Saat ini banyak perusahaan dan tim recruitment tenaga kerja yang lebih mementingkan karakter atau kepribadian calon pekerja ketimbang kecerdasannya. Karakter seseorang merupakan elemen penting dalam melakoni sebuah bidang pekerjaan dalam suatu organisasi. Karyawan adalah aset paling berharga sebuah perusahaan. Tanpa karyawan, sebuah organisasi aktivitas bisnis mustahil untuk beroperasi. Perusahaan yang baik juga tentu akan sangat baik dalam menjalankan visi- misi perusahaan. Karena diperusahaan tersebut terdapat orang- orang yang terpilih, bekerja dengan hati dan pikirannya. Sehingga perusahaan yang baik akan terhindar dari orang- orang jahil yang hanya gila jabatan. Pasion dan skill adalah yang utama. Karena gairah dalam bekerja adalah hal yang utama. Maka kita harus tau kriterianya Tipe Tipe Karyawan Yang Dicari Perusahaan

  • Karyawan Dengan Tingkat Etos Kerja Yang Tinggi

Etos kerja yang kuat jelas merupakan salah satu kualitas yang paling populer yang dicari oleh manajer SDM dari seorang kandidat. Etos kerja yang tinggi, tentu saja akan memperngaruhi beberapa aspek dalam penilaian. Perusahaan yang baik tentu tidak akan menilai karyawan secara asal- asalan. Karena etos kerja sendiri, selalu berbicara dengan mental. Kita tahu setiap manusia memiliki hati yang berbagai macam kondisi. Namun, dengan etos kerja yang baik, maka segala persoalan yang sulit pun akan dihadapi.

Tidak jarang beberapa perusahaan kacau balau, bila atasan yang dimilikinya bermental labil atau selalu terbawa perasaan. Oleh sebab itu kelabilan tidak dibutuhkan di dalam perusahaan. Bahkan dengan beberapa fasilitas yang sesuai, seharusnya perusahaan mampu memperkerjakan karyawan yang anti labil.

  • Karyawan dengan sikap positif dan mampu menciptakan lingkungan yang baik
Artike Lainnya  Game terpopuler di Turnamen Esports dunia : Part 1

Sikap positif memiliki banyak manfaat bagi karyawan individu dan rekan-rekan mereka. Sikap positif membuat mereka lebih produktif, dan menciptakan lingkungan yang lebih baik untuk sesama karyawan. Satu sifat yang harus dicari dalam kandidat adalah kemampuan mereka untuk mengakui kesalahan dan masih bergerak maju dengan cara yang positif. Ini menunjukkan bahwa mereka akan sama tangguhnya di tempat kerja.

  • Kerja Sama Tim dan Bermusyawarah

Kedisiplinan tentu saja akan menciptakan tingkat produktifitas yang tinggi. Dan kerja sama adalah bukan berbicara harus bekerja sesuai tugasnya saja. Namun, membantu dan bersikap tenang terhadap karyawan lain atau bawahan adalah suatu bentuk kerjasama. Karena perusahaan yang baik, akan di isi oleh orang- orang yang selalu bekerja dengan positif.

Hal tersebut tentu akan berguna, ketika perusahaan mendapatkan sebuah tugas penting, baik itu produksi atau menggapai rencana. Tanpa di isi mental gotongroyong, perusahaan tersebut akan bangkrut, meskipun sekapitalis apapun perusahaan itu, bila tidak ada sisi gotong royong dengan hati yang ikhlas, perusahaan tersebut lambat laun akan colaps.

  • Loyalitas Yang Tinggi

Hati – hati bila anda, mempunyai track record sering bergonta- ganti perusahaan dengan alasan yang tidak logis. Karena setiap perusahaan yang baik tentu akan memperkerjakan seseorang yang akan loyal terhadap perusahaannya. Oleh karena itu, seleksi ketat, tentu saja akan di butuhkan untuk mencari orang- orang yang loyal.

Loyal sendiri bukan berbicara tentang sebuah penghasilan saja, sikap yang baik dalam bekerja adalah sebuah loyalitas yang tinggi. Karena loyalitas akan di pengaruhi oleh adab, norma dan etika dalam bekerja. Bila seseorang cepat emosi dan tidak bisa tenang dalam situasi yang tertekan, maka hal tersebut akan berdampak terhadap loyalitas.

  • Mampu berkomunikasi dengan efektif
Artike Lainnya  Software untuk mendeteksi kerusakan komputer dan laptop

Keahlian lain yang dipilih oleh manajer SDM adalah kemampuan komunikasi. Lebih dari 56% responden mencari softskill ini dari para kandidat. Karyawan yang ideal akan memahami pentingnya komunikasi yang baik, dan betapa buruknya hal-hal yang dapat salah ketika pesan tidak jelas atau tidak terjawab sama sekali. Ketika mencari SDM berkualitas ini di antara para pelamar, ajukan pertanyaan tentang metode komunikasi yang mereka sukai, atau contoh komunikasi yang baik yang pernah mereka alami. Jika tanggapan mereka (verbal dan nonverbal) selaras dengan harapan , mereka mungkin menjadi karyawan yang cocok dengan bisnis .

  • Karyawan yang Profesional

Salah satu tipe calon karyawan yang dicari oleh perusahaan adalah profesional dalam bekerja. Karyawan yang menjunjung profesionalitas dalam bekerja pasti menjadi karyawan favorit setiap pebisnis. Sikap profesional ditunjukkan lewat banyak hal, seperti selalu disiplin saat bekerja, menunaikan tanggung jawab dengan baik, bisa mengesampingkan masalah dan kepentingan pribadi, serta berintegritas.

  • Fleksibel, mampu beradaptasi dengan lingkungan kerja

Fleksibilitas atau kemampuan beradaptasi dipilih oleh 51% responden. Seorang karyawan yang baik tidak akan menolak perubahan secara membabi buta, tetapi berusaha untuk beradaptasi dengannya karena meyakini perubahan itu diperlukan dalam bisnis. Apakah mereka mau mengambil keterampilan baru dan menyesuaikan diri dengan pergeseran bisnis? Jika pelamar dapat menunjukkan fleksibilitas, akan yakin mereka akan bisa beradaptasi dengan mudah ke lingkungan kerja baru mereka.

  • Karyawan yang Memiliki Pengalaman Kerja

Karyawan yang berpengalaman dalam bekerja pasti akan lebih cepat beradaptasi terhadap lingkungan kantor dan pekerjaan barunya. Perhatikan latar belakang pekerjaannya sebelumnya. Sebaiknya, pilih yang relevan dengan posisi jabatan yang disediakan untuknya.

Itulah tipe-tipe calon karyawan yang paling dicari perusahaan. Karyawan tidak harus memenuhi semua tipe tersebut. Namun, setidaknya karyawan tersebut memiliki beberapa tipe yang dibutuhkan perusahaan untuk mengisi posisi yang ditawarkan.

Artike Lainnya  Membuat Cloud VPS di Serverspace.io dan remote SSH dengan Putty