Iphone dan Android adalah 2 platform seluler terpopuler saat ini. Salah satu pesaing antar keduanya yaitu Windows phone masih tertinggal jauh jika ingin menyusul pangsa pasar mereka.

Banyak penggemar dari masing-masing dua platform besar saling membual tentang keahlian kedua produk ini. Bagaimanapun, dari segi kualitas dan performa Iphone masih unggul dibandingkan Android. Nah, berikut ini 5 hal yang membuat Iphone lebih bagus dari Android:

1. Aplikasi terbaik selalu datang lebih awal untuk iOS

Aplikasi terbaik seperti Plants vs Zombie, Instagram, Vine, dan aplikasi bagus lainnya hadir lebih dulu ke iOS. Aplikasi-aplikasi tersebut hanya tersedia secara eksklusif terlebih dahulu hadir di Iphone, kemudian developer menghadirkannya untuk platform Android. Developer membutuhkan waktu yang tidak singkat untuk pembuatan aplikasi agar kompatibel di Android. Terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebab lamanya ketersediaan aplikasi di Android, contohnya seperti perubahan desain aplikasi agar dapat berjalan secara maksimal dengan penggunaan fitur dasar Android.

2. Mendapatkan pembaruan aplikasi langsung dari Apple

Pengguna Android harus bersabar cukup lama untuk mendapatkan update sistem operasi terbaru dari Google, terkadang hingga berbulan-bulan. Sebagai contoh, Google telah merilis Android 4.3 pada akhir Juli 2013. Namun, pengguna fitur Android seperti HTC One, baru bisa mendapatkan pembaruan pada akhir September 2013. Mengapa pembaruan aplikasi memakan waktu lama? Setelah Google merilis versi terbaru dari sistem operasi mereka, developer akan menguji apakah tipe baru ini dapat berjalan dengan baik pada fitur-fitur mereka. Vendor yang memiliki tema atau antarmuka sendiri juga diharuskan untuk menguji apakah fitur baru di sistem operasi tidak bertentangan dengan yang sudah ada.

Artike Lainnya  Game terbaik dan terpopuler di smartphone

3. Bahan iPhone terbuat dari logam dan kaca

Beberapa Android tidak dirancang dengan bahan kelas premium. Sebagian besar masih menggunakan plastik. Bahan ini dipilih karena dapat mengurangi bobot dan juga memberikan ketahanan benturan. Berbeda dari kebanyakan fitur Android, Apple menggunakan material logam yang dilindungi oleh kaca. Hal ini memberikan kesan premium sekaligus high-end.

4. Android terfragmentasi

Sistem operasi besutan Google memang sudah terfragmentasi (digunakan di berbagai fitur berbeda) dan sering dijumpai aplikasi Android yang tidak bekerja dengan baik pada fitur Android tertentu. Banyak aplikasi Android yang tidak kompatibel dengan fitur dengan dimensi dan resolusi layar yang berbeda, terutama pada smartphone Android layar kecil atau yang dilengkapi dengan keyboard QWERTY. Tidak seperti Phone, Apple tidak perlu bekerja terlalu keras untuk masalah ini, meskipun iPhone sudah 6 generasi, namun resolusi dan dimensinya tidak banyak berubah. Aplikasi apapun akan terus bekerja pada berbagai seri.

5. iTunes Apple

Iphone Memiliki gudang musik, acara tv, dan film yang luas di iTunes. Pengguna tidak perlu menghabiskan waktu khusus pergi ke toko untuk berbelanja kebutuhan hiburan. Pengguna hanya perlu membuka aplikasi iTunes, mencari apa yang mereka butuhkan, dan saat itu juga mereka langsung dapat menikmatinya.