Ketika kita akan atau telah membuat website maupun blogs pribadi dengan wordpress kita juga memerlukan plugin tambahan terbaik untuk wordpress. WordPress merupakan Content Management System (CMS) terbaik didunia untuk saat ini, dengan banyaknya para pengembang tema dan plugin dari berbagai belahan dunia WordPress sendiri dikembangkan oleh perusaan Automattic Inc yang berbasis di Amerika Serikat. dan dengan plugin-plugin berikut ini rasanya website kita akan lebih powerfull dan juga dapat dimaksimalkan dengan baik, dengan tujuan sebagai optimalisasi website maupun untuk tujuan peningkatan Search Engine Optimization atau SEO. diantara plugin berikut ada yang sepenuhnya berbayar/ berlanggan atau ada yang memang benar benar gratis akan tetapi dengan fitur yang sangat bagus. dimulai dari plugin untuk backup website maupun kusus untuk SEO. baik langsung saja kita bahas satu per satu pluginya.

1. Yoast SEO

Yang pertama kita akan membahas mengenai Yoast SEO. ini merupakan salah satu plugin Freemium terbaik untuk urusan dunia SEO, karena dengan plugin ini kita dapat mengetahui apa saja yang perlu kita perbaiki dari halaman landing, hingga tiap posting akan ada tampilan Yoast SEO. untuk kalian jika ingin merasakan plugin ini ke premium bisa upgrade lisensi seharga US $ 89 untuk 1 website, jika kalian membeli dengan partai besar bisa hingga untuk 10 website dengan harga US $ 757. ini cukup sepadan untuk fitur yang akan didapatkan. Untuk plugin ini kita seting Snippet postingan, fokus kata kunci, meta deskripsi, analisa seo dan lainnya. plugin ini sendiri telah diunduh sebanyak 5 juta kali diseluruh dunia

Artike Lainnya  Menyembunyikan dan melihat file di komputer

yoast plugin terbaik wordpress

2. Updraft Plus

Nah untuk masalah backup website kita merekomendasikan plugin updaft plus, ini juga merupakan kategori plugin Freemium alias kita bisa menggunakan versi free atau gratis dan juga kalau mau menggukan fitur yang lebih lengkap tinggal kita membeli lisensi dari updraftplus.com. untuk paket lisensi personal harganya US $ 70/tahun dapat digunakan untuk 2 website sedangkan untuk yang unlimited website bisa kalian membelinya seharga US $ 195/tahun, updarft plus dapat melakukan backup setiap hari/minggu dengan penyimapan backup di server updarft plus sendiri maupun kalian bisa menggunakan pihak ketiga seperti AWS S3, Google Drive, Dropbox, MS One Drive, copy.com, email, FTP dll. plugin ini telah di download sebanyak 2 juta kali lebih menurut data dari wordpress.org.

updarft plus plugin wordpress untuk backup web

3. WP Rocket

Untuk malasah Caching Web di WordPress terdapat banyak pilihannya akan tetapi kali ini kita merekomendasikan menggukan wp rocket, Web Caching sendiri terdapat berbagai jenis tapi pada dasarnya fungsi caching web adalah proses penyimpanan data untuk sementara waktu baik pada website, browser, atau aplikasi sehingga mereka tidak perlu mendownload data yang sama setiap kali seseorang mengaksesnya. walaupun ini tidak ada versi gratisnya kita rasa harganya tidaklah terlalu mahal untuk 1 website dibandrol dengan harga US $ 49/tahun ada juga versi ulimited web seharga US $ 249/tahun. dengan harga tersebut kita akan mendapatkan fitur caching web wordpress terbaik dengan fitur-fitur Quick Setup, Page Caching, Cache Preloading, Sitemap Preloading, GZIP Compression, Browser Caching, Database Optimization, Google Fonts Optimization, Remove Query Strings from Static Resources, Lazyload, Minification / Concatenation, Defer JS Loading, CloudFlare Compatibility, CDN, DNS Prefetching, Mobile Detection, Multisite Compatibility, eCommerce Friendly, Multilingual Compatibility, Connected Users,Import/Export dll. plugin ini juga sangat mudah diseting dan juga dokumentasi yang mudah dipahami.

Artike Lainnya  Menghubungkan smartphone ke wifi tanpa ketik password

4. Wordfence

Dalam membuat website tentunya kita juga harus memperhatikan dari sesi kemanan website agar terhindar dari deface, hack, disusupi virus dan ancaman kemanan lainya, selain cara penecegahan web dirusak/rusak dengan cara backup website secara rutin kita juga harus meningkatkan keamnan website dari wordpress itu sendiri walaupun dari kemanan web server kita atau dari pihak hosting sudah sangat bagus, maka kita juga perlu meningkatkan keamnan websitenya yang kita dapat lakukan adalah dengan cara menginstall plugin tambahan kemaan, ada banyak jenisnya dari yang free hingga berbayar. Nah untuk plugin keaman Wordfence sendiri berbayar life time seharga US $ 99 per website. plugin ini telah diunduh sebanyak 3 juta kali. plugin ini banyak fitur dari 2 Factor Authentificatio (2AF), IP blocklist, Scanner, Brute Force Firewall, dll.

wordfence security wordpress plugin

5. One Signal

Jika kalian membuat website dengan wordpress untuk blog berita yang selalu update setiap hari bahkan mungkin update postingan 10 kali dalam sehari tidak ada salahnya kalian menginstall plugin one signal ini, one signal merupakan jenis plugin untuk mengirim notifikasi kepada pengunjung website jika ada update postingan/berita terbaru dari kalian. one signal dapat mengirim untuk berbagai jenis device dan juga berbagai merk perangkat smartphone baik ios maupun android. plugin ini juga dapat mengedit tulisan notifikasi yang akan tampil kepada pengunjung, dan juga cara seting plugin ini tidaklah sulit karena banyak turorial yang sudah membahasnya.

one signal web push notifycations

 

Nah itu dia teman-teman rekomendasi plugin wordpress yang kalian install untuk meningkatkan performa website yang menggunakan wordpress. tentu saja kebutuhan setiap website yang dibuat berbeda akan tetapi bebrapa plugin diatas merupakan plugin yang sangat direkomendasikan untuk diinstall. semoga bermanfaat untuk kalian dan silahkan dicoba di server lokal kalian dulu sebelum masuk ke server asli untuk di onlinekan.

Artike Lainnya  Fitur unggulan yang ada di teknologi NFC