os ini sudah berakhir pada 1 Januari 2014.

Artike Lainnya  Perbedaan Windows 10 pro dan windows 10 home

Demikian itulah macam macam sistem operasi pada smartphone, semoga bermanfaat terimaksih.