Pernahkah kalian panik atau kesal saat browsing tiba-tiba scroll mouse (mouse wheel) error atau rusak. Ketika akan scroll ke bawah tidak bisa, terkadang jika scroll mouse ke bawah malah scroll ke atas, begitu juga sebaliknya. Mouse wheel/scroll mouse tidak berfungsi dengan baik atau bisa dikatakan error. Hal tersebut biasa terjadi, apalagi jika mouse yang kita gunakan adalah mouse dengan harga yang murah. Jangankan mouse wheel, tombol klik biasanya rusak terlebih dahulu jika kita menggunakan mouse dengan harga yang murah.

Terkadang saya juga mengalami kejadian ini, mouse scroll mengalami error atau tidak berfungsi dengan baik. Dulu saya tahu bahwa jika mouse rusak, itu berarti tandanya saya akan membeli mouse baru. Jadi ketika mouse wheel rusak, saya membeli mouse baru lagi.

Sebenarnya kerusakan pada scroll mouse (mouse wheel) bisa kita perbaiki sendiri dengan sangat mudah dan tidak membutuhkan waktu yang lama. Caranya adalah dengan membongkar bagian dalam mouse kemudian mencari kerusakan yang terjadi.

Alat dan bahan untuk memperbaiki scroll mouse yang rusak juga sangat sederhana, yang Anda butuhkan hanyalah mouse yang rusak, obeng plus kecil, dan lem alteco atau lem yang sejenis. Untuk caranya saya bahas dibawah ini :

  1. Pertama-tama, kita bongkar bagian dalam mouse menggunakan obeng plus, sampai kita bongkar juga PCB-nya.
Artike Lainnya  Sejarah singkat Integrated Circuit atau IC

scroll mouse rusak

  1. Lepaskan mouse wheel dari dudukannya (lubang roda). Yang membuat scroll mouse sering terjadi error dikarenakan antara mouse wheel dengan lubang (tempatnya) biasanya terjadi slip. Jadi ketika mouse wheel telah diputar tetapi piringan yang bergerigi tidak berputar. Atau, mouse wheel telah berputar, tetapi piringan bergerigi berputar terlambat, karena ada sedikit slip.

  1. Untuk menghilangkan slip antara roller shaft dengan lubang piringan bergerigi, kita akan merekatkannya menggunakan lem alteco. Tapi perlu di ingat, akibatnya mouse wheel tidak bisa lagi dikeluarkan dari lubangnya karena sudah dilem, jika dipaksakan maka roller shaft akan patah. Tapi ini tidak masalah, yang penting scroll mouse bisa normal kembali.
  2. Teteskan sedikit lem alteco pada roller shaft sedikit saja, satu atau dua tetes. Sebelum lem mengering segera masukkan mouse wheel ke dalam lubang piringan.
  3. Tunggu beberapa saat hingga lem benar-benar kering, kemudian rakit kembali komponen mouse yang telah Anda bongkar tadi.
  4. Setelah tahap ke-5 sudah selesai, harusnya mouse sudah kembali normal seperti sebelumnya tanpa ada error pada scroll mouse.

Ada juga kasus lain, scroll mouse rusak karena plat dengan gerigi piringan sudah tidak bersentuhan.

Dalam kondisi normal, plat dengan gerigi piringan harus bersentuhan. Akan terasa saat scroll mouse diputar. Jika plat tidak bersentuhan maka saat mouse wheel diputar akan terasa mulus tanpa hambatan. Namun jika plat masih bersentuhan dengan gerigi piringan, saat diputar akan terasa ada jeda-nya (klik klik klik). Jika plat sudah tidak bersentuhan dengan gerigi piringan, Anda bisa mengambil cara dengan menyangga disetiap pinggiran plat untuk memberi tekanan, sehingga plat dapat bersentuhan dengan gerigi piringan.

Itulah beberapa cara memperbaiki scroll mouse (mouse wheel) yang error atau rusak. Permasalahan seperti ini biasanya terjadi karena slip antara mouse wheel dengan dudukannya (lubang roda). Jadi dengan lem alteco seperti di atas, mouse bisa berfungsi normal kembali. Daripada harus membeli mouse baru, tidak ada salahnya mencoba memperbaikinya sendiri. Sekian dari saya, terima kasih.

Artike Lainnya  Rekomendasi mouse wireless Logitech terbaik 2020