Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas mengenai cara traslate bahasa secara otomatis di google sheet, ya kalian tidak salah baca karena google telah memasukan translate kedalam rumus khusus di google sheet. Dengan begitu kita akan mudah untuk melakukan translate di google sheet per kata secara banyak. ini sangatlah membantu untuk kita karena dengan adanya ini kita tidak perlu repot-repot untuk melakukan translate kata perkata di dalam google translate karena kita bisa langsung menggunakan google translate di dalam google sheet. Untuk informasi saja google telah mengeluarkan produk office suite yang bernama G-Suite produk ini seperti milik microsoft yaitu microsoft office. akan tetapi dalam google hanya ada 4 jenis yaitu google docs = microsoft word, google sheet = microsoft excel, google slide = microsoft power point, dan terakhir ada google draw = microsoft visio.

Untuk melakukan translate bahasa di google sheet hampir seluruh bahasa yang tersedia di google translate bisa digunakan didalam google sheet. untuk menggunakan google sheets kalian bisa mengaksesnya lewat: https://docs.google.com/spreadsheets/u/0/  login menggunakan akun google dan seletah berhasil akan muncul tampilan seperti berikut ini.

translate bahasa otomatis di google sheets

setelah muncul tampilan beranda di google sheets kita klik add blank spreadsheet yang logo tambah di pojok kiri. dibawah menu tersebut juga ada tampilan recent file yaitu file google sheet yang akhir-akhir ini dibuka. setelah kita kita add blank spreadsheet akan muncul tampilan google sheets seperti microsoft excel tersebut dengan menu yang lebih sederhana. untuk memulai melakukan transalte bahasa secara otomatis kita bisa langsung ketikan kata per kata di dalam kolom google sheets ini. dalam contoh kali ini kita akan melakukan translate dari bahasa indonesia kedalam bahasa inggris dan bahasa jawa.

Artike Lainnya  Cara mengatasi Wifi no internet access di windows

translate bahasa otomatis

Kemudian kita ketikan kata per kata yang akan kita translate, seletah kita selesai mengetik kata yang akan di translate kita pindah kolom untuk melakukan translatenya. dalam mentranslate ini kita menggunakan rumus excel sebagai berikut: =GOOGLETRANSLATE(KOLOM BAHASA, “KATA ASLI”, “BAHASA TRANSLATE”). Contoh jika kita ingin melakukan translate dari bahasa indonesia kedalam bahasa inggris maka rumusnya adalah: =GOOGLETRANSLATE(B4, “id”, “en”) yang berarti kita melakukan translate kata bahasa indonesia pada kolom B4 dari bahasa indonesia kedalam bahasa inggris.

setelah satu kolom kata yang ter translate maka kita hanya perlu menarik kata yang telah ditranslate kebawah sehingga otomatis kata per kata akan ter translate semua seperti rumus translate yang diatas, dan berikut ini contoh hasil translate dari bahasa indonesia kedalam bahasa inggris.

dan juga kita mencoba mentranslate dari bahasa indonesia kedalam bahasa inggris dengan rumus: =GOOGLETRANSLATE(KOLOM KATA, “id”, “jv”). yang akan menghasilkan translate seperti berikut ini.

Nah jika kalian belum tahu mengenai kode bahasa di setiap negara silahkan cek kode bahasa berikut ini (tidak lengkap/ yang populer):

BahasaKode
Bahasa Indonesiaid
Bahasa Inggrisen
Bahasa Spanyol(portugis)es
bahasa Arabar
Bahasa Prancisfr
Bahasa Jepangja
Bahasa Tiongkok (simpled Chinese)zh
Bahasa Koreako
Bahasa Italiait
Bahasa jermande
Bahasa Jawajv
Bahasa Rusiaru
Bahasa Malaysiams
Bahasa India (hindi)hi
Bahasa Thailandth
Bahasa Vietnamvi
Bahasa Filipina (talogog)tl
Bahasa Yunaniel
Bahasa Sundasu
Bahasa Belandanl

 

Itu dia cara translate bahasa secara otomatis di google sheet. untuk link lengkap kode bahasa di serluruh dunia kalian bisa mengunjungi link berikut ini: http://www.lingoes.net/en/translator/langcode.htm . semoga tutorial cara translate bahasa secara otomatis di google sheets ini bermanfaat.

Artike Lainnya  Cara mengatasi printer yang paper jam