Template PowerPoint adalah pola atau cetak biru dari slide atau grup slide yang Anda simpan sebagai file .potx. Template dapat berisi tata letak, warna, font, efek, gaya latar belakang, dan bahkan konten. Anda dapat membuat template khusus Anda sendiri dan menyimpannya, menggunakannya kembali, dan membaginya dengan orang lain,

Namun sebelumnya kita harus mengetahui dimana akan kita simpan materi tersebut,

  • Tempat meletakkan template

Jika Anda telah membuat template atau mendapatkannya dari tempat lain, simpan di lokasi yang tepat untuk membuatnya mudah untuk diterapkan:

“C: \ Users \ <UserName> \ AppData \ Roaming \ Microsoft \ Templates”

Ganti <UserName> dengan apa pun nama pengguna Anda di komputer anda.

  • Konfirmasikan letak template dengan Office

Pilih File> Option> Save.

Di bawah Save presentations, di kotak bernama Default personal templates location, tentukan letak yang disebutkan di atas yang sesuai untuk sistem operasi Windows Anda.

Klik OK.

Setelahnya kita bisa mulai menerapkan template yang telah kita buat tersebut,

  • Terapkan template

Di PowerPoint, klik File, lalu klik New. Kemudian lakukan salah satu dari yang berikut:

Ketikkan kata kunci dalam bidang Pencarian untuk template dan tema online, dan tekan Enter. Ketika Anda menemukan template yang Anda inginkan, klik untuk melihat detailnya, lalu klik Create.

Nah, setelah berhasil menerapkan template maka selanjutnya akan membahas sedikit mengenai cara membuat presentasi di microsoft powerpoint yang efektif dan menarik. Sederhana dan tidak membutuhkan waktu lama, yang akan menjadikan presentasimu menjadi lebih baik.

  • Killer Opening Slide
Artike Lainnya  memperbaiki RAM yang tidak bisa terbaca di komputer

Killer Opening Slide adalah slide pembuka dalam presentasi. Dalam bagian slide ini, dibuat sedemian rupa agar menarik. Karena slide pertama merupakan awal presentasi dan kesempatan kamu untuk menarik audiens. Gunakan gambar yang menarik, unik, warna yang mencolok namun tetap enak dilihat. Jika awal presentasi kamu sudah bagus, maka orang akan tertarik untuk mengikutinya.

  • Gunakan Theme Custom

Gunakan tema pada power point, tentunya hal ini akan membuat power point lebih menarik. Di dalam power point ada beberapa tema gratis yang sudah disediakan, tetapi jika Anda bosan dan ingin tampil beda, Anda bisa download di web yang menyediakan berbagai tema power point.

C:\Users\ASUS\Pictures\Screenshots\Screenshot (57).png

  • Minimalkan Jumlah Slide

Cara membuat presentasi yang baik dan menarik tentunya harus efektif dalam penyampaiannya. Agar pesan bisa tersampaikan dengan baik dan perhatian audiens tidak teralih, pertahankan jumlah slide dalam presentasi seminimal mungkin. Penjelasan dan penyampaian Anda merupakan faktor yang sangat penting dalam hal ini.

  • Buat teks sederhana dengan menggunakan poin-poinnya saja

Gunakan poin-poinnya atau kalimat singkat saja tanpa kalimat-kalimat yang panjang. Dengan itu, anda bisa menjelaskan satu per satu poin-poin tersebut. Kalimat yang panjang tentunya mengganggu konsentrasi audiens dari mendengarkan kamu karena membaca kalimat di slide presentasi.

  • Gunakan Grafik Dalam Menyampaikan Pesan Presentasi

Gunakan grafik untuk bercerita, hal ini sangat membantu menarik minat audiens pada presentasi anda. Tetapi perlu diingat, jangan terlalu banyak memberi grafik pada presentasi karena hal ini akan menyulitkan audiens dan tentunya akan membuat audiens bosan.

  • Gunakan font yang jelas dan bisa di lihat dari jarak jauh

Terkadang tidak semua orang bisa melihat tulisan yang ada di layar dengan jelas. Maka dari itu usahakan untuk memilih font yang jelas dan mudah dimengerti semua orang. Hindari font yang rapat, seperti Arial menyempit, dan menghindari font yang menyertakan tepian mewah, seperti Kali. Anda juga harus memperhatikan apakah font yang Anda pilih bisa dibaca dari jarak yang jauh.

  • Layar belakang slide tetap halus dan konsisten
Artike Lainnya  Pengertian dan manfaat VPN

Hal ini dilakukan agar audiens lebih nyaman melihat presentasimu. Namun jangan pilih yang terlalu mencolok agar tidak mengaburkan pesan presentasimu.

  • Periksa Ejaan dan Tata Bahasa

Menggunakan ejaan dan tata bahasa yang benar untuk mendapatkan dan mempertahankan rasa hormat dari audiens, selalu periksa ejaan dan tata bahasa dalam presentasi Anda. Hal ini kerap kali dianggap sepele, padahal adanya kesalahan kecil seperti ini sering sekali diperhatikan oleh audiens.

Nah, di atas sudah dijelaskan beberapa point untuk membuat presentasi di microsoft powerpoint menarik dan efektif. Poin-poin ini bisa kamu pelajari untuk membuat prsentasimu lebih baik. Semoga membantu.