Antena wireless menjadi salah satu sektor yang ikut serta dalam mendorong kemajuan dunia teknologi. Pengertian antena dibidang Ektronik adalah “transformator/struktur transmisi antara gelombang terbimbing (saluran transmisi) dengan gelombang ruang bebas atau sebaliknya. Saat ini antena wireless menjadi salah satu elemen penting yang harus ada pada sebuah teleskop radio, tv, radar, dan semua alat komunikasi lainnya yang menggunakan sinyal”. Arti sederhana dari antena wireless adalah sebuah alat untuk mengirim dan menerima sinyal elektromagnetik.

Antena pada sebuah alat komunikasi berperan untuk mengubah sinyal listrik menjadi sinyal elektromagnetik, lalu antena memancarkannya (memancarkan sinyal elektromagnetik ke udara/ruang bebas) dan begitu juga sebaliknya, antena berfungsi untuk menerima sinyal elektromagnetik (menerima sinyal elektromagnetik dari udara/ruang bebas) dan mengubahnya menjadi listrik. Dengan antena, kita memiliki suatu pemancar atau penerima yang berfungsi untuk menyalurkan sinyal. Bentuk antena wireless memiliki desain yang berbeda-beda untuk menyesuaikan pola penyebaran frekuensi dan gain. Jadi, perlu untuk kita ketahui dan harus bisa membedakan jenis-jenis antena wireless agar nanti ketika kita ingin membeli tidak keliru dengan jenis antena wireless seperti apa yang kita butuhkan.

Jenis – Jenis Antena Wireless dan Fungsinya

jenis antena wireless fungsinya

Antena wireless yang mimiliki desain menyerupai seperti jaring ini sangat populer digunakan untuk menembak sinyal wifi jarak jauh, karena sudut pola pancaran antena ini lebih terfokus pada titik tertentu sesuai dengan pemasangan antena. Untuk jangkauan antena ini hanya satu arah, menjadikan jenis antena ini tidak bisa berdiri sendiri, dan harus tambahi antena pemancar sebagai pelengkap yang di pasangkan di tempat lain. Frekuensi yang dimiliki Antena Grid yaitu 2,4 GHz dan 5,8 GHz.

  • Antena Omnidirectional

download

Antena Omnidirectional berbentuk pipa memanjang seperti tongkat, antena dengan jenis ini biasanya digunakan sebagai pemancar karena jangkauan antena ini sangat luas dibandingkan dengan Antena Grid. Penyebaran frekuensi antena ini menyebar ke semua arah dan membentuk lingkaran. Contoh antena dari jenis ini biasa digunakan pada antena radio dan antena remote control. Antena ini juga cocok digunakan sebagai Point to Multi Point pada jaringan wireless dan sangat cocok jika digunakan untuk hotspot.

  • Antena Sectoral

jenis antena wireless fungsinya

Antena sectoral berfungsi hampir sama dengan antena omnidirectional, antena ini biasanya digunakan untuk mengakses point ke Point to Multi Point. Antena ini mampu menjangkau 6-8 km. Jarak ini dimiliki antena sectoral karena antena ini memiliki gain yang lebih tinggi dari pada antena omndirectional. Sudut pancaran antena ini adalah 45-180º dan pemasangannya di anggap tidak maksimal dalam difusi sinyal. Hasil frekuensi dan pancaran sinyal yang bagus dari antena sectoral sering di jadikan sebagai pemancar sinyal pada tower GSM.

  • Antena Yagi

5

Bentuk antena Yagi hampir sama dengan antena Grid, cakupan jangkauan antena ini juga searah. Yang membedakan antena Yagi dengan antena Grid adalah antena Yagi tidak digunakan dalam penggunaan jaringan. Bagian-bagian antena ini meliputi Driven, Reflector, Dan Director. Driven adalah titik catu dari kabel antena, Reflektor yang terdapat pada bagian belakang berfungsi untuk memantulkan sinyal, dan Director adalah bagian pengarah dari antena.

  • Antena Parabolic

Antena-Rocket-Dish

Antena Parabolic memiliki fungsi dan frekuensi yang sama dengan antena grid, tetapi jangkauan antena ini lebih jauh dan lebih fokus daripada antena Grid. Kebanyakan dari antena Parabolic digunakan untuk aplikasi point to point jarak jauh dan outdoor pointing.

  • Antena 8 Quad

7

Antena 8 quad merupakan antena yang dapat memancarkan frekuensi satu arah dengan sudut se-arah, dan menjadikan antena ini memiliki kelebihan untuk dijadikan antena acces point yang dimana pengguna bisa mengaksesnya selama masih didalam area jangkauan antena.

  • Antena PVC

6

Antena Pvc, selaras dengan namanya yaitu Pvc, karena antena ini memang menggunakan pipa Pvc yang kemudian dilapisi menggunakan alumunium foil. Antena Pvc ini merupakan versi upgrade dari antena kaleng yang sering rawan dengan karat jika pemasangannya di outdoor. Kelebihan dari versi upgrade ini tentu tahan dari karat dan mudah di pasang, namun jangkauan sinyalnya hanya mencapai 300 m.

  • Antena Wajan Bolic

jenis antena wireless fungsinya

Wajan Bolic merupakan antena yang unik, karena antena ini memakai penguat sinyal dengan alat penggorengan atau wajan. Pada tahun 2005 pemerintah melegalkan jenis antena ini karena desain dari antena Wajan bolic menyerupai parabola. Untuk menggunakan jaringan ini kita memerlukan AccesPoint atau WLAN yang memiliki frekuensi 2,4 GHz. Antena jenis ini biasanya digunakan untuk memperkuat frekuensi sinyal pada Hotspot, seperti Kampus, Kafe, Mall, dan tempat lain yang menyediakan Free Wifi.

Artike Lainnya  Inilah penyebab laptop terkena virus dan malware

Itulah dia temen-teman mengenai jenis antena wireless dan fungsinya, jadi sekarang sudah bisa membedakan dan memilih antena wireless sesuai dengan keperluan kalian ya teman-teman.