Windows 10 adalah versi terbaru saat ini dari Sistem Operasi Windows yang dipakai desktop pc maupun laptop. Pada Windows 10 ini, cukup banyak update yang dilakukan oleh Microsoft untuk menunjang kinerja pengguna saat menggunakan komputer dan laptop. Selain beberapa fitur baru yang ada di Windows 10, nyatanya ada beberapa fitur tersembunyi yang belum diketahui oleh beberapa orang. Untuk mengetahui apa saja fitur tersembunyi yang ada di dalam Windows 10, berikut pembahasannya.

  • Menu Rahasia

fitur rahasia windows 10 yang jarang diketahui

Jika kita ingin masuk ke bagian menu Windows 10 sebenarnya tidak berbeda dengan windows versi sebelumnya, yaitu dengan klik start yang biasanya ada di bagian pojok kiri bawah. Tetapi pada Windows 10, kita dapat menemukan sebuah fitur rahasia sehingga kita dapat masuk ke dalam menu-menu yang penting secara cepat.

Caranya adalah dengan klik kanan pada menu Start. Jika sudah, maka kalian akan menemukan beberapa menu pilihan dengan lebih cepat. Contohnya seperti Task manager, Control panel, File Explorer, Command Prompt, dan berbagai menu penting lainnya. Selain dengan cara mengeklik kanan pada mouse, kalian juga dapat menggunakan shortcut pada keyboard dengan menekan kombinasi tombol “Windows + X”.

  • Tombol Rahasia

fitur rahasia windows 10 yang jarang diketahui

Untuk prakteknya coba kalian arahkan mouse ke bagian Taskbar. Di bagian itu, coba klik kanan kemudian kalian akan melihat opsi pilihan “Show the desktop”. Jika kalian klik bagian tersebut maka secara otomatis semua program yang sedang berjalan akan masuk ke dalam mode minimize.

fitur rahasia windows 10 yang jarang diketahui

Dan kebalikanyna terdapat opsi lain yang bisa mengembalikan kita ke jendela kerja yang sedang berjalan, caranya sama seperti yang sebelumnya hanya beda pilihan opsi saja. Pastikan posisi layar kalian ada dibagian desktop dan klik kanan pada taskbar, kemudian pilih opsi “Show open windows”. Maka secara otomatis kita akan kembali ke tampilan jendela kerja yang sebelumnya sedang berjalan.

  • Memutar Layar

Keunikan lainnya yang ada di Windows 10 ini adalah dapat memutarkan layar layaknya smartphone, fitur ini namanya Tablet Mode. Dengan fitur rahasia ini, kalian dapat memutarkan monitor menjadi 90 derajat pada sisinya. Dengan cara ini juga kalian dapat memutarbalikan layar seseuai dengan keinginan.

Caranya dengan cara klik ikon yang berbentuk seperti pesan, kemudian akan muncul jendela seperti pada gambar. Klian klik yang bertuliskan “Tablet mode”, pastikan modenya sampai ON, maka otomatis layar akan berputar seperti smartphone.

  • Fitur Multiple Screen

Fitur rahasia di windows 10 ini adalah Multiple Screen. Dengan memakai fitur ini, kita dapat membuka dua hingga empat program di dalam satu screen. Bahkan, kalian juga bisa membuka berbagai aplikasi dalam satu layar secara bersamaan.

Untuk bisa memakai fitur ini, terdapat dua cara, yakni menggunakan keyboard dan menggunakan mouse. Jika kalian menggunakan keyboard, kalian tinggal menggunakan kombinasi tombol “Windows + Tombol panah”. Untuk menggunakan mouse, pastikan kalian tarik layar yang ingin ditampilkan ke setiap pojok desktop. Nantinya secara otomatis, program akan terbagi dengan sendirinya.

  • Fitur Cortana pada Lockscreen

Fitur Cortana pada Windows 10 tidak hanya dapat standby di bagian desktop saja, tetapi juga bisa dilakukan pada saat masuk ke mode lockscreen. Secara defaultnya, kita dapat mengatur Cortana untuk aktif pada bagian pengaturannya. Bisa dikatakan, kita dapat memanggilnya dengan menulis “Hey Cortana” di bagian lockscreen diikuti dengan perintah. Contohnya seperti “Hai Cortana, mainkan musik”, maka otomatis akan muncul lantunan musik yang sudah diatur oleh kalian. Lantunan musik tersebut akan terus diputar otomatis. Namun sayangnya untuk Cortana belu support untuk bahasa English (Indonesia), hanya mendukung settingan English (Eng) saja.

  • Fitur Print To PDF

Keunggulan lainnya yang jarang terjamah oleh beberapa orang saat memakai Windows 10 adalah adanya fitur print to PDF tanpa harus menggunakan aplikasi tambahan. Dengan adanya fitur ini, kita dapat mengetahui cara convert word ke PDF gratis tanpa menggunakan software.

Itulah beberapa fitur yang rahasia pada Windows 10 ini, saya harap setelah membaca artikel ini kalian dapat menemukan manfaat baru yang sudah disediakan oleh Microsoft di Windows 10. Terimakasih.