Universal Serial Bus yang biasanya di singkat USB dikenal masyarakat luas berdasarkan versi dan tipe. Teknologi pada Port USB saat ini mengalami pembaruan dari segi fungsi dan kecanggihan. Terdapat beberapa jenis USB yang sudah beredar di pasaran yaitu, Port USB Type A, USB Type B, USB Mini, USB Micro. Smarthpone yang meluncur beberapa tahun terakhir ternyata mengusung teknologi Port USB terbaru, kalian semua yang mengikuti tren perkembangan teknologi atau malah sudah memiliki smartphone dengan teknologi terbaru pasti sudah tahu, Port USB tersebut adalah Port USB Type C. USB Type C memiliki Port yang lebih simpel, bentuknya pun pipih memanjang serta dapat dicolok atau ditanamkan ke Port Type C dari berbagai sisi. Dengan kata lain, USB Type-C bisa dibolak-balik untuk pemasangannya.

Seiring pesatnya kemajuan teknologi, Port USB Type C memiliki daya kecepatan yang paling tinggi diantara port USB jenis lainnya saat ini, selain kecepatan transfer yang meningkat secara signifikan, bentuk port Usb Type C memiliki bentuk yang bulat pipih yang di dalamnya terdapat 8 hingga 24-pin, sehingga dalam pemasangan ke perangkat untuk keperluan transfer data maupun pengisian baterai tidak perlu khawatir dengan posisi terbalik.

Peningkatan pada jumlah pin konektor pada USB Type C tidak memerlukan ruang lebih seperti port Micro USB yang lama karena ukuran pin konektor pada USB Type C lebih kecil. Salah satu alasan tersebut menjadikan USB Type C akan menjadi standar baru industri teknologi tekhusus industri Smartphone.

Artike Lainnya  Cara mudah memperbaiki error Windows 10

USB Type C memiliki kecepatan 10 Gb transfer data, yang dimana angka tersebut dua kali sudah lebih cepat dari port USB standar pada umunya, kecepatan pada port USB 3.0 terbaru hanya sampai 5 Gb per detik, bahkan lebih cepat 20 kali dari kecepatan Port USB 2.0. Dengan meningkatnya kecepatan transfer data yang di hadirkan, USB Type C menghasilkan tenaga hingga mencapai 100W/20V dan 5A, serta memiliki arus bersifat dua arah atau Bi-Directional Power. Dengan jumlah daya tersebut, USB Type C dapat digunakan untuk mengecas perangkat laptop atau notebook yang sudah mendukung teknologi port USB Type C.

Eitss, tunggu dulu.. istilah diatas langit masih ada langit menjadi acuan para produsen teknologi untuk saling bersaing mendapatkan pasar dengan menawarkan produk mereka yang kian canggih dan semakin menarik.

Belum lama ini terdapat teknologi port yang di kembangkan oleh Intel yaitu Thunderbolt, Intel bekerja sama dengan Apple untuk merilis teknologi Thunderbolt di produk seri Mac, seperti iMac, MacBook Air, MacBook Pro Retina, New MacBook Pro.

Thunderbolt adalah teknologi I/O atau Input Output yang memiliki kecepatan yang super cepat, di desain dalam ukuran dan dimensi port yang cukup ringkas, teknologi ini menggabungkan transfer data antara Display Port dengan PCIe atau PCI Express, dengan teknologi ini, kita bisa menghubungkannya dengan perangkat layar yang beresolusi 4k atau berbagai perangkat lain yang berkecepatan tinggi.

Kecepatan yang di usung teknologi Thunderbolt ini mampu mentransfer data sampai dengan kecepatan 40 Gbps, untuk saat ini hanya Thunderbolt yang mampu mentransfer data hingga mencapai 40 Gbps. Dengan kecepatan tersebut, port ini mampu mengirimkan video ke perangkat monitor lain dengan resolusi maksimal 4K. Bahkan uniknya dengan Thunderbolt ini, bisa digunakan sebagai penghubung GPU External. Laptop saat ini yang sudah mendukung port Thunderbolt akan menjadi laptop gaming yang super kencang dengan kehadiran port ini, kita bisa memasang grafis external seperti Nvidia GeForce RTX 2060, bisa juga memakai seri dibawahnya atau yang lebih tinggi. Dengan menambahkan GPU External akan menjadikan sebuah laptop menjadi PC Gaming yang bisa di bawa kemana-mana dan main game dimanapun, bahkan untuk editing foto, video, animasi 3D dan lainnya.

Artike Lainnya  Bingung Laptop Mendadak Black Screen? Begini Solusinya

Tipe port Thunderbolt menggunakan Usb Power Delivery, yang artinya Thunderbolt dapat mengirim atau menerima daya listrik hingga 100 watt, laptop dengan teknologi ini bisa menjadi pusat terminal daya yang kecil untuk menghubungkan berbagai perangkat dalam mengirim atau menerima daya listrik.

Port Thunderbolt memiliki bentuk yang sama dengan port Type C, hal ini karena bentuk port Type C akan menjadikan standar industri baru karena spesifikasi dan bentuk desain port yang kecil, ringkas dan bisa di bolak-balik, dan karena kelebihan inilah teknologi Thunderbolt mengadopsi spesifikasi konektor yang sama dengan Type C, sehingga konektor Type C bisa tersambung ke port Thunderbolt tanpa perlu adanya tambahan adapter.