tutorial cara recovery data windows, Install ulang sistem operasi seperti misalnya install ulang sistem operasi Windows adalah suatu pekerjaan yang sangat menyita waktu. Proses install Windows-nya sendiri sebetulnya relatif singkat, hanya saja tahapan setelahnya yang selain menyita waktu juga bisa dibilang membosankan, kenapa? karena kita harus meng-install driver, software atau aplikasi yang diperlukan, serta tahapan konfigurasi lainnya seperti misalnya mengatur konfigurasi network, mengatur konfigurasi aplikasi yang spesifik, dan lain sebagainya.

Untuk mempercepat proses install ulang tersebut, dengan pertimbangan bahwa seting dan konfigurasi Windows serta aplikasi yang kita gunakan relatif tetap, maka kita bisa menggunakan software Disk Imaging untuk men-deploy sistem operasi ke komputer berikut segala aplikasi dan seting / konfigurasi yang telah diatur sebelumnya. Secara garis besar cara kerja software Disk Imaging ini sederhana, yaitu software akan menyimpan / membackup partisi hardisk kedalam file tertentu yang lazim disebut dengan image (Disk Image / Partition Image). Dan kemudian jika hendak digunakan, misalnya kita hendak menginstall ulang sistem operasi, maka kita tinggal melakukan restore dari image yang telah disimpan tersebut. Cara seperti ini jelas dapat menghemat banyak waktu dibandingkan kita melakukan install ulang secara manual.

 Acronis True Image adalah sebuah software yang berfungsi untuk melakukan full backup system anda; sangat berguna bagi anda yg setiap hari bekerja dengan PC Komputer, bisa anda bayangkan jika semua aplikasi software yg telah terinstall dalam PC/komputer anda tiba2 rusak dalam semalam,karena virus atau spyware dll, anda harus melakukan

Artike Lainnya  Mengenal ilmu profesi kerja Akuntasi

Sejarah Acronis True Image

Acronis True Image adalah produk perangkat lunak yang diproduksi oleh Acronisyang menyediakan perlindungan data untuk pengguna pribadi termasuk,cadangan, arsip, akses dan pemulihan untuk sistem operasi Windows,macOS,iOS, dan Android.Sebagai perangkat lunak pencitraan disk , True Image dapat mengembalikan gambar yang sebelumnya diambil ke disk lain, mereplikasi struktur dan konten ke disk baru, juga memungkinkan kloning disk dan mengubah ukuran partisi, meskipun disk baru memiliki kapasitas yang berbeda. Cadangan dalam format berpemilik yang menyimpan menggunakan format nama file .tib. Acronis diluncurkan pada 2003 dan pada Desember 2014 diklaim memiliki lebih dari 5 juta pengguna konsumen dan 500.000 bisnis.

Acronis dimulai pada tahun 2001 sebagai divisi dari Swsoft dan pada tahun 2003 menjadi perusahaan yang terpisah dan terus merilis perangkat lunak Acronis True Image.Nama True Image diaplikasikan ke semua platform dari Home hingga Corporate hingga 2010, ketika perangkat lunak cadangan bisnis Acronis diganti namanya, dengan True Image menjadi versi rumah.

Versi Versi True Image

VersiTahunCatatan
6.02002Mendukung pembuatan gambar disk pada media DVD yang dapat direkam dan drive USB eksternal.
7.02003Termasuk antarmuka berbasis driver. Mendukung kloning disk yang secara langsung menduplikasi konten hard drive ke yang lain.
8.02004Mendukung pencadangan ke lokasi jaringan dan memulihkan file individual dari disk image.
9.02005Versi terakhir untuk mendukung Windows 98 dan Windows ME . Secure Zone memungkinkan membuat cadangan ke partisi drive tersembunyi. Startup Recovery Manager membantu memulihkan selama waktu boot tanpa disk boot terpisah.
10.02006Cadangkan dan pulihkan langsung dari jaringan berbagi dan server FTP . Dapat menyimpan arsip Microsoft Outlook dan Outlook Express serta Windows Address Book .
11.02007Penghancur File membantu menghancurkan file secara permanen. Try & Decide membantu menyiapkan kotak pasir di mana program yang tidak tepercaya dapat berjalan dengan aman tanpa risiko mengubah atau merusak sistem secara permanen.
20092009Cadangan Satu Klik mencadangkan komputer menggunakan pengaturan default, tanpa mengajukan pertanyaan selain tujuan pencadangan.
20102010Mendukung Virtual Hard Disk (VHD) dan Windows 7 . Pencadangan Nonstop memberikan perlindungan data yang berkelanjutan . Pencadangan Online mencadangkan data ke lokasi di luar situs di Internet.
20112010Mendukung USB 3.0 , integrasi dengan Windows 7 dan skema cadangan yang telah ditentukan.
20122011Mendukung sinkronisasi file, penyimpanan yang terpasang jaringan , Pencadangan Nonstop melalui jaringan dan cadangan online terintegrasi. 
20132012Menambahkan akses seluler dan dukungan Windows 8 (kecuali UEFI Secure Boot ). 
20142013Perbaikan bug, perubahan kecil. Dukungan UEFI Secure Boot telah ditambahkan dalam versi ini.
20152014Secara radikal mengubah UI dan menghapus banyak fitur termasuk konversi file cadangan dari format .tib ke .vhd dan sebaliknya, manajemen file cadangan pengguna (penghapusan cadangan yang ada saat tujuan memiliki ruang yang tidak cukup untuk cadangan baru), konsolidasi inkremental yang digerakkan pengguna cadangan, impor dan ekspor pengaturan cadangan, dan kemampuan untuk mengurutkan cadangan berdasarkan tanggal.
20162015Dukungan tambahan untuk Windows 10. Dukungan dihapus untuk Windows Vista.
20172016Menambahkan penanggulangan ransomware aktif, layanan notaris berbasis blockchain, dan penandatanganan elektronik (hanya versi premium).
20182017Menambahkan kloning disk aktif dan cadangan berkelanjutan.
   

Install ulang kembali satu persatu semua aplikasi software dan system dari PC/komputer anda. Sebelum hal itu terjadi gunakan software ini untuk melakukan backup system anda secara berkala.

Artike Lainnya  Memperbaiki Touchpad Laptop Loncat - Loncat Karena Driver Error

Ber ikut ini contoh cara menggunakan software Acronis True Image tersebut.

Dalam sistem operasi Windows, Acronis True Image dapat kita jalankan seperti halnya software / aplikasi Windows lainnya. Namun cara ini tidak disarankan karena proses akan berjalan lebih cepat dan lebih mudah jika Acronis True Image ini kita jalankan diluar sistem operasi Windows tersebut, yaitu dengan membuat sebuah bootable media dan kemudian menjalankan Acronis lewat bootable media tersebut. Kebetulan Acronis memang sudah menyediakan fasilitas tersebut, kita tinggal menjalankan software Bootable Rescue Media Builder yang otomatis terinstall saat kita menginstall Acronis True Image di Windows, dan kemudian memilih media boot-nya, bisa dalam bentuk ISO, CD/DVD, atau FlashDisk.

Kelebihan dan kekurangan dari Program Acronis True Image

Kelebihan :

  • Mendukung Microsoft Vista.
  • Mempercepat proses penginstallan standart.
  • Mempermudah proses penginstallan karena program dilakukan sekaligus.
  • Proses penginstallan yang cukup lama bias dimanfaatkan untuk mengerjakan yang lain.

Kekurangan :

  • Tidak bisa direstor apabila beda system antara kompuer hasil backup dengan computer yang akan direstor.
  • Menurut kebijakan lisensi software Acronis harus dibeli satu salinan program Acronis pada setiap PC yang menggunakannya dan hampir semua produk perusahaan Acronis harus dibeli dengan 1 tahun maintenance ( harga tambahan ).
  • Tidak mendukung Windows XP Home.
  • Ketidaksesuaian dengan software backup / restore yang lain.
  • Hardware harus sama dan apabila tidak sama maka softwarenya biasanya akan Crash ( saling tidak support sehingga prosesor terus bekerja meskipun tidak ada program yang dijaankan ).
  • Apabila dalam proses Acronis ada step yang salah, maka Acronis gagal dan harus mulai dari awal.

Berikut adalah cara untuk membackup dan merestore menggunakan Acronis True Image:

Artike Lainnya  Cara Mengatasi Shadow Banned di Instagram

Backup

Pertama buka DLCboot kalian dengan cara klik kanan – run as administrator – pilih ”yes”

Klik menu “Backup & Restore”

Pilih aplikasi true image 2019

Pilih menu backup lalu Pilih disk and partitions backup

Pilih partisi hardisk yang terdapat system windows didalamnya – klik “next”

Pilih destinasi tempat yang digunakan untuk menyimpan data backup anda. Caranya klik “Browse” – pilih lokasi penyimpanan – Ok

Klik “proceed”

setelah itu kita cek dilokasi tempat kita menaruh file backup tadi

 

 

Restore

Pertama Buka True Image 2019 kemudian Pilih menu recovery dan pilih data recovery yang sudah anda buat sebelumnya, lalu klik kanan – recovery

Pilih recover whole disk and partition – klik ”next”

Centang NTFS dan EFI system partition – kili “next”

Klik “new location” – plih disk yang ingin anda recovery – accept – next

Klik procced dan tunggu sampai selesai

setelah selesai silahkan di restart komputer atau pc kalian. cara ini lumyan efektif akan tetapi memang dalam pelaksanan prosesnya lumayan perlu ketelitian yang lebih agar tidak salah dalam melakukan prosesnya. selamat menceoba semoga berhasil.