WordPress saat ini sudah banyak digunakan para web developer maupun para blogger untuk mempublikasikan berbgai jenis konten, dengan nama besar wordpress ini maka banyak sekali pengguna wordpress pemula yang ingin menggunakan CMS ini sebagai platform website mereka. Dengan wordpress kita bisa sangat mudah untuk melakukan manajemen konten dari mulai postingan, gambar, video dan lainya dengan wordpress ini bisa dilakukan dengan mudah hanya dengan mempelajarinya dengan sebentar, karena dengan CMS ini kita tidak perlu mempunyai keahlian untuk coding website dengan Bahasa programming dan teknologi yang rumit.

Dengan CMS WordPress ini kita bisa memiliki website bagus, cepat diakses, dan manajemen mudah serta instalasinya yang tidaklah terlalu rumit untuk dilakukan. Memang dengan CMS ini kita memiliki banyak sekali keuntungan yang didapat jika kita menggunakannya, dengan itulah kami merangkum beberapa tips panduan dasar penggunaan wordpress agar kalian tambah bisa dan mahir menguasai CMS WordPress ini. Sebenarnya banyak sekali yang perlu dibahas tetapi keterbatasan waktulah yang membuat kita merangkumnya bebrapa saja dan mungkin dilain kesempatan kita bisa membuat panduan dasar yang lebih lengkap serta runtut. Yuk cek apa saja yang tipsnya:

Mengatur tanggal dan waktu WordPress

Secara default, WordPress menampilkan tanggal dalam format 30 April 2020 , dan waktu dalam format 14:42 . Selain itu, WordPress menggunakan UTC (Waktu Universal Terkoordinasi, atau GMT) untuk menentukan waktu untuk ditampilkan.

Namun, Anda dapat menyesuaikan semua pengaturan ini untuk situs Anda sendiri. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Masuk ke WordPress sebagai administrator.
  2. Di bawah Dasbor , klik Pengaturan , lalu klik Umum .
  3. Gulir ke bawah ke kotak daftar Timezone , lalu pilih zona waktu yang Anda inginkan WordPress gunakan untuk menampilkan waktu.
Artike Lainnya  Cara Menggunakan Kamera DSLR sebagai Webcam dengan sparkocam

“Zona waktu dikelompokkan secara geografis di bawah Afrika, Amerika, Asia, Eropa, dan kawasan lainnya.”

  1. Di bawah Format Tanggal , pilih salah satu format yang telah ditentukan untuk WordPress untuk digunakan untuk menampilkan tanggal.

“Atau, Anda dapat menentukan format tanggal kustom Anda sendiri. Misalnya, untuk menampilkan 30 April 2020 sebagai Rabu, 30 April 2020 , Anda akan menggunakan string pemformatan l, M j, Y. Untuk melihat daftar lengkap opsi pemformatan tanggal dan waktu, silakan kunjungi http://codex.wordpress.org/Formatting_Date_and_Time .”

  1. Di bawah Format Waktu , pilih salah satu format yang telah ditentukan untuk WordPress untuk digunakan untuk menampilkan waktu.
  2. Di kotak daftar Mulai Minggu Di , pilih hari yang memulai minggu di wilayah Anda.
  3. Klik Simpan Perubahan . Pengaturan tanggal dan waktu baru segera berlaku.

Cara Mengubah URL WordPress

Biasanya default url dari wordpress ini berbentuk angka unik yang tidak sama, tetapi kita bisa menggantinya sesuai dengan keinginan kita. Untuk mengubah URL situs web di WordPress, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Masuk ke cPanel.
  2. Di bagian Database di layar beranda cPanel, klik phpMyAdmin
  3. Di sebelah kiri panel phpMyAdmin, klik database WordPress. Daftar tabel dalam database muncul
  4. Di bawah judul Tabel , klik tabel wp_options . Daftar baris data muncul
  5. Di bawah tajuk option_name , temukan siteurl , lalu klik Edit
  6. Di kotak teks option_value , ganti URL saat ini dengan URL baru yang ingin Anda gunakan.
  7. Klik Pergi . phpMyAdmin menyimpan perubahan di tabel.
  8. Di bawah tajuk option_name , cari home , lalu klik Edit
  9. Di kotak teks option_value , ganti URL saat ini dengan URL baru yang ingin Anda gunakan.
  10. Klik GO . phpMyAdmin menyimpan perubahan di tabel. WordPress sekarang seharusnya berfungsi dengan benar menggunakan URL baru.
Artike Lainnya  Teknik penipuan web phishing dan cara mengantisipasinya

Cara Mengubah Bahasa WordPress

Untuk mengubah bahasa di WordPress secara manual, Anda mengunduh file terjemahan (atau file) untuk bahasa Anda, mengunggahnya ke situs WordPress Anda, dan mengonfigurasi beberapa pengaturan. Untuk melakukan ini, ikuti langkah-langkah ini:

  1. Gunakan browser web Anda untuk membuka https://translate.wordpress.org/languages . Halaman ini menampilkan bahasa dan lokal WordPress. Gunakan nilai-nilai di kolom kode bahasa untuk menentukan kode untuk bahasa yang ingin Anda gunakan.
  2. Gunakan browser web Anda untuk membuka http://i18n.svn.wordpress.org . Situs ini adalah sumber repositori untuk semua file bahasa WordPress. Gunakan kode bahasa yang Anda peroleh di langkah 1 untuk menentukan direktori mana yang berisi file untuk bahasa yang ingin Anda gunakan.
  3. Klik nama kode bahasa (misalnya, fr_FR ) untuk melihat konten direktori, dan kemudian klik direktori tag .
  4. Langkah ini bervariasi untuk setiap bahasa. Direktori tag berisi direktori untuk berbagai versi WordPress. Mulai dengan nomor versi terbaru, dan cari subdirektori pesan . Jika subdirektori pesan tidak ada, pindah ke nomor versi sebelumnya sampai Anda menemukannya.

5. Di direktori pesan , unduh file bahasa .mo atau file ke komputer lokal Anda.

6. Unggah file .mo atau file ke direktori wp-content / languages ​​di situs WordPress Anda.

7. Aktifkan bahasa baru di pengaturan WordPress:

  • Jika Anda menggunakan WordPress versi 4.0 atau lebih baru, masuk ke antarmuka administrasi WordPress. Klik Pengaturan , lalu klik Umum . Di kotak daftar Bahasa Situs , pilih bahasa yang Anda ingin WordPress gunakan, dan kemudian klik Simpan Perubahan .
  • Jika Anda menggunakan WordPress versi 3.9.2 atau lebih tua, buka file wp-config.php di editor teks pilihan Anda. Temukan baris berikut, ganti xx_YY dengan bahasa dan kode lokal (kode ini cocok dengan nama direktori kode bahasa yang Anda gunakan pada langkah 3):

define (‘WPLANG’, ‘ xx_YY ‘);

Simpan perubahan ke file wp-config.php .

Lihat situs WordPress di browser web Anda. WordPress menampilkan teks menggunakan bahasa baru

Artike Lainnya  Menambahkan Add-in Al-Qur'an terbaru di Microsoft Office 2016

Menambah File Multimedia ke Postingan

Saat mengedit posting di WordPress, menambahkan multimedia ke posting WordPress dapat dilakukan dari tombol Add Media di bagian kiri atas editor:

panduan dasar penggunaan wordpress

Pop-up Media Insert WordPress akan muncul. Klik tombol Pilih file di tengah layar.

Arahkan ke file lokal yang ingin Anda gunakan dan WordPress akan mengunggah dan menyegarkan halaman tergantung pada format file. Untuk tujuan tutorial ini, kami akan menambahkan gambar ke posting. Untuk gambar ada dua hal yang harus Anda urus. Pertama, jelaskan gambarnya sendiri – masukkan teks Alt-nya, judul untuk tautan dan secara opsional keterangan. Keterangan akan muncul di bawah gambar aktual di ujung depan Anda.

panduan dasar penggunaan wordpress

Setelah Anda melakukannya, Anda perlu menentukan pengaturan lampiran gambar:

  • Alignment – Cara menyelaraskan gambar dalam konten Anda. Itu tergantung pada tema Anda yang sebenarnya bagaimana keberpihakan akan bekerja di situs Anda.
  • Link to – Pilih tempat menautkan gambar ke – file gambar ukuran penuh, halaman media secara otomatis dibuat untuk setiap lampiran baru, URL khusus atau hanya tidak untuk menautkannya.
  • size – Saat Anda mengunggah gambar, WordPress membuat banyak salinannya dalam berbagai ukuran. Pilih apakah Anda ingin thumbnail, gambar berukuran sedang atau seluruh gambar ditambahkan ke posting Anda.

Setelah Anda memasukkan informasi untuk foto Anda dan memilih cara memvisualisasikannya dalam posting Anda, klik tombol Sisipkan ke dalam posting . Anda akan melihat gambar ditambahkan ke jendela editor Anda. Anda sekarang dapat memperbarui posting Anda dan pergi ke ujung depan situs Anda. Anda akan melihat gambar yang baru ditambahkan ditambahkan ke posting Anda. Dengan mengikuti instruksi yang sama, Anda dapat menambahkan musik dan video ke posting Anda.

Itulah beberapa dasar panduan dasar penggunaan wordpress untuk website, dengan beberapa panduan tersebut semoga bisa membantu mengatur website kalian yang menggunakan CMS WordPress.