Membuat spreadsheet pengeluaran dan pendapatan di microsoft excel dapat membantu Anda mengelola keuangan pribadi Anda. Ini bisa berupa spreadsheet sederhana yang memberikan wawasan tentang akun Anda dan melacak pengeluaran utama Anda. Begini caranya di Microsoft Excel.

  • Buat Daftar Sederhana

Dalam contoh ini, saya hanya ingin menyimpan beberapa informasi penting tentang setiap pengeluaran dan pendapatan. Tidak perlu terlalu rumit. Di bawah ini adalah contoh daftar sederhana dengan beberapa data sampel.

Masukkan tajuk kolom untuk informasi yang ingin Anda simpan tentang setiap pengeluaran dan bentuk pendapatan bersama dengan beberapa baris data seperti yang ditunjukkan di atas. Pikirkan tentang bagaimana Anda ingin melacak data ini dan bagaimana Anda akan merujuknya. Data sampel ini adalah panduan. Masukkan informasi dengan cara yang berarti bagi Anda.

  • Format Daftar sebagai Tabel

Memformat rentang sebagai tabel akan membuatnya lebih mudah untuk melakukan perhitungan dan mengontrol pemformatan. Klik di mana saja dalam daftar data Anda dan kemudian pilih Insert> Table.

Sorot rentang data dalam daftar yang ingin Anda gunakan. Pastikan rentang sudah benar di jendela “Create Table” dan kotak “My Table Has Headers” dicentang. Klik tombol “OK” untuk membuat tabel Anda.

Daftar sekarang diformat sebagai tabel. Gaya format biru default juga akan diterapkan.

Artike Lainnya  Menambahkan Add-in Al-Qur'an terbaru di Microsoft Office 2016

Ketika lebih banyak baris ditambahkan ke daftar, tabel akan secara otomatis memperluas dan menerapkan pemformatan ke baris baru.

Jika Anda ingin mengubah gaya pemformatan tabel, pilih tabel Anda, klik tombol “Table Styles“, dan kemudian tombol “More” di sudut galeri gaya tabel.

Ini akan memperluas galeri dengan daftar gaya untuk dipilih. Anda juga dapat membuat gaya Anda sendiri atau menghapus gaya saat ini dengan mengklik tombol “Clear“.

  • Beri Nama Tabel Anda

Saya akan memberi tabel nama untuk membuatnya lebih mudah untuk dirujuk dalam formula dan fitur Excel lainnya. Untuk melakukan ini, klik pada tabel dan kemudian pilih tombol “Table Design“. Dari sana, masukkan nama yang bermakna seperti “AnggaranRumah” ke dalam kotak Nama Tabel.

  • Tambahkan Total pada Tabel

Setelah data Anda diformat sebagai tabel membuatnya mudah untuk menambahkan baris total untuk pendapatan dan pengeluaran Anda.

Klik pada Table, pilih “Design“, dan kemudian centang kotak “Total Row“.

Total baris ditambahkan ke bagian bawah tabel. Secara default, itu akan melakukan perhitungan pada kolom terakhir. Di tabel saya, kolom terakhir adalah kolom pengeluaran, sehingga nilai-nilai tersebut dijumlahkan. Klik sel yang ingin Anda gunakan untuk menghitung total Anda di kolom pendapatan, pilih panah daftar, dan lalu pilih SUM.

Sekarang ada jumlah total untuk pendapatan dan pengeluaran. Saat Anda memiliki penghasilan atau pengeluaran baru untuk ditambahkan, klik dan seret gagang pengubah ukuran biru di sudut kanan bawah tabel. Seret ke bawah jumlah baris yang ingin Anda tambahkan.

Masukkan data baru di baris kosong di atas baris total. Totalnya akan diperbarui secara otomatis.

Artike Lainnya  Cara Upload File Di Google Drive untuk di download orang lain

  • Ringkas Penghasilan dan Beban Menurut Bulan

Penting untuk menjaga total berapa banyak uang yang masuk ke akun Anda dan berapa banyak yang Anda belanjakan. Namun, akan lebih berguna untuk melihat total ini dikelompokkan berdasarkan bulan dan untuk melihat berapa banyak yang Anda belanjakan dalam berbagai kategori pengeluaran atau pada berbagai jenis pengeluaran. Untuk menemukan jawaban ini, Anda bisa membuat PivotTable. Klik di Table, pilih tab “Design“, dan kemudian pilih “Summarize with PivotTable“.

Jendela Buat PivotTable akan menampilkan tabel sebagai data yang akan digunakan dan akan menempatkan PivotTable di lembar kerja baru. Klik tombol “OK“.

PivotTable muncul di sebelah kiri, dan Daftar Tabel muncul di sebelah kanan. Ini adalah demo cepat untuk meringkas pengeluaran dan penghasilan Anda dengan mudah dengan PivotTable. Untuk melihat rincian “Income” dan “Outcome” Anda menurut bulan, seret kolom “Tanggal” ke area “Rows” dan kolom “Income” dan “Outcome” ke dalam area “Values“. Ketahuilah bahwa kolom Anda mungkin diberi nama berbeda.

Kolom “Tanggal” secara otomatis dikelompokkan ke dalam bulan. Kolom “Income” dan “Outcome” dijumlahkan.

Di PivotTable kedua, Anda bisa melihat ringkasan pengeluaran Anda berdasarkan kategori. Klik dan seret bidang “Kategori” ke “Rows” dan bidang “Outcome” ke “Values“.

PivotTable berikut ini dibuat meringkas pengeluaran berdasarkan kategori.

Refresh PivotTable Income dan Outcome. Ketika baris baru ditambahkan ke tabel Income dan Outcome, pilih tab “Data“, klik panah “Refresh All“, dan kemudian pilih “Refresh All” untuk perbarui kedua PivotTable.

Artike Lainnya  10 perintah command prompt yang wajib diketahui

itulah tips cara pembuatan pengeluaran dan penghasilan di microsoft excel agar seluruh arus keuangan baik masuk maupun keluar tercatat dengan teliti, dengan begitu anda tidak perlu pusing atau bingung setiap bulannya ketika keuangan tiba-tiba sudah menipis atau malah masih banyak yang ada di rekening keuangannya anda. semoga bermanfaat.