Artikel Internet

Siapa yang tidak tau apa itu internet? Kehidupan manusia saat ini tidak bisa lepas dari jaringan internet. Hampir semua orang mulai dari anak kecil, remaja hingga lansia pun sudah tak asing dengan istilah tersebut. Mayoritas menggunakan nya sebagai media bantu berbagai aktivitas manusia, tak heran internet menjadi kebutuhan primer di era saat ini.

Kini, hampir semua aspek dalam kehidupan sehari hari telah menggunakan internet. Bahkan mencari sebuah jawaban maupun solusi juga bisa melalui internet. Anda mencari berita, memesan suatu barang atau produk tertentu, berkomunikasi, bermain game, bermedia sosial, mencari resep makanan atau membelinya lewat online ataupun kepentingan lainnya dengan jaringan internet anda dapat mengaksesnya dimanapun dan kapanpun.

Dilansir melalui CNBC Indonesia, pengguna internet Indonesia telah mencapai 76,8% atau sekitar 202,35 juta masyarakat. Angka tersebut menunjukkan bahwa masyarakat menggunakan internet dalam segala aspek kehidupan.

Lalu apa itu internet?

Internet adalah singkatan dari Interconnected Network yang merupakan rangkaian komputer yang terhubung di dalam beberapa rangkaian. Internet dapat dikatakan sebuah jaringan yang berfungsi untuk menghubungkan antara satu media elektronik dengan media elektronik lainnya.

Internet pertama kali dibuat oleh Advanced Research Projects Agency (ARPA) pada tahun 1969. Pada saat itu, internet masih berupa sebuah jaringan komputer yang kemudian diberi nama ARPANET. Istilah tersebut lah yang menjadi cikal bakal terbentuknya jaringan internet yang popular hingga saat ini. Internet pertama kali ditemukan oleh Leonard Kleinrock, ia merupakan seorang insinyur dan ilmuwan AS yang dikenal sebagai bapak internet.

Semenjak ditemukan nya jaringan internet, internet mulai berkembang pesat. Perkembangan internet pun mengalami banyak sekali peningkatan dan perubahan yang cukup signifikan, baik dalam kecepatan, transmisi, cakupan, maupun penggunaannya. Hingga sampai saat ini, banyak negara yang berlomba untuk memenuhi dan memperluas jangkauan jaringan internetnya menggunakan satelit. Sebab dengan satelit lah jangkauan internet dapat diperluas lebih lebar.

Artike Lainnya  Pengertian dan fungsi software

Pada bagian transmisi paket data pun dari tahun ke tahun mengalami perubahan. Sesuai dengan konsepnya serta dukungan teknologi yang selalu diperbaharui dan semakin modern membuat transmisi paket data internet pun menjadi semakin lebih baik.

Penggunaan internet juga terus mengalami perkembangan, mulai dari perubahan informasi, komunikasi dan hampir setiap pekerjaan saat ini menggunakan dan membutuhkan jaringan internet sebagai bagian dari proses kerja. Internet juga merambah ke bidang lainnya seperti ekonomi, pendidikan, dll yang membuat semakin berkembang maka cakupannya akan lebih banyak.