Mengenai intel optane vs harddisk ini merupakan sama-sama media penyimpanan, Selama ini harddisk atau sering disingkat HDD telah menjadi standar media penyimpanan untuk PC dekstop maupun laptop. Seiring dengan perkembangan teknologi, media penyimpanan pun ikut berkembang. Saat ini yang sedang banyak dibicarakan ialah SSD, yang merupakan pengembangan dari teknologi HDD. Secara umum, proses pengolahan data HDD dilakukan atau terjadi karena sinergi antara aktivitas mekanik dan elektrik. SSD dalam memproses data, menulis dan membaca data tidak didukung oleh proses mekanik, dalam SSD tidak ada komponen mekanis seperti motor dan lengan serta piringan yang berputar.

Pada SSD hanya terdapat komponen elektronik seperti Intergrated Circuit atau IC, micro chip dan komponen elektronik pendukung lainnya seperti kapasitor. Semua proses pembacaan dan penulisan data dilakukan secara elektrik sama seperti proses yang terjadi pada Flashdisk dan memori RAM. Sebagian besar pengguna PC lebih memilih mengkombinasikan keduanya. Mereka menyimpan data yang jarang diakses di HDD dan menyimpan aplikasi di SSD agar bisa beroperasi lebih kencang. Namun bagaimana jika ada sebuah metode yang membuat HDD sekencang SSD? Itulah yang ingin dihadirkan Intel melalui teknologi Optane Memory. Teknologi tersebut memanfaatkan metode cache sehingga bisa membuat HDD membaca dan menulis data secara lebih cepat. Cache merupakan bagian memori yang menjembatani antara RAM dengan HDD dan berisikan alamat data yang paling sering diakses oleh PC. Dengan demikian, HDD bisa langsung mengakses data tanpa harus mencari dari urutan blok memori dari awal hingga akhir

intel optane

Optane Memory memiliki prinsip yang serupa, namun Intel menyediakan memori dengan spesifikasi dan kemampuan akses jauh lebih cepat dari cache biasa. Memori yang digunakan Intel adalah sebuah M.2 SSD dengan kapasitas bervariasi, yaitu hingga 32GB. Karena menggunakan interface M.2, kecepatan yang dihasilkan sangat tinggi dan hal tersebut membuat akses ke alamat data menjadi semakin cepat. ini adalah jenis keuntungan nyata Optane Memory yang bisa ditawarkan untuk pengguna mainstream. Setiap proposisi nilai dengan kapasitas akan mempercepat penyimpanan hard drive murah menjadi jauh lebih menarik. Namun, sangat tidak ideal untuk menyatukan pilihan optane memory dengan hanya SSD, karena tampaknya tidak ada hal yang signifikan jika anda memakainya untuk pilihan SSD.

Nah, itu dia sekilas penjelasan mengapa anda perlu memiliki Optane memory hari ini. Selain untuk menghadirkan kinerja yang sangat baik (bahkan jauh lebih baik), pilihan ini layak untuk anda pertimbangkan untuk memberikan nilai extra pada hdd tradisional anda dengan kapasitas yang besar. Hanya saja, pilihan hardware yang bisa memakainya cukup terbatas, dimana anda hanya bisa memakainya pada seri motherboard dengan chipset Intel seri 200 atau yang terbaru.

Artike Lainnya  Pengertian fungsi dan Jenis pajak yang berlaku