Pernahkan kalian mengalami drive ( System C: ) yang penuh ? atau saat ini sendang kalian alami ? Merepotkan ya, tentunya dengan adanya masalah ini kita jadi tidak bisa menginstal aplikasi lain karena memang sudah tidak terdapat ruang penyimpanan pada drive sistem. Untuk mengatasi masalah tersebut biasanya kita lakukan optimalisasi pada drivenya. Contohnya dengan cara menghapus file-file yang tidak perlu, atau dengan menguninstal aplikasi yang tidak terpakai. Tetapi cara-cara tersebut terkadang masih belum efektif, drive masih tetap penuh. Maka dari itu, direkomendasikan untuk melakukan penghapusan folder Windows OLD. Sekedar info, Windows OLD merupakan sebuah folder di drive sistem. Folder ini biasanya akan muncul ketika selesai install ulang atau setelah melakukan upgrade sistem. Apa Itu Windows OLD ?

Windows OLD merupakan sebuah Folder yang didalamnya berisi data Backup sistem lama. Hmm, jadi bisa dikatan untuk restore sistem kalau ada Error. Kalau Fresh Install atau baru instal ulang, Folder ini memang biasanya tidak muncul.. Tapi beda cerita jika kita habis melakukan Upgrade, biasanya Windows OLD akan secara otomatis dibuat dan muncul di drive sistem Windows OLD sekilas memang memiliki manfaat. Yang jadi masalah adalah total size data yang ada di Folder ini bisa dibilang cukup besar. bisa sampai diatas 5GB (Kalau dari pengalaman saya), bahkan bisa saja mencapai diatas 30GB tergantung aplikasi apa sajaya yang pernah di instal. Maka dari itu sebagian orang pengguna windows mengingkinkan untuk menghapus folder Windows OLD nya.

Artike Lainnya  Layangan unik pembangkit tenaga listrik

Cara menghapus Windows OLD pada Windows 7, 8, dan 10

Menghapus degan cara biasa (Memakai metode delete) kadang tidak berpengaruh terhadap Folder ini. Jadi kali ini kita perlu beberapa cara khusus agar Windows OLD bisa dihapus secara permanen. Mari simak penjelasannya :

Cara yang akan kita lakukan ini 100% aman dan tidak akan menyebabkan error pada sistem. Karena saya sudah sering melakukan cara ini, tidak hanya saat ada folder Windows OLD saja, tetapi rutin saya lakukan saat dua minggu atau sebulan sekali.

  1. Bersiskan dengan Disk Cleanup

Pada Windows, Disk Cleanup sebuah program untuk membersihkan Drive (Biasanya untuk File-File sampah). Mungkin banyak yang belum tahu, jika fitur ini bisa kita pakai untuk menghilangkan Folder Windows.OLD dengan aman. Pada artikel ini saya contohkan menggunakan Windows 10 Cara-caranya adalah :

  • Buka File Explorer > Klik kanan Drive Sistem (C:) > Klik Properties > Lalu klik Disk Cleanup

  • Jika sudah klik Clean Up System Files

  • Tunggu hingga proses loading selesai. Jika sudah, centang opsi Previous Windows Instalations lalu klik OK.

  • Akan muncul notifikasi > kemudian klik Delete File

  • Kemudian akan muncul lagi jendela notifikasi, klik saja YES

Setelah itu tunggu hingga proses hapusnya selesai, lama waktunya tergantung seberapa besar file yang dihapus. Semakin besar file maka akan semakin lama juga waktu prosesnya. Jika sudah selesai restart computer kalian dan cek kembali drive sistem, maka akan terlihat kapasitas ruang yang sudah berbeda dengan sebelumnya. Sekarang sudah terlihat lega.

  1. Menggunakan CMD

Untuk menghilangkan folder Windows OLD kita bisa menggunakan CMD. Caranya adalah :

  • Gunakan kombinasi tombol Windows + R > Ketik CMD > Klik OK
Artike Lainnya  Tips Hemat Belanja Online di Tengah Pandemik

  • Kemudian ketikkan perintah takeown /F C:Windows.old* /R /A > Lalu klik Enter

  • Setelah akses Windows.OLD berhasil diberikan, selanjutnya masukkan perintah cacls C:Windows.old*.* /T /grant administrators:F > Tekan Enter > Ketik Y > dan Tekan Enter lagi.

  • Lalu masukkan perintah rmdir /S /Q C:Windows.old > Tekan Enter

Jika sudah tinggal tunggu proses nya selesai saja, kemudian restart komputer atau laptop anda. Cara ini tidak beda jauh dengan yang pertama tadi. Tapi cara ini bisa jadi alternatif, kalau sebelumnya tidak berhasil.

Itulah cara menghapus folder Windows old , lakukan dengan teliti dan perlahan supaya tidak terjadi error. Semoga artikel ini bisa bermanfaat. Terimakasih