Ketika kalian menggunakan printer yang tidak keluar warna pasti sangat membuat anda kerepotan bahkan emosi. Pekerjaan menjadi terhambat apalagi saat dikejar deadline, bahkan juga pernah terjadi pada saat pengisian tinta kemudian digunaka untuk ngeprint tidak keluar tintanya. Tenang, Kami ada solusinya, namun sebelum membahas lebih lanjut perlu anda ketahui dari beberapa peripheral pada printer.

  • Head Ink

Biasanya head ink ini terdapat pada merk epson yang notabene printer sudah menggunakan infusan. Sehingga saat mengisi tinta harus menggunakan tinta yang ori. Untuk menjaga kualitas head ink. Seperti gambar diatas adalah bentuk dari head ink. Tinta akan langsung masuk pada head tersebut kemudian diperintah dengan printer untuk mencetak. Jika head ink rusak maka harga yang dipasarkan hampir sama dengan beli printer baru, hal ini sangat disayangkan.

  • Catridge

Catridge inilah yang terdapat pada printer khususnya di merk HP dan canon. Catridge ini difungsikan sebagaimana sama dengan head ink, namun dengan resiko kerusakan kecil. Bila rusak parah maka yang akan diganti adalah pada catridgenya.

printer tidak keluar warna

Setiap catridge memiliki kode yang berbeda, maka warnanya juga berbeda. Bila anda membeli catridge silahkan menyampaikan pada penjual dengan kode nya misal ( 802 yang warna ) maka penjual akan dengan mudah menemukannya di rak. Jika anda menyampaikan type printer juga bisa menjadi alternatif penjual untuk mengetahui kode catridgenya. Khusus printer HP all type tidak bisa di infus, sedangakan pada printer canon bisa diinfus hanya type-type tertentu yang tidak bisa diinfus.

Artike Lainnya  Inilah penyebab harddisk tidak terbaca pada komputer dan laptop

Sampai disini sudah paham kan apa itu head ink dan catridge? Kita lanjut pada pembahasan selanjutnya bagaiamana mengatasi ketika tinta tidak keluar saat anda ngeprint. Simak penjelasannya berikut ini:

A. Printer Non Infus

  1. Cleaning pada pengaturan printer yang anda gunakan dengan cara masuk pada control panel windows > ketik “printer” > pilih yang view devices and printers.
  2. Klik pada printer yang anda gunakan, kemudian anda klik kanan pilih printer properties > maintenance/perawatan > klik pada cleaning.
  3. Pada proses ini anda menekankan pada cleaning catridge warna atau hitam. Disesuaikan dengan trouble yang anda hadapi. Misal tinta hitam tidak keluar, maka yang dipilih hanya pada catrdige hitam saja, tunggu sampai proses selesai. Lakukan langkah ini sampai 3x.
  4. Kemudian test print.
  5. Jika masih belum keluar tintanya maka anda “klik deep cleaning”. dan lakukan langah ini 3x.

B. Printer cartridge ( Canon ) Infus

  1. Jika masih belum berhasil, maka lepaskan catridge dari wadah catridge posisikan saat membuka printer dalam keadaan on printernya, tunggu sampai catridge di tengah kemudian baru anda lepas catridgenya.
  2. Cepit pita infus menggunakan klip kertas supaya tinta tidak keluar dan mengotori catridge.
  3. Bersihkan mulut semprot catridge menggunakan tisu kering dan sesekali bersihkan pinggiran mulut semprot serta wadah catridge. Upayakan jangan sampai kena sensor catridge yang berwarana kuning seperti tembaga.
  4. Jika sudah selesai jangan lupa pasang kembali catridge dan lepas penjepit kertas pada pita infus.
  5. Lakukan langkah pada yang terdapat pada “printer non infus” sampai selesai.

C. Printer Infus pabrik ( Epson )

  1. Cleaning pada pengaturan printer yang anda gunakan dengan cara masuk pada control panel > ketik “printer” > pilih yang view devices and printers.
  2. Klik pada printer yang anda gunakan, kemudian anda klik kanan pilih printer properties > maintenance/perawatan > klik pada cleaning.
  3. Pada proses ini anda menekankan pada cleaning head ink warna atau hitam. Disesuaikan dengan trouble yang anda hadapi. Misal tinta hitam tidak keluar, maka yang dipilih hanya pada head ink hitam saja, tunggu sampai proses selesai. Lakukan langkah ini sampai 3x.
  4. Kemudian test print.
  5. Jika masih belum keluar tintanya maka anda “klik deep cleaning”. dan lakukan langah ini 3x.
Artike Lainnya  Pengertian dan sejarah Printer

Itulah beberapa cara mengatasi printer yang tidak keluar warna, dengan langkah diatas diharapkan kalian bisa memperbaiki printer kalian, tetapi jika sudah melakukan hal diatas dan belum bisa juga silahkan datang ke excellent computer semarang ataupun salatiga untuk penanganan lebih lanjut. Semoga bermanfaat.