Jika kalian cermati data-data atau file yang anda miliki didalam komputer ada bermacam-macam. Ada yang sifatnya umum, atau semua orang boleh membuka dan melihatnya, ada juga data yang sifatnya rahasia, atau hanya anda sendiri yang berhak membuka dan melihatnya. Tetapi seringkali komputer yang kalian miliki itu seperti sudah menjadi hak pakai bersama. Karena mungkin itu satu-satunya komputer yang ada dalam satu rumah. Jadi mau tidak mau anak-anak kalian kalau sedang butuh komputer untuk mengerjakan tugas sekolah akan memakainya juga. Hal ini berpotensi data-data rahasiamu bisa terbuka dan dilihat anak-anak.

Atau mungkin untuk menjaga anak dibawah umur agar tidak memutar film-film yang ada di komputer kakaknya. Karena tentunya film untuk anak yang sudah dewasa tidak boleh dikonsumsi anak-anak dibawah umur. Maka dari itu data-data atau file tertentu terkadang perlu kita sembunyikan agar anak kecil tidak bisa membuka dan melihatnya. Disetiap windows ada fitur yang bisa kita gunakan untuk menyembunyikan file dan sekaligus juga bisa membuka file yang tersembunyi. Langsung saja disimak ulasannya berikut ini:

1.Cara Menyembunyikan File / Data

    1. Buka Windows Exlorer, atau orang awam sering menyebutnya My Computer, pilih file, atau bahkan folder yang mau disembunyikan

2. Kemudian klik kanan pada file yang dipilih, dan klik properties yang berada dibarisan paling bawah

Artike Lainnya  Cara install composer di windows dengan xampp

3. Kemudian Chek List ( √ ) pada tuisan Hiden, lanjut tekan Enter atau Ok

4. Selesai, file sudah disembunyikan

B. Cara Membuka File Yang Telah Disembunyikan

  1. Buka folder yang ada file tersembunyi, klik Organize dipojok kiri atas, dan pilih Folder And Search Option

2. Setelah muncul pop up kecil, Pilih tab View yang ada dibagian atas

2. File sudah tampil kembali, (jika file mau di unhide / tidak disembunyikan lagi maka cukup klik kanan dan hilangkan centang pada tuisan Hiden, lanjut klik Apply dan Ok)

Demikianlah cara menyembunyikan dan melihat file yang disembunyikan. Meskipun cara-cara diatas untuk windows 7, tetapi untuk windows yang lain sebenarnya sama saja hanya tampilannya saja yang mungkin berbeda. Sekian semoga bermanfaat, terima kasih.