Apakah kamu sudah tau apa itu VPS? Jika kamu pernah menggunakan layanan hosting seperti cloud hosting dan shared hosting pastinya tidak akan asing dngan istilah VPS. Ya, VPS merupakan singkatan dari Virtual Private Server.

Keberadaan VPS sudah ada sejak dulu dan bukanlah teknologi baru. Apabila kamu ingin beralih dari layanan shared hosting ke server, maka VPS menjadi pilihan yang sangat tepat. Selain bersifat cloud, tentunya juga memliki spesifikasi yang tinggi.

Itulah sedikit pengenalan tentang VPS. Nah, di artikel ini saya akan membagikan info tentang cara membuat VPS Cloud Server. Sebagai contohnya saya akan menggunakan layanan VPS dari website Serverspace.

Pada umumnya untuk bisa membuat VPS pada website cloud hosting, dibutuhkan kartu kredit sebagai syarat mencoba secara gratis layanan dari website tersebut. Namun pada beberapa website juga ada yang bisa kamu nikmati layanan gratisnya tanpa harus menyertakan kartu kredit. Contohnya adalah seperti di website serverspace yang tidak meminta kita untuk memasukkan kartu kredit agar bisa membuat VPS secara gratis di websitenya.

Kamu akan diberikan limit kredit 0.10 € yang bisa digunakan untuk menikmati semua layanan yang telah di sediakan oleh website tersebut. Mari kita masuk ke inti dari artikel ini, saya akan menjelaskan secara bertahap mulai dari pembuatan akun sampai kita bisa meremote VPS nya dengan Putty.

MEMBUAT AKUN VPS SERVERSPACE

  • Hal yang pertama untuk membuat cloud vps di serverspace.io tentunya membuka website Serverspace.

Membuat Cloud VPS di Serverspace.io

  • Selanjutnya silahkan melakukan pendaftaran pada website tersebut. Saya sarankan agar kamu bisa mendaftar atau sign up dengan GitHub. Karena akan lebih mempermudah saat verifikasi akun. Jika kamu belum memiliki akaun GitHub ada baiknya untuk membuat terlebi dahulu.
  • Bila proses pendaftaran akun pada website Serverspace sudah selesai, maka tampilan awalnya adalah seperti ini.
Artike Lainnya  Cara install dan konfigurasi plugin LiteSpeed ​​Cache WordPress

Membuat Cloud VPS di Serverspace.io

Kamu bisa melihat limit balance akun pada bagian refill balance, kamu akan mendapatkan 0.10 € setiap mendaftar sebagai akun baru. Banyak menu yang terdapat di website tersebut, di antaranya adalah Servers, Networks, DNS, Storage, SSL Monitoring, Partners, dan Finance. Karena kita akan membuat VPS Cloud Server maka disini saya haya akan mencontohkan cara membuat Servers saja. Prosesnya sangat mudah sekali, dan tidak membutuhkan waktu yang lama.

  • Berikutnya klik menu CREATE SERVER.

Membuat Cloud VPS di Serverspace.io

  • Maka akan muncul tampilan seperti berikut

  1. Karena kita akan memakai Putty sebagai sarana untuk meremote VPS nya, maka silahkan buat Server dengan Linux Ubuntu Versi 18.04 x64. Kamu bisa memilih selain Ubuntu asalkan tidak membuat Server nya dengan Windows, karena cara meremotenya tidak menggunakan Putty melainkan dengan RDP Windows.

Membuat Cloud VPS di Serverspace.io

  • Setting Data Centernya ke New Jersey USA.

  • Pada setingan Server Configuration tidak perlu ada yang di ubah, dan jangan lupa untuk memberi nama pada kolom “Enter server name”, disini saya memberikan nama VPS, kamu bebas untuk memberikan nama apa saja. Lebih jelasnya lihat gambar di bawah.

Membuat Cloud VPS di Serverspace.io

  • Jika sudah, Klik di bagian ORDER

  • Tunggu proses pembuatan server hingga selesai.

  • Jika tampilan sudah seperti ini artinya VPS Server sudah berhasil terbuat. Tahap selanjutnya kita akan melakukan remote dengan Putty.

MEREMOTE VPS DENGAN PUTTY

  1. Jika kamu belum meimiliki aplikasi Putty, silahkan download terlebih dahulu dan instal aplikasinya.
  2. Kembali ke tampilan VPS, silahkan copy alamat IP Address dari VPS tersebut.

3. Paste di bagian Host Name Putty, kemudian klik ENTER atau tombol Open.

4. Jika muncul Pesan Security Alert Silahkan klik saja Yes.

5. Masuk sebagai “root”

Artike Lainnya  Cara install composer di windows dengan xampp

6. Masukkan password VPS nya

Untuk passwornya silahkan copy paste saja, di proses ini password tidak akan terlihat. Jadi jika saat kamu paste ke putty tidak muncul karakter atau passwordnya tidak perlu panik, tinggal klik Enter saja.

7. Apabbila sudah masuk ke dalam linux, maka tampilannya akan seperti ini.

Membuat Cloud VPS di Serverspace.io

Selamat kamu sudah bisa meremote VPS dengan Putty!.

Ternyata membuat Cloud VPS di Serverspace.io dan remote SSH dengan Putty cukuplah mudah dan simple. ini bisa menjadi bahan belajar untuk teman-teman untuk mendalami teknologi vps ya.