Smartphone telah menjadi alat elektronik yang seperti wajib dimiliki, karena hampir sudah menjadi kebutuhan pokok setiap orang. Baik dari kalangan anak anak, remaja ataupun orang tua sudah mempunyai smartphone. Hal ini terjadi tidak lain karena Smartphone mempunyai banyak sekali fungsi yang bisa membantu seseorang dalam aktivitas sehari-harinya. Mulai dari mengakses informasi, komunikasi dengan seseorang, koordnasi pekerjaan, dan lain-lain. Hampir setiap aktifitas tidak bisa terlepas dari smartphone, entah itu bangun tidur, makan atau berpergian. Padahal kalau kita memakai terlalu berlebihan, kesehatan mata kita bisa terganggu. Nah, untuk melindungi mata dari bahaya sinar layar gadget, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan yaitu:

1. Tidak Mengucek Mata Secara Berlebihan

Apabila ketika saat kalian sering mengucek mata ketika mata kalian kering atau pada saat mata kalian mengalami kelilipan, usahakan kalian menghentikannya. dikarenakan jika mata kalian sering di kucek maka akan menyebabkan iritasi pada mata hal tersebut biasanya di sebabkan oleh debu ataupun kotoran yang biasanya mengenai mata. dan sebaiknya jika kalian menggunakan smartphone jangan terlalu sering atau berlebihan ketika mengucek mata.

2. Berkedip dan Ubah Posisi Jarak Pandang

Saat sudah fokus mengerjakan sesuatu di depan komputer misalnya, kita sering lupa untuk berkedip. Padahal berkedip ini sangat penting ketika sedang menggunakan gadget. Kalau mata dibiarkan terbuka dalam waktu lama, maka akan terasa kering dan pastinya akan menimbulkan rasa tak nyaman. Selain itu, ubah posisi jarak pandang setiap beberapa sekali agar bola mata tak terasa kaku.

Artike Lainnya  Cara mengatasi Wifi no internet access di windows

3. Kurangi Penggunaan Gadget Sesaat Sebelum Tidur

Minimal sejam sebelum tidur, jauhkan diri Anda dari gadget apapun. Cara ini bisa membantu Anda lebih mengontrol penggunaan gadget setiap harinya.

4. Mengatur Pencahayaan Layar

Kalau Anda menggunakan gadget di ruangan atau tempat dengan cahaya melimpah, tingkatkan pencahayaan layar gadget Anda. Sebaliknya, jika ruangan redup, pencahayaan gadget perlu dikurangi.

5. Menggunakan Pelindung Layar

Pengguna Smartphone yang cerdas ialah pengguna yang tidak berlebihan ketika bermain smarphone dan dapat mengatur pemakaiannya. tips lain utnuk menjaga mata adalah dengan cara memsalah pelindung layar dikarenakan hal tersebut dapat meminimalisir efek radiasi smartphone, contohnya anti gores, atau pun pelindung layar sebagainya.

6. Dapatkan Paparan Sinar Matahari

Usahakan untuk meluangkan waktu beberapa menit mendapatkan paparan sinar matahari langsung. Tujuannya untuk menyesuaikan ritme sirkadian Anda dan meningkatkan mood.

7. Menggunakan Smartphone dengan jarak aman

Ketika smartphone kalian tidak menggunakan pelindung layar atau anti gores, Alangkah baiknya kalian menggunakannya dengan jarak yang aman. yaitu untuk jarak aman pemakaian msartphone dengan benar, kurang lebih berjarak hingga 30 cm.

8. Cegah Silau

Pastikan layar gadget Anda bersih. Usahakan saat menggunakan gadget, Anda tak merasa silau. Caranya bisa disiasati dengan menggunakan tirai jendela yang tepat (saat bekerja dengan komputer di dalam ruangan terang) atau menyesuaikan pencahayaan ruangan dengan cahaya dari monitor gadget Anda.

9. Gunakan Kacamata Khusus

Saat ini sudah ada kacamata yang didesain khusus untuk mengatasi silau dan melindungi mata dari paparan sinar monitor berlebih.

10. Posisikan Layar 5 Inci Lebih Rendah dari Mata

Saat menggunakan ponsel atau tablet misalnya, posisikan layar 5 inci lebih rendah dari mata Anda. Dengan begitu mata akan terbuka lebih sedikit dan tidak mudah lelah.

Artike Lainnya  Mengenal Fitur Pada Kamera Smartphone

11. Istirahat Setiap 15-20 Menit

Setiap 15-20 menit sekali, istirahatlah. Anda bisa gunakan waktu istirahat untuk berkedip, istirahat dengan memejamkan mata, atau jalan-jalan di sekitar ruangan.

Semoga tips cara melindungi mata dari bahaya sinar layar hp ini bermanfaat dan menambah wawasan bagi kalian. Terima kasih.