Printer adalah salah satu hardware yang terhubung ke komputer yang berfungsi untuk mencetak tulisan, gambar, atau tampilan lainnya kedalam media kertas atau sejenisnya. Istilah yang dikenal
dalam resolusi printer disebut dpi (dot per inch), yang berarti menyatakan banyaknya luas titik dalam 1 inchi. Semakin tinggi resolusi maka akan semakin bagus cetakan yang dihasilkan, Namun sebaliknya semakin rendah resolusinya maka cetakan yang akan dihaslkan akan semakin buruk/tidak bagus.

Printer inkjet ini umumnya menggunakan tinta jenis dye yang merupakan jenis tinta dengan kelebihan hasil cetakan warna yang sempurna tetapi cepat luntur dan kurang tahan terhadap perubahan cuaca . Jenis tinta lainnya adalah tinta pigmen yang mempunyai karakteristik tidak cepat luntur, tidak cepat memudar apabila terkena matahari, waktu pengeringan tinta pada media cetak lebih cepat dibandingkan dengan tinta dye namun hasil cetakan warna tidak sebagus tinta dye.

Telah kita ketahui baik itu bagian-bagian maupun cara kerja dari printer, alangkah baiknya jika kita mengetahui bagaimana carainstalasinya, dari berbagai macam jenis printer yang ada mungkin beberapa printer memiliki cara instalasi yang berbeda-beda. Instalasi printer baru dapat dilakukan dengan dua cara yaitu local printer dan network printer. Namun disini akan dijelaskan cara instalasi local printer dari jenis printer inkjet yaitu sebagai berikut :

  1. Klik tombol Start yang ada pada baris Taskbar, kemudian klik pilihan Printers and Faxes. Selain menggunakan cara diatas, Anda dapat menggunakan perintah pada jendela Control Panel, klik icon Printers and Other Hardware. Di layar akan terlihat jendela Printers and Other Hardware, kemudian klilk icon Printers and Faxes. Jendela Printer and Faxes akan terlihat di layer. Pada jendela Printers and Faxes, klik pilihan Add a Printer atau klik menubar File, kemudian klik pilihan Add Printer.
  2. Klik tombol Next> untuk menampilkan kotak dialog berikutnya.  Local printer attached to this computer : jika printer yang baru yang diinstalasi langsung terpasang pada computer Anda. Apabila printer yang Anda gunakan mendukung Plug and Play, maka tandai dengan checklist pilihan Automatically detect and install my Plug and Play printer.  A network printer, or a printer attached to another computer : jika printer terpasang pada computer yang lain dengan fasilitas jaringan (network). Dan printer tersebut Anda gunakan dalam proses pencetakan.
  3.  Klik tombol Next> untuk menampilkan kotak dialog berikutnya, kemudian tentukan port yang digunakan oleh computer tersebut dengan cara klik pilihan LPT1 pada bagian Use the following.
  4.  kemudian klik tombol Next> untuk menampilkan kotak dialog berikutnya.
  5. Tentukan nama perusahaan pembuat printer atau merk printer pada pilihan Manufacture. Kemudian pilih model printer yang akan ditambahkan pada pilihan Printers. Misalnya HP pada pilihan Manufacturer dan HP LaserJet 2100 PCL6 pada pilihan Printers. Apabila pada daftar pilihan printer tersebut tidak ada, ma Anda dapat memilih model printer yang kompitibel dengan printer yang Anda gunakan, pada pilihan Have Disk.
  6. Klik tombol Next> untuk menampilkan kotak dialog berikutnya, kemudian ketikkan nama printer yang Anda inginkan pada pilihan Printer Name. Apabila printer yang Anda instalasi tersebut akan dijadikan sebagai standard penggunaan printer (default printer), maka klik pilihan Yes pada bagian do you to use this printer as the default printer? kemudian klik tombol Next> untuk menuju pada kotak dialog Printer Sharing. Pada kotak dialog Printer Sharing tersebut, Anda dapat menentukan apakah printer baru tersebut dapat digunakan bersama dengan pemakai lain dalam jaringan (network) ataupun hanya digunakan oleh computer Anda saja. Kemudian klik tombol Next> untuk menampilkan kotak dialog Print Test Page. Pada kotak dialog Print Test Page, Anda dapat menentukan apakah akan mencetak halaman percobaan (pilihan Yes) atau tidak akan melakukan pencetakan halaman percobaan (pilihan No).
  7. Kemudian klik tombol Next> untuk menampilkan kotak dialog berikutnya. 10. Klik tombol Finish untuk mengakhiri proses instalasi tersebut. Dengan demikian selesailah proses instalasi yang dilakukan, dan printer dapat digunakan sesuai kebutuhan anda.
Artike Lainnya  Cara cek harddisk yang badsector

Semoga Bermanfaat Artikel diatas , maaf jika penyampaian nya kurang berkenan saya mohon maaf, semoga Bermanfaat