Kalau kamu akan membeli keyboard sebaiknya simak panduan membeli dan memilih keyboard komputer dalam artikel ini. Banyaknya tipe, jenis dan merek keyboard wireless memang bisa membuat kita kebingungan untuk memilih keyboard yang pas untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Oleh karena itu, ProductNation telah menyiapkan tips yang dapat membantu kamu untuk dapat menentukan keyboard wireless yang sesuai dengan kebutuhan keseharianmu: productnation

  • Pilihlah desain keyboard yang sesuai

Pastikan ukuran dan bentuk keyboard yang sesuai dengan kebutuhanmu. Apabila kamu lebih sering menggunakan keyboard wireless ini untuk dihubungkan dengan tablet atau smartphone, maka ukuran sedang dengan desain yang tidak menyiku akan lebih cocok digunakan dan mudah dibawa. Lain halnya kalau ingin disambungkan ke laptop atau PC. Ukuran penuh bisa kamu pilih untuk kenyamanan mengetik.

  • Pilihlah keyboard yang lengkap dan nyaman ditekan

Perbedaan mencolok dari dua jenis papan ketik di poin sebelumnya adalah tombol yang tersedia. Ukuran penuh atau besar biasanya memiliki numeric pad di sebelah kanan. Selain itu terdapat sederetan tombol pintas di bagian atas seperti play, pause, stop, dan sleep. Soal kenyamanan ketik bisa kamu lihat dari spesifikasinya, apakah travel distance-nya sesuai dengan kebiasaanmu atau tidak., dan pilihlah keyboard wired atau berkabel permanen ketika kamu gunakan tidak di pindah pindah ke tempat lain.

  • Tentukan mekanisme tombol yang kamu inginkan

Secara umum terdapat empat tipe mekanisme tombol yang dapat kamu pertimbangkan. Pertama ada keyboard tipe membran berbahan silikon yang memberikan respon seperti pegas. Berikutnya adalah pantograph yang berbahan silicon yang lebih tipis dan sensitif. Ketiga ada jenis mekanis berbahan logam pegas yang berkualitas tinggi. Terakhir adalah contactless dengan pegas spiral conical yang membuat tombol tidak bersentuhan langsung dengan print-board atau biasa disebut mechanical keyboard.

Artike Lainnya  Mengasah kemampuan softskill untuk karir kerja

Sepertinya itu adalah sebuah keyboard untuk smartphone, tapi didesign untuk PC karena hanya bisa terhubung via dongle. Pastikan anda baca dimensi produk di bagian spesifikasi untuk punya gambaran pasti tentang ukuran produknya.

  • Pastikan keyboard kompatibel dengan perangkatmu

Poin ini sering diabaikan oleh pengguna. Sering dialami kejadian bahwa keyboard yang dipilih tak cocok dengan perangkat yang dituju. Untuk itu, selalu periksa spesifikasi gadget­-mu menggunakan bluetooth versi berapa. Kemudian tinggal cocokkan saja dengan rincian detail keyboard. dan jika menggukan kabel apakah komputer milik kamu masih memiliki port ps2 atau tidak karena rasanya saat ini sudah tidak ada lagi produsen keyboard yang menggunakan port ps2 sebagai interfacenya.

  • Sesuaikan harga keyboard dengan keuanganmu

Karena di jaman saat ini banyak sekali brand teknologi membuat keyboard dengan berbagai ukuran, teknologi serta harga. untuk sebagai gambaran saja ada beberapa jenis jenis keyboard mechanical dan juga wireless yang digunakan oleh para gamer memiliki harga yang sangat fantastis. sebut saja razer, logitech gaming, dll. untuk rekomendasi keyboard bisa kita membuat post selanjutnya.