File dengan format Zip masih sangat dibutuhkan hingga saat ini. Karena dengan adanya Zip ini kita dapat menggabungkan atau menyatukan file yang banyak menjadi satu. Contohnya adalah saat akan mengirimkan file yang banyak menggunakan email. Maanfaat merubah file dalam bentuk Zip juga dapat membuat PC dan laptop menjadi bersih dan rapih, karena menyatukan file yang sebelumnya banyak dan berantakan menjadi satu.

Format file Zip masih sangat popular hingga saat ini karena aplikasi pengekstaknya bersifat universal atau dengan kata lain banyak aplikasi yang dapat mengekstrak file Zip ini. File zip merupakan standar data compress yang dibuat oleh Phil Katz. Pada windows sendiri juga menggunakan standar pengekstak Zip saat tidak ada aplikasi sejenis winrar yang terinstal. Cara membuat file Zip pada PC ataupun laptop tidaklah sulit, hanya membutuhkan waktu kurang dari 5 menit. Namun tergantung juga dari banyaknya file yang di compress, semakin banayak file maka akan semakin lama juga proses compress nya.

Pada tutorial ini saya akan membagikan tutotial compress data ke Zip dengan menggunakan 2 metode, yaitu dengan cara online dan offline. Berikut caranya :

1. Cara Zip File dengan Metode Online

Pastikan PC atau laptop kita sudah terhubung dengan internet, dan pastikan juga koneksi yang anda gunakan juga stabil. Karena hal ini berpengaruh pada saat proses upload file nya tidak terganggu. Langkah-langkahnya :

  • Kumpulkan jadi satu file yang ingin kalian Zip dalam folder, baiknya anda membuat folder baru untuk ini.
  • Lalu buka situs www.ezyzip.com
  • Klik tombol Choose File
Artike Lainnya  Download Driver Untuk Semua Merk Printer dengan Hardware Ids

membuat file zip winrar

  • Selanjutnya pilih file yang akan di Zip, jika kalian sudah menjadikannya satu folder khusus, tinggal pilih semua filenya dengan cara menekan tombol CTL + A.
  • Jika sudah kilik Zip File dan tuggu hingga selesai
  • Kemudian pilih Save Zip File, maka otomatis file akan terdownload

2. Cara membuat File zip dengan Winrar

Cara diatas memanglah sangat mudah, namun akan berbeda jika kita tidak memiliki akses internet. Dengan begitu maka cara offline lah yang harus digunakan. Untuk mengatasinya adalah dengan menggunakan aplikasi Winrar. Aplikasin ini adalah aplikasi pengompress yang dapat menjadikan format Zip dan Rar.

Aplikasi ini bisa kalian dapatkan di https://www.rarlab.com/download.htm, dengan size yang kecil. Langkah-Langkahnya adalah :

  • Kumpulkan file yang akan dijadikan Zip jadi satu folder
  • Download dan install winrar terlebih dahulu. Jika sudah selesai lakukan restart dulu computer kalian
  • Kemudian pergi ke folder tadi yang berisi file yang sudah dipindahkan. Klik kanan folder tersebut > lalu kemudian pilih Add to Archive

  • Lalu akan muncul layar baru, ubah dahulu format menjadi ZIP seperti di gambar. Biarkan settingan lainnya.

membuat file zip winrar

  • Tunggu hingga proesnya selesai

Sampai disini sudah selesai prosesnya, itulah cara untuk Zip file menggunakan Winrar, untuk kedua metode tersebut saya lebih menyarankan memakai metode offline. Alasannya karena jika menggunakan metode online dan data yang akan di compress sangat banyak maka akan dibutuhkan juga kuota yang sangat banyak untuk mengupload file tersebut.

Semoga artikel ini bisa berguna untuk kalian yang sedang mencari tutorial cara Zip file menggunakan Winrar. Terimakasih.